Wikisource:Warung kopi

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Warkop dari commons.
Warung Kopi

Bicarakan topik baru

Komunitas

Halaman bantuan
Pengumuman
Milis

Arsip
Arsip pembicaraan
Arsip pesan global


Selamat datang kawan-kawan para wikiwan dan wikiwati! Warung kopi ini merupakan forum di mana anda-anda sekalian bisa mengungkapkan segala komentar, saran dan uneg-uneg. Untuk masalah yang lebih pelik anda bisa pula menghubungi para pengurus Wikisource secara langsung. Apabila anda memberi komentar, jangan lupa untuk mengetik ~~~~, empat kali tanda gelombang (tilde), supaya jatidiri anda dan tanggal penulisan terlihat. Terima kasih.




Rachmat04 untuk pengurus Wikisource bahasa Indonesia[sunting]

Halo! Saya Rachmat04, hendak mengajukan diri sebagai pengurus dan pengurus antarmuka di Wikisource bahasa Indonesia. Saya rencana akan berfokus pada pembenahan teknis (seperti gawai dan hal lain yang memerlukan akses pengurus antarmuka). Saya ingin membantu para pengurus di Wikisource bahasa Indonesia dalam menangani pengguna spam dan urusan administratif lain. Kiranya pengajuan ini dapat dipertimbangkan. Terima kasih atas waktunya. ··· 🌸 Rachmat04 · 6 April 2020 04.51 (UTC)

Pemungutan suara[sunting]

  • Setuju Setuju, perlu ada lebih banyak orang untuk membantu mengelola dan menyebarkan pemanfaatan Wikisource.Mas Rachmat sebagai pengurus GLAM adalah orang yang tepat. Fexpr (bicara) 6 April 2020 05.41 (UTC)
  • Setuju Setuju yang aktif ya setelah jadi admin. RaymondSutanto (bicara) 6 April 2020 19.21 (UTC)
  • Setuju Setuju Meursault2004 (bicara) 16 April 2020 06.54 (UTC)
  • Baik, Pak Admin. ··· 🌸 Rachmat04 · 8 April 2020 03.25 (UTC)

Selesai Selesai oleh Meursault2004 (bicara). Terima kasih! ··· 🌸 Rachmat04 · 21 Mei 2020 08.16 (UTC)

Kompetisi Wikisource 2020[sunting]

Catatan: wmid:Kompetisi Wikisource 2020/Daftar buku. Lokal: Wikisource:Kompetisi Wikisource 2020
Bennylin
4 Juni 2021 15.30 (UTC)

Universal Code of Conduct News – Issue 1[sunting]

Berita Kode Etik Universal
Edisi 1, Juni 2021Baca warta berita selengkapnya


Selamat datang di edisi pertama Warta Berita Kode Etik Universal (UCoC)! Tujuan penerbitan warta ini adalah untuk mengabarkan para Wikimedian tentang perkembangan terbaru mengenai UCoC. Warta ini akan berisi berita, hail penelitian, dan pemberitahuan mengenai kegiatan yang terkait dengan UCoC.

Harap dicatat bahwa ini adalah edisi pertama Warta Berita UCoC yang akan dikirim ke seluruh pelanggan dan proyek Wikimedia. Jika Anda ingin tetap berlangganan di halaman pembicaraan, Warung Kopi, atau halaman lain yang Anda rasa memerlukan warta ini, harap berlangganan di sini.

Anda dapat membantu kami dengan menerjemahkan warta berita ini ke dalam bahasa yang Anda kuasai untuk menyebarkan perkembangan terbaru dan menciptakan kesadaran akan pentingnya UCoC dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan komunitas Wikimedia. Harap tambahkan nama Anda di sini untuk menerima permintaan penerjemahan sebelum sebuah edisi diterbitkan. Bantuan Anda amat kami hargai.

  • Konsultasi dengan organisasi mitra Wikimedia – Organisasi mitra Wikimedia berpartisipasi dalam konsultasi UCoC sepanjang bulan Maret dan April 2021. (selengkapnya)
  • Konsultasi pada proyek wiki 2021 – Yayasan Wikimedia menggelar konsultasi mengenai pertanyaan kunci pada bulan April dan Mei 2021 untuk menghimpun umpan balik mengenai penegakan UCoC dari komunitas Wikimedia secara luas. (selengkapnya)
  • Forum diskusi virtual – Tim fasilitasi UCoC mengadakan dua kali forum diskusi virtua sepanjang 90 menit pada bulan Mei 2021 untuk mendiskusikan pertanyaan kunci mengenai penegakan UCoC. Lebih banyak perbincangan akan digelar di masa depan. (selengkapnya)
  • Komite Perumus Fase 2 – Komite Perumus Fase 2 UCoC mulai bekerja pada 12 Mei 2021. Ketahui lebih banyak tentang apa yang telah mereka kerjakan. (selengkapnya)
  • Blog Diff – Para fasilitator UCoC menulis serangkaian kiriman blog mengenai temuan yang menarik dari setiap komunitas selama proses konsultasi proyek lokal pada perempat pertama tahun 2021. (selengkapnya)

Wikimania 2021: Individual Program Submissions[sunting]

Wikimania logo with text 2.svg

Dear all,

Wikimania 2021 will be hosted virtually for the first time in the event's 15-year history. Since there is no in-person host, the event is being organized by a diverse group of Wikimedia volunteers that form the Core Organizing Team (COT) for Wikimania 2021.

Event Program - Individuals or a group of individuals can submit their session proposals to be a part of the program. There will be translation support for sessions provided in a number of languages. See more information here.

Below are some links to guide you through;

Please note that the deadline for submission is 18th June 2021.

Announcements- To keep up to date with the developments around Wikimania, the COT sends out weekly updates. You can view them in the Announcement section here.

Office Hour - If you are left with questions, the COT will be hosting some office hours (in multiple languages), in multiple time-zones, to answer any programming questions that you might have. Details can be found here.

Best regards,

MediaWiki message delivery (bicara) 16 Juni 2021 04.19 (UTC)

On behalf of Wikimania 2021 Core Organizing Team

Perubahan pada halaman indeks[sunting]

Halo kontributor Wikisource!

Hari ini saya dan rekan-rekan dari India mencoba mengintegrasikan Wikidata ke Wikisource bahasa Indonesia. Kami mengubah sejumlah besar kode dan berdampak luas pada halaman-halaman di Wikisource, khususnya pada halaman indeks.

Tujuan kami adalah untuk mengambil data bibliografi buku dari Wikidata (tentunya jika butir buku tersebut telah ada), dan ditampilkan secara otomatis dalam halaman indeks yang bersangkutan. Contohnya adalah Indeks:Sorga Ka Toedjoe novelisation.pdf.

Sayangnya, perubahan kode ini memiliki efek samping lainnya, termasuk "merusak" halaman indeks yang butir mengenai buku tersebut belum ada di Wikidata, atau halaman indeks tersebut belum dibuka dan disimpan (tanpa mengubah apapun). Hal ini sedang kami tangani dan akan kami informasikan jika ada pemberitahuan atau metode lebih lanjut untuk menanggulanginya.

Tindak lanjut[sunting]

Saya dan pengurus Wikisource akan memperbaiki halaman-halaman indeks yang rusak, dengan cara membuka halaman indeks, lalu mengeklik "Terbitkan perubahan", tanpa mengubah apa pun. Anda dipersilakan untuk melakukan hal yang sama jika menemukan halaman indeks yang rusak.

Contoh halaman indeks yang rusak adalah seperti ini. Contoh halaman indeks dengan butir Wikidata adalah seperti ini.

Kami berterima kasih apabila Anda membantu melakukan hal yang sama.

Terima kasih, ··· 🌸 Rachmat04 · 18 Juni 2021 10.57 (UTC)

Tanggapan[sunting]

Saya rasa perlu lokalisasi terjemahan, mengingat perubahan ini mengakibatkan halaman indeks dan membuatnya masih berada dalam bahasa Inggris. Mnafisalmukhdi1 (bicara) 18 Juni 2021 12.14 (UTC)

@Mnafisalmukhdi1: Tentu, saya akan melokalkan terjemahannya dalam minggu ini. Perkembangannya akan saya kabari dalam utas diskusi ini. Terima kasih. ··· 🌸 Rachmat04 · 18 Juni 2021 13.36 (UTC)

Tujuan kami adalah untuk mengambil data bibliografi buku dari Wikidata (tentunya jika butir buku tersebut telah ada) Kebijakan notability di Wikidata itu seperti apa ya? Apakah seketat di Wikipedia EN? Apakah semua instance buku boleh dimasukkan kedalam Wikidata? Masalahnya kan, banyak naskah naskah yg dimasukkan ke wikisource itu sifatnya kuno, langka, dan obscure. Menurut kebijakan notability wikipedia en, mungkin tidak layak dan dapat dihapus. Rtnf (bicara) 19 Juni 2021 00.27 (UTC)

@Rtnf: Kebijakannya berbeda dengan Wikipedia. Lebih lengkap, ada di halaman ini. ··· 🌸 Rachmat04 · 19 Juni 2021 01.37 (UTC)