Wikisource:Warung kopi

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Warkop dari commons.
Warung Kopi

Bicarakan topik baru

Komunitas

Halaman bantuan
Pengumuman
Milis

Arsip
Arsip pembicaraan
Arsip pesan global


Selamat datang di Warung Kopi Wikisource bahasa Indonesia! Anda dapat memberikan komentar, saran, maupun mendiskusikan masalah usulan penghapusan, pelanggaran hak cipta, dan permintaan naskah baru. Untuk masalah yang lebih pelik anda bisa pula menghubungi para pengurus Wikisource secara langsung. Apabila Anda meninggalkan komentar, jangan lupa untuk mengetik ~~~~, empat tilda, supaya nama pengguna dan tanggal komentar tertulis. Terima kasih, dan selamat menyunting.


Welcome to the Indonesian Wikisource! This hub also serves as Embassy of a sort. You might leave a message in English, or in other language. We will try our best to help you. Leave your message with ~~~~, four tildes, so that your username and comment date will be recorded. Thanks and happy editing.





Berkas dari Google Books[sunting]

Saya temukan ada banyak buku-buku era kolonial yg dimuat di dalam Google Books. Saya tertarik untuk mengunggahnya, tapi merujuk kepada panduan ini, langkah pertama adalah penghapusan halaman pembuka dan watermark dari google, lalu diunggah ke Internet Archive untuk memperoleh bentuk berkas DJVU yang kemudian dapat diunggah ke Commons. Saya sedikit ragu untuk dalam menghapus watermark. Apakah ada yang pernah melakukan ini sebelumnya? Atau apakah ada cara lain?Mbee-wiki (bicara) 13 Februari 2022 06.31 (UTC)Balas[balas]

sepertinya tidak semua yang ada di wikisource ini menghapus watermark, kemarin saya pernah melakukan edit Indeks:Kami_Perkenalkan_(1954).pdf di bawahnya masih ada watermark googlenya. Empat Tilda (bicara) 13 Februari 2022 11.25 (UTC)Balas[balas]
Saya belum pernah melakukannya juga belum menemukan cara lain. Tapi, melihat panduan yang Anda maksud, saya rasa Anda tidak perlu ragu untuk menghapus halaman pembuka yang memiliki watermark dari Google tersebut. Kejadian di Wikimedia Commons yang mengarah kepada penghapusan mungkin memperkuat keputusan Anda. Mnafisalmukhdi1 (bicara) 13 Februari 2022 11.30 (UTC)Balas[balas]
Menurut saya sih sebaiknya tidak usah ada penghapusan. Itu kan terkait kebijakan yang ada di wikisource Inggris dan cuma menghindari penghapusan oleh admin wikicommons. Sampai sekarang semua unggahan saya tidak ada dihapus dan bila dihapus, silakan ajukan keberatan saja. Kalo dirasa memungkinkan, silakan dihapus, tapi bila tidak. Unggah sebagaimana mestinya saja. Agus Damanik (bicara) 13 Februari 2022 15.59 (UTC)Balas[balas]

Saya bisa (mencoba) menghapuskan, kalau mau. Kalau menghapus halaman pembuka, tinggal hapus halaman 1.
Bennylin
17 Maret 2022 08.09 (UTC)Balas[balas]

Mohon Dukungan Penyelenggaraan Pelatihan[sunting]

Saya mengajukan proposal penyelenggaraan pelatihan menyunting Wikidata dan Wikisource untuk civitas akademika Universitas Papua. Bagi kawan-kawan wikisource Indonesia saya mohon untuk melakukan dukungan proposal melalui pranala berikut proposal pelatihan wikidata dan wikisource. Dan jika teman-teman ada yang merupakan civitas akademika Universitas Papua saya sangat berterimakasih bila teman-teman mengikuti acara tersebut. Namun jika teman-teman tidak dapat bergabung, cukup dengan memberikan dukungan saja dalam pranala yang sudah saya sematkan di atas. Dukungan teman-teman sangat berarti bagi terselenggaranya program ini.

salam hormat,

Empat Tilda (bicara) 23 Februari 2022 07.23 (UTC)Balas[balas]

Kredit buku[sunting]

Berdasarkan perbincangan dengan bang Hardi dan bang Rahmat, saya ingin mengusulkan tersedianya halaman kredit untuk buku-buku yang ada di Wikisumber, terutama buku-buku yang dikerjakan bersama-sama selama kompetisi atau acara komunitas lainnya. Contohnya ada di Habis Gelap Terbitlah Terang/Kredit ([1]). Bagaimana pendapat rekan-rekan sekalian?
Bennylin
23 Maret 2022 08.22 (UTC)Balas[balas]

Ide yang bagus mas, saya sih setuju Agus Damanik (bicara) 23 Maret 2022 13.14 (UTC)Balas[balas]

Habis Gelap Terbitlah Terang[sunting]

HGTT.png

https://w.wiki/54Dp

Permintaan bantuan bot (lagi)[sunting]

Ringkasnya, saya sekarang baru menyadari bahwa {{PUU-ayat}} telah mengalami perubahan yang berdampak besar terhadap penyelarasan naskah undang-undang. Hal yang paling terkena dampaknya adalah {{hii}} di dalam {{PUU-pasal}} yang harus diubah dari {{hii|1.7|0}} menjadi {{hii|2|0}}. Saya tentu saja tidak akan bisa melakukan semuanya sendiri sehingga sangat memerlukan bantuan dari bot untuk yang satu ini. Sayangnya, sampai saat ini saya belum mempelajari cara kerja bot di MediaWiki tapi yang jelas, saya sangat berharap perubahan itu segera dilaksanakan, agar naskah perundang-undangan menjadi selaras dan nyaman untuk dipandang. Terima kasih. Mnafisalmukhdi1 (bicara) 20 April 2022 14.44 (UTC)Balas[balas]

Featured text[sunting]

Berdasarkan sudah cukup banyak naskah yang tersedia secara lengkap di Wikisource bahasa Indonesia, juga berbagai promosi di media sosial yang telah mengarah kepada mereka, akankah Templat "Naskah Pillihan" akan ada di Halaman Utama? Sebagaimana Artikel Pilihan di Wikipedia, bisa diganti tiap bulannya atau didesain berganti otomatis seperti di Wikibuku. Mnafisalmukhdi1 (bicara) 26 April 2022 05.16 (UTC)Balas[balas]

Ide yang bagus. Saya setuju. Beberapa yang perlu dipikirkan:
  1. Sistemnya. Apakah akan ada pemilihan, pemungutan suara, musyawarah, atau yang lainnya?
  2. Kandidatnya. "Sudah cukup banyak", kira-kira ada berapa naskah yang saat ini sudah "layak", menurut Anda?
  3. Desainnya. Perlu mendesain Halaman Utama yang baru, dengan Naskah Pilihan?

Bennylin
19 Mei 2022 18.51 (UTC)Balas[balas]
Segala jawaban di bawah adalah pendapat saya.
  1. Saya berpendapat bahwa dilakukan pemilihan dengan cara yang mungkin akan ditentukan lainnya, dimana Komunitas Wikisource Indonesia diberikan hak selaku orang-orang yang lebih mengenal naskah menjadi pemilihnya.
  2. Saya belum memikirkan itu, tapi berdasarkan saran saya, beberapa naskah Lengkap yang dipromosikan di media sosial patut masuk di Naskah Pilihan.
  3. Untuk sementara, mari coba dulu untuk menyesuaikan Halaman Utama sekarang, dengan Templat Naskah Pilihan yang akan ditambahkan. Jika dirasa kurang sesuai, barulah desain baru perlu dibuat.
Mnafisalmukhdi1 (bicara) 20 Mei 2022 11.51 (UTC)Balas[balas]
Saya setuju dengan ide ini dengan sistem voting otomatis melihat sudah lumayan banyaknya kontributornya yang berkontribusi dengan durasi dua minggu pada bulan sebelumnya dengan penggantian naskah tiap bulannya. Terkait media sosial, ketika naskah terpilih, maka saya akan membantu untuk memposting di media sosial komunitas atau GLAM. Agus Damanik (bicara) 21 Mei 2022 05.01 (UTC)Balas[balas]
Saya setuju jika ingin dibuat. Namun melihat diskusi di atas mengenai jumlah naskah yang layak dan juga melihat kondisi naskah-naskah yang ada (dan dipromosikan), menurut saya perlu dibuat juga kegiatan seperti di WS-EN, yaitu Tantangan Bulanan dan Uji-Baca Bulan Ini, untuk mempercepat penguji-bacaan dan perbaikan naskah-naskah yang sudah ada. Mbee-wiki (bicara) 23 Mei 2022 13.48 (UTC)Balas[balas]

Marsuki[sunting]

Spam cross-wiki dengan menggunakan banyak akun siluman.

Sangat Setuju Setuju sekali. Taylor 49 (bicara) 27 Mei 2022 22.09 (UTC)Balas[balas]

Usulan:Merapikan Kategorisasi[sunting]

Salam. Saat saya mencoba untuk merapikan halaman-halaman Bantuan, saya temukan ada beberapa kategori yang membingungkan dalam Wikisource bahasa Indonesia, yaitu:

  1. Kategori Indeks menurut jenis (Buku, Koleksi, Kamus, Tesis, Terbitan Berkala, UU). Kategori ini menurut saya tidak perlu karena sudah ada kategori pada ruang nama utama, seperti kategori UU, Kamus, dsb. → menghapus halaman-halaman tersebut.
  2. Kategori kemajuan Indeks (Tidak Diketahui, Tanpa OCR, Untuk Diperbaiki, Ekstrak-Kompilasi, Untuk Dibetulkan, Untuk Divalidasi, & Lengkap). Namanya masih belum seragam dan sepertinya kata "Buku" perlu diganti karena kurang inklusif, mungkin bisa menggunakan "Indeks" atau "Naskah" saja. Terdapat juga halaman Indeks Teruji-baca yang sepertinya ganda dengan Lengkap. → Penggantian nama dan dibuatkan kategori sendiri, terpisah dari kategori tersembunyi. Mungkin bisa juga dibuat templat seperti templat ini untuk memudahkan kegiatan pemeliharan.

Sekian usulan dari saya. Mbee-wiki (bicara) 1 Juni 2022 03.08 (UTC)Balas[balas]

Pendaftaran calon anggota Dewan Pengawas 2022[sunting]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Pendaftaran calon anggota Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia telah ditutup. Ada 12 (dua belas) orang anggota komunitas yang telah mendaftarkan diri. Pelajari lebih lanjut tentang para calon di sini.

Sekarang, Komite Analisis akan meninjau pernyataan para calon dengan membandingkannya pada matriks keterampilan dan kriteria tertentu untuk meningkatkan kapasitas Dewan, sebagaimana yang ditetapkan oleh Dewan Pengawas. Setelah Komite Analisis menyelesaikan tinjauan mereka, peringkat masing-masing calon akan dipublikasikan untuk tujuan memberikan informasi kepada pemilih.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pemilihan Dewan Pengawas 2022, Anda dapat menemukan garis waktu, informasi pemungutan suara, dan cara-cara lain untuk terlibat di Meta-wiki.

Atas dukungan Anda, kami ucapkan terima kasih,

Atas nama Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan, tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 1 Juni 2022 03.57 (UTC)Balas[balas]

Sureq (I La) Galigo[sunting]

Sedang di Wikinusantara saat ini, mengobrol dengan w:Pengguna:Labbiri dari Makassar, kemudian mencari-cari di Commons, menemukan w:Sureq Galigo: commons:Category:La Galigo dari Universitas Leiden (Baru diunggah 2 dari 12 pdf). Menurut saya, karena belum ada komunitas/Wikisource Bugis/Makassar, karya tersebut bisa kita buatkan indeksnya dulu di situs ini, bagaimana menurut kawan-kawan?
Bennylin
4 Juni 2022 15.44 (UTC)Balas[balas]

  • Tidak setuju. Lebih baik diunggah saja langsung ke Wikisource Multibahasa, mungkin bisa memantik dibentuknya Wikisource Lontara. Mbee-wiki (bicara) 5 Juni 2022 05.06 (UTC)Balas[balas]
    Butuh waktu berapa tahun? Ingat, untuk bahasa dengan 80+ juta penutur saja (Bahasa Jawa), butuh 8 tahun lebih untuk bisa jadi proyek mandiri.
    Bennylin
    11 Juni 2022 11.06 (UTC)Balas[balas]
    Plus, di sana tidak ada lalu lintas / pembaca, tidak terindeks dengan tinggi (SEO buruk), barrier of entry sangat tinggi (a.l. butuh kemampuan bahasa Inggris), dan lain-lain.
    Bennylin
    11 Juni 2022 11.07 (UTC)Balas[balas]
  • setuju. Mengingat kesepakatan pertemuan sebelum kompetisi menyunting kemarin. wikisource indonesia dapat mewadahi beberapa bahasa daerah yang belum memiliki wadah sendiri. Jadi untuk wadah sementara saja. Empat Tilda (bicara) 10 Juni 2022 14.25 (UTC)Balas[balas]
  • Saya setuju. Jumlah naskah dalam bahasa daerah di Indonesia sedikit sekali, kecuali seperti bahasa Jawa dan Bali. Wikisource Indonesia bisa digunakan sebagai penampung naskah-naskah bahasa daerah sampai bisa dibuktikan adanya jumlah naskah yang cukup banyak sehingga 1.) memungkinkan adanya komunitas dan 2.) dibuatkan Wikisourcenya sendiri. Salam, RaymondSutanto (bicara) 25 Agustus 2022 11.26 (UTC)Balas[balas]

Sudah dibuat:

Sisanya menyusul.
Bennylin
29 Agustus 2022 14.42 (UTC)Balas[balas]

Indeks:Boekoe Peringatan dari Staatsspoor-en Tramwegen di Hindia-Belanda 1875-1925.pdf[sunting]

Halo,

Halaman indeks di atas saya hapus karena buku aslinya sudah tidak tersedia lagi di Commons. Trims, ··· 🌸 Rachmat04 · 15 Juni 2022 07.45 (UTC)Balas[balas]

Uji Baca Bulanan[sunting]

Halo rekan-rekan kontributor. Rencananya kami ingin memasukkan fitur baru di Wikisource indonesia, yaitu uji baca bulanan seperti di en.wikisource yang kami rutin lakukan di pengurus komunitas. Kira-kira ada saran dan kritik? Mohon bantuannya kepada @Bennylin, @RaymondSutanto, @Meursault2004 dan Rachmat04 selaku pengurus. Untuk bulan ini, kami sedang menguji baca Indeks:Tjinta dan Hawa Nafsoe.pdf. Terima kasih Agus Damanik (bicara) 9 Agustus 2022 02.10 (UTC)Balas[balas]

Menurut saya prakarsa ini bagus. Hasil jadinya (targetnya) adalah halaman di ruang nama utama kan ya? (bukan sekadar di ruang nama halaman saja).
Bennylin
9 Agustus 2022 07.49 (UTC)Balas[balas]
Iya mas benny. Jadinya nanti bisa barengan urun dayanya kalau diletakkan di ruang utama. Mohon bantuannya ya karena gak punya akses nyunting ruang utama Agus Damanik (bicara) 10 Agustus 2022 04.34 (UTC)Balas[balas]
maksudku di ruang nama utama adalah transklusi halaman sih, misalnya Sorga_Ka_Toedjoe, dsb. Jadi semua punya akses menyunting itu. Harapanku tidak cuma berhenti di ruang nama Halaman saja.
Bennylin
16 Agustus 2022 09.29 (UTC)Balas[balas]
Masukan yang menarik mas. Mohon bantuannya untuk meletakkannya di halaman utama ya. Soalnya saya gak bisa menyunting halaman muka Agus Damanik (bicara) 18 Agustus 2022 16.13 (UTC)Balas[balas]

Penundaan pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2022[sunting]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Saya menyampaikan informasi terbaru tentang waktu pemungutan suara untuk pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia.

Seperti yang sudah Anda ketahui, tahun ini kami menawarkan Kompas Pemiliohan untuk membantu para pemilih mengidentifikasi keberpihakan para calon pada beberapa topik utama. Beberapa calon meminta perpanjangan batasan karakter pada tanggapan mereka yang memperluas pandangan mereka, dan Komite Pemilihan beranggapan bahwa alasan mereka selaras dengan tujuan proses yaitu untuk menciptakan pemilihan yang berkeadilan.

Untuk memastikan bahwa pernyataan-pernyataan yang lebih panjang dapat diterjemahkan pada waktunya untuk pemilihan, Komite Pemilihan dan Satuan Tugas Pemilihan Dewan memutuskan untuk menunda pembukaan pemilihan Dewan Pengawas selama satu minggu - waktu yang diusulkan sebagai waktu yang ideal oleh staf yang bekerja untuk mendukung pemilihan ini.

Meskipun kami tidak memperkirakan semua orang akan ingin menggunakan Kompas Pemilihan untuk membantu pengambilan keputusan pemungutan suara mereka, Komite Pemilihanmerasa lebih tepat untuk membuka periode pemungutan suara dengan dukungan terjemahan yang penting bagi anggota komunitas lintas bahasa untuk digunakan dalam hal pembuatan keputusan penting ini.

Pemungutan suara akan dibuka pada tanggal 23 Agustus pukul 00:00 UTC dan ditutup pada tanggal 6 September pukul 23:59 UTC.

Salam hangat,

Matanya, mewakili Komite Pemilihan


RamzyM (WMF) 15 Agustus 2022 12.24 (UTC)Balas[balas]

Invitation to join the fifth Wikisource Triage meeting (18th August 2022)[sunting]

Hello fellow Wikisource enthusiasts!

We are the hosting the fifth Wikisource Triage meeting on 18th August 2022 at 4 PM UTC / 9:30 PM IST (check your local time) according to the wudele poll and also based on the previous feedback to have a Europe-Americas friendly meeting.

As always, you don't have to be a developer to participate in these meetings but the focus of these meetings is to improve the Wikisource infrastructure.

If you are interested in joining the meeting, kindly leave a message on sgill@wikimedia.org and we will add you to the calendar invite.

Meanwhile, feel free to check out the page on Meta-wiki and suggest any other topics for the agenda.

Regards

Sam Wilson (WMF) and Satdeep Gill (WMF)

Sent using MediaWiki message delivery (bicara) 15 Agustus 2022 15.05 (UTC)Balas[balas]


Pengajuan uji baca bulanan di halaman antar muka[sunting]

Masa pemberian suara komunitas untuk Dewan Pengawas telah dimulai[sunting]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa berbeda di Meta-Wiki.

Halo semuanya,

Masa pemilihan komunitas untuk Pemilihan Dewan Pengawas 2022 sekarang telah dimulai. Di bawah ini merupakan beberapa pranala yang bergunan untuk memberikan informasi yang Anda butuhkan terkait pemilihan ini.

Jika Anda telah siap untuk memilih, Anda dapat mengunjungi halaman pemilihan di SecurePoll. Anda dapat memilih dari tanggal 23 Agustus sampai 6 September 2022 pada jam 23:59 UTC. Untuk memeriksa apakah Anda berhak untuk memilih, Anda dapat mengunjungi halaman tentang syarat memilih.

Salam hangat,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

Pesan ini dikirimkan atas nama Satuan Tugas Pemilihan Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan

RamzyM (WMF) 23 Agustus 2022 16.34 (UTC)Balas[balas]

Naskah bahasa daerah di Indonesia yang belum ada Wikisource-nya[sunting]

Halo.

Berkenaan dengan suntingan tertentu di Wikisource bahasa Indonesia, saya memohon izin untuk memulai sebuah diskusi.

Subjek yang sudah jelas, nampaknya tetap perlu dirincikan.

1. Bahasa Melayu

Mengingat berasal dari rumpun yang sama dan banyaknya kesamaan antara bahasa Melayu Baku (bukan yang digunakan di Malaysia) dan bahasa Indonesia, sedikit terjadi kerancuan terhadap tempat untuk menaruh naskah ini.

Bagaimana ketentuan untuk hal ini?

Saya sendiri memiliki usul.

Pertama, dilihat dari kosakata yang digunakan. Bahasa Melayu (Malaysia) atau ms memiliki berbagai kosakata unik yang tidak ditemukan di bahasa Indonesia, jika ada maka ke ms.wikisource.org (atau Old Wikisource) karena belum ada.

Kedua, dari tahun publikasi. Berdasarkan Pasal 25 Ayat (1) UU 24/2009, "Bahasa Indonesia yang dinyatakan sebagai bahasa resmi negara dalam Pasal 36 Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 bersumber dari bahasa yang diikrarkan dalam Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 sebagai bahasa persatuan yang dikembangkan sesuai dengan dinamika peradaban bangsa." Karena hal ini, untuk mencegah kerancuan, saya menyarankan untuk hanya memakai sumber naskah yang lewat daripada tanggal tersebut.

2. Bahasa Daerah di Indonesia yang lain

Per pembahasan ini ditulis dan dikirim, hanya Jawa dan Bali yang memiliki naskahnya sendiri. Sementara itu, naskah-naskah dalam bahasa daerah di Indonesia mulai ditemukan dan siap untuk diuji-baca. Sayangnya, tempat yang belum ada memberi kebingungan.

Saya sendiri berada di pihak untuk menggunakan Old Wikisource mengingat di sana multibahasa sehingga menurut saya cukup memungkinkan untuk menggunakannya sebagai tempat untuk naskah dalam bahasa daerah selain Jawa dan Bali.

Demikianlah pendapat saya. Diskusi ini dibuka untuk "mendengarkan" pendapat lain agar menemukan konsensus. Terima kasih. Mnafisalmukhdi1 (bicara) 25 Agustus 2022 12.43 (UTC)Balas[balas]

Saya akan mencoba menjawab pendapat ini satu persatu.
  1. Terkait Bahasa Melayu, saya masih mengambil opsi untuk memilih masih meletakkan Bahasa Melayu Baku yang berbeda dengan Melayu Modern yang dipakai di Malaysia di Wikisource Bahssa Indonesia karena bila memindahkan semua yang telah dikerjakan dalam bahasa melayu akan menghabiskan waktu dan belum tentu mengalami peningkatan kontribusi di old.wikisource.
  2. Terkait Bahasa Daerah, saya jujur berada di dalam pihak untuk meletakkan bahasa-bahasa Indonesia yang tidak menggunakan bahasa turunan melayu di old.wikisource terkait kesulitan memahami bahasa tersebut dan saya yakin tidak akan meningkatkan kontribusi di naskah dengan bahasa tersebut. Namun saya agak sedikit bimbang karena praktik ini sudah cukup lama terjadi bahkan sebelum wikisource Bahasa Jawa keluar inkubator dengan meletakkan naskah bahasa Jawa di dalamnnya. Mungkin akan lebih baik kita melakukan voting terkait kebijakan ini agar tidak terulang lagi diskusi yang sama
Agus Damanik (bicara) 29 Agustus 2022 19.31 (UTC)Balas[balas]
Terima kasih sudah membuka diksusi yang mendasar ini. Berikut pandangan saya pribadi atas topik di atas:
  1. Saya kurang setuju dengan tahun 1928 dijadikan sebagai patokan untuk naskah lama di WS ID. Ada banyak pengarang yang menerbitkan karya pada kurun 1920-1930, apakah berarti hanya sebagian saja karya mereka yang dimasukkan walaupun bahasa yang digunakan persis sama? Menurut saya ini akan lebih membingungkan ke depannya. Saya mengusulkan yang dijadikan patokan adalah tempat terbit dan ejaan yang digunakan, jadi naskah yang diperbolehkan di WS ID adalah naskah yang terbit di wilayah Hindia Belanda pasca Traktat London 1824 atau menggunakan ejaan Van Ophuijsen jika beraksara Latin. Sementara naskah yang terbit sebelum tahun 1824, atau yang terbit di luar wilayah Hindia Belanda setelah tahun 1824, atau yang menggunakan ejaan Wilkinson atau ejaan Za'aba adalah cakupan WS MS.
  2. Saya setuju naskah-naskah berbahasa daerah yang belum memiliki wadah sendiri lebih baik dimasukkan ke Multibahasa. Setiap proyek wiki dibuat berdasarkan kode bahasa, bukan kode negara, sehingga lebih patut jika naskah-naskah tersebut dirumahkan di alamat wiki berkode bahasa masing-masing. Dalam hemat saya, semakin calon-calon proyek WS itu dikembangkan, maka akan semakin cepat untuk diajukan pengesahannya.
Sekian pandangan dan usul dari saya, kiranya dapat diterima. Salam. Mbee-wiki (bicara) 31 Agustus 2022 09.39 (UTC)Balas[balas]

Proposal Pelatihan Hukum Hak Cipta dan Tata Cara pengunggahan Naskah dengan Integrasi Wikisource, Wikidata dan Wikimedia Commons[sunting]

Halo para kontributor wikisource. Kami dari anggota Komunitas Wikisource Indonesia berinisiatif melaksanakan pelaksanaan pelatihan hukum hak cipta serta pelatihan pengunggahan naskah domain publik. Saat ini, kami masih ingin merencanakan pelatihan untuk 5 kota, yaitu Medan, Surabaya, Bandung, Bali dan Manokwari karena penyebaran anggota-anggota pengurus komunitas Wikisource Indonesia yang ada di komunitas kami. Maka dari itu, saya selaku pengusul ingin meminta bantuan teman-teman untuk ikut mengendorse kegiatan kami pada pranala di bawah bila merasa kegiatan yang kami usulkan akan berdampak pada komunitas wikisource Indonesia ini:https://meta.wikimedia.org/wiki/Grants:Programs/Wikimedia_Community_Fund/Rapid_Fund/Pelatihan_Hukum_Hak_Cipta_Indonesia_serta_Pengunggahan_Naskah_di_Wikisource_Indonesia_menggunakan_Wikimedia_Commons,_Wikisource_Indonesia_dan_Wikidata_(ID:_21944112). Terima kasih dan demikian informasi dari saya Agus Damanik (bicara) 29 Agustus 2022 19.26 (UTC)Balas[balas]

Mari bergabung di Movement Strategy Forum[sunting]

Halo semua,

Movement Strategy Forum (MS Forum) adalah sebuah pelantar kolaborasi multibahasa untuk memfasilitasi percakapan mengenai pelaksanaan Strategi Gerakan.

Kami mengundang seluruh lini gerakan Wikimedia untuk turut serta berkolaborasi di MS Forum, yang bertujuan untuk membina kolaborasi gerakan melalui sebuah pelantar multibahasa yang inklusif.

Strategi Gerakan adalah sebuah proses kolaboratif yang bekerja untuk menciptakan masa depan untuk gerakan Wikimedia. Semua orang dapat berkontribusi dalam kerja-kerja Strategi Gerakan, mulai dari memberi masukan hingga menciptakan proyek purnawaktu.

Anda dapat bergabung dengan forum ini menggunakan akun Wikimedia Anda untuk mulai terlibat dalam pembicaraan yang berlangsung dan mengajukan pertanyaan dalam bahasa yang Anda pertuturkan.

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan (MSG) merilis proposal mengenai MS Forum pada bulan Mei 2022. Proposal ini dibahas dalam proses permohonan pendapat komunitas yang berlangsung selama 2 bulan dan berakhir pada tanggal 24 Juli 2022. Proses ini meliputi pembahasan mengenai beberapa pertanyaan yang menghasilkan pembicaraan yang menarik. Anda dapat membaca laporan lengkap mengenai proses permohonan pendapat ini.

Kami tunggu kehadiran Anda di MS Forum!

Salam hangat,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

RamzyM (WMF) 30 Agustus 2022 16.02 (UTC)Balas[balas]

Masa pemungutan suara komunitas untuk pemilihan Dewan Pengawas 2022 akan segera ditutup[sunting]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo,

Periode pemungutan suara komunitas untuk pemilihan Dewan Pengawas 2022 telah dimulai pada tanggal 23 Agustus 2022, dan akan ditutup pada tanggal 6 September 2022 pada pukul 23:59 UTC. Masih ada kesempatan untuk memberikan suara dalam pemilihan ini. Jika Anda belum memilih, silakan kunjungi halaman pemungutan suara di SecurePoll untuk memilih sekarang. Untuk mengetahui apakah Anda layak untuk memilih, silakan kunjungi halaman kelayakan pemilih. Jika Anda memerlukan bantuan dalam membuat keputusan, berikut ini beberapa pranala yang bermanfaat:

Teriring salam,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

RamzyM (WMF) 2 September 2022 13.17 (UTC)Balas[balas]

Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (versi revisi)[sunting]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Komite Revisi Pedoman Penegakan Kode Etik Universal memohon komentar mengenai Rancangan Pedoman Penegakan yang telah direvisi untuk Kode Etik Universal (UCoC). Periode peninjauan ini akan dibuka dari tanggal 8 September 2022 hingga 8 Oktober 2022.

Komite bekerja merevisi rancangan pedoman ini berdasarkan masukan yang dikumpulkan dari periode diskusi komunitas dari bulan Mei hingga Juli, serta pemungutan suara komunitas yang berakhir pada bulan Maret 2022. Revisi berfokus pada empat bidang berikut:

  1. Mengidentifikasi jenis, tujuan, dan penerapan pelatihan UCoC;
  2. Menyederhanakan bahasa untuk terjemahan dan pemahaman yang lebih mudah diakses oleh mereka yang tidak memiliki keahlian;
  3. Menggali pemikiran mengenai konsep afirmasi, termasuk pro dan kontranya; dan
  4. Meninjau keseimbangan antara privasi pelapor dan terlapor

Komite memohon komentar dan saran atas revisi ini hingga tanggal 8 Oktober 2022. Berdasarkan saran dan komentar dari komunitas tersebut, Komite akan melakukan revisi lebih lanjut terhadap Rancangan Pedoman Penegakan.

Temukan Rancangan Pedoman Penegakan yang telah direvisi di Meta, dan perbandingan perubahannya dalam beberapa bahasa.

Anda dapat memberikan saran dan komentar melalui berbagai cara. Para fasilitator menerima saran dan komentar dalam bahasa apapun pada Halaman Diskusi Pedoman Penegakan versi Revisi atau melalui surel. Saran dan komentar dapat dibagikan pada halaman diskusi terjemahan, diskusi lokal, atau saat forum diskusi; lihat jadwal untuk forum diskusi di sini.

Tim fasilitator yang mendukung periode peninjauan ini berharap dapat menjangkau banyak komunitas. Jika Anda tidak melihat percakapan yang terjadi di komunitas Anda, Anda dianjurkan untuk memulainya. Para fasilitator dapat membantu Anda untuk berdiskusi. Ringkasan akan dipublikasikan di sini.

Atas nama tim proyek UCoC,

RamzyM (WMF) 9 September 2022 16.26 (UTC)Balas[balas]

Pengumuman hasil sementara dari pemungutan suara komunitas pada pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2022[sunting]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi dalam pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2022. Partisipasi Anda telah membantu memilih mereka yang akan mewakili komunitas pada Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia.

Bersama pesan ini terlampir hasil sementara dari pemilihan Dewan Pengawas 2022:

Anda dapat melihat informasi lebih lanjut tentang hasil dan statistik dari pemilihan Dewan kali ini.

Dewan Pengawas akan menyelesaikan proses peninjauan terhadap calon yang mendapatkan suara terbanyak, termasuk melakukan pemeriksaan latar belakang. Dewan berencana untuk mengangkat anggota baru dalam pertemuan mereka pada bulan Desember.

Teriring salam,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

Pesan ini dikirimkan atas nama Kelompok Kerja Pemilihan Dewan Pengawas dan Komite Pemilihan

RamzyM (WMF) & VChang (WMF) 22 September 2022 15.41 (UTC)Balas[balas]

Logo Suara[sunting]

Sound logo campaign lockup - Indonesian.png

Halo semua,

Saat ini, kompetisi Logo Suara sudah dimulai dari 13 September sampai 10 Oktober 2022. Sila baca informasi kompetisi dalam laman Logo Suara di Meta dan kunjungi portal kompetisi Suara Segenap Pengetahuan Manusia.

Silakan ikut acara klinik daring, jika Anda ingin belajar tentang logo suara secara lebih mendalam, membutuhkan bantuan terkait karya yang Anda akan ajukan, atau jika Anda mempunyai ide yang menarik, tetapi kebingungan bagaimana cara membuatnya. Acara akan diadakan bersama dengan mitra teknis kami, MassiveMusic pada pukul 15:00-16:00 UTC atau 22.00-23.00 WIB, tanggal 29 September 2022. Silakan langsung daftarkan diri Anda melalui pranala Zoom

Tim Logo Suara, Arupako-WMF (bicara) 26 September 2022 08.48 (UTC)Balas[balas]

Poll regarding sixth Wikisource Triage meeting[sunting]

Hello fellow Wikisource enthusiasts!

We will be organizing the sixth Wikisource Triage meeting in the next week of October and we need your help to decide on a time and date that works best for the most number of people. Kindly share your availabilities at the wudele link below:

https://wudele.toolforge.org/aE86KsnqQsBDNdkj

Meanwhile, feel free to check out the page on Meta-wiki and suggest topics for the agenda.

Regards

Sam Wilson (WMF) and Satdeep Gill (WMF)

Sent via MediaWiki message delivery (bicara) 17 Oktober 2022 14.33 (UTC)Balas[balas]

Periode peninjauan atas Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (versi revisi) ditutup[sunting]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Para Wikimedian yang baik,

Terima kasih atas partisipasi Anda dalam proses peninjauan komunitas atas Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (UCoC). Tim proyek UCoC dan Komite Revisi Pedoman Penegakan UCoC menghaturkan setinggi-tinggi terima kasih kepada semua yang telah menyempatkan waktu untuk mendiskusikan, memberikan masukan, mengusulkan perubahan, dan mengajukan pertanyaan.

Periode peninjauan komunitas berlangsung dari tanggal 8 September hingga 8 Oktober 2022.

Dalam waktu empat minggu terakhir, tim proyek UCoC telah menghimpun masukan yang berharga dari komunitas melalui saluran-saluran yang berbeda, termasuk tiga kali forum perbincangan terbuka di mana para Wikimedian mendiskusikan secara langsung Pedoman Penegakan UCoC yang telah direvisi.

Komite Revisi akan meninjau masukan dari komunitas apabila sudah mulai bertugas lagi pada pekan kedua bulan Oktober 2022. Tim proyek UCoC akan mendukung mereka dalam menyiarkan pembaruan dan akan terus menginformasikan komunitas mengenai perkembangan dan tonggak pencapaian yang penting, sepanjang Komite menyiapkan versi akhir dari Pedoman Penegakan UCoC yang dijadwalkan akan diadakan proses pemungutan suara komunitas globalnya pada pertengahan bulan Januari 2023.

Atas nama tim proyek UCoC,


RamzyM (WMF) & VChang (WMF) 18 Oktober 2022 13.49 (UTC)Balas[balas]

Invitation to join the sixth Wikisource Triage meeting (26th October 2022)[sunting]

Hello fellow Wikisource enthusiasts!

We are the hosting the sixth Wikisource Triage meeting on 26th October 2022 at 2 PM UTC / 7:30 PM IST (check your local time) according to the wudele poll.

As always, you don't have to be a developer to participate in these meetings but the focus of these meetings is to improve the Wikisource infrastructure. We will be discussing the newly launched Wiki Rescues Manuscripts project and two Wikisource Fellows who will be supporting that project until June 2023 will be joining the conversation as well.

If you are interested in joining the meeting, kindly leave a message on sgill@wikimedia.org and we will add you to the calendar invite.

Meanwhile, feel free to check out the page on Meta-wiki and suggest any other topics for the agenda.

Regards

Sam Wilson (WMF) and Satdeep Gill (WMF)

Sent using MediaWiki message delivery (bicara) 21 Oktober 2022 12.53 (UTC)Balas[balas]

Undangan sesi perkenalan Piagam Gerakan[sunting]

Halo semua,

Selama Wikimedia Summit 2022, Movement Charter Drafting Committee (MCDC) mempresentasikan garis besar pertama dari Piagam Gerakan untuk memberikan gambaran sekilas tentang arah pekerjaannya di masa depan dan penjelasan umum mengenai Piagam itu sendiri. MCDC kemudian mengintegrasikan masukan awal yang dikumpulkan selama Summit berlangsung. Sebelum melanjutkan proses perumusan Piagam untuk gerakan Wikimedia, MCDC ingin berinteraksi dengan anggota komunitas dan mengumpulkan masukan tentang tiga bagian: Pembukaan, Nilai & Prinsip, dan Peran & Tanggung Jawab (pernyataan-pernyataan tujuan). Rancangan Piagam Gerakan akan tersedia di halaman Meta here pada 14 November 2022. Periode permohonan pendapat komunitas secara luas akan berlangsung dari tanggal 20 November hingga 18 Desember 2022. Pelajari lebih lanjut tentang hal ini di sini.

Dengan tujuan untuk memastikan bahwa semua Wikimedian mendapatkan informasi yang cukup untuk berpartisipasi penuh dalam percakapan dan dapat menyumbangkan perspektif mereka tentang Piagam Gerakan, tiga sesi perkenalan Piagam Gerakan telah dijadwalkan untuk zona waktu yang berbeda-beda. Semua Wikimedian diundang untuk menghadiri sesi perkenalan ini. Tujuannya adalah untuk mempelajari tentang Piagam Gerakan - tujuan, maksud, mengapa hal ini penting, dan bagaimana Piagam akan berdampak bagi komunitas Anda. Anggota MCDC akan menghadiri sesi ini untuk menjawab pertanyaan Anda dan mendengar masukan dari anggota komunitas.

Sesi perkenalan ini mengakomodasi komunitas dari zona waktu yang berbeda-beda. Hanya bagian presentasi yang akan direkam dan dibagikan setelahnya, percakapan dan tanya jawab sesudahnya tidak akan direkam. Di bawah ini adalah daftar acara yang direncanakan:

  • Asia-Pasifik: 4 November 2022 pukul 09:00 UTC (waktu setempat Anda). Penerjemahan langsung tersedia dalam bahasa Mandarin dan Jepang.
  • Eropa/Timur Tengah/Afrika Sub-Sahara: 12 November 2022 pukul 15:00 UTC (waktu setempat Anda). Penerjemahan langsung tersedia dalam bahasa Arab, Perancis, dan Rusia.
  • Amerika Latin/Amerika Utara/Eropa Barat: 12 November 2022 pukul 15:00 UTC (waktu setempat Anda). Penerjemahan langsung tersedia dalam bahasa Spanyol dan Portugis.

Anda dapat menemukan rincian lebih lanjut pada halaman Meta ini; pranala Zoom akan dibagikan 48 jam sebelum sesi dimulai.

Undangan untuk Duta Piagam Gerakan

Individu atau kelompok dari semua komunitas yang ingin membantu memasukkan dan memulai percakapan di komunitas mereka tentang Piagam Gerakan didorong untuk menjadi Duta Piagam Gerakan (MC Ambassadors). Para duta akan melakukan kegiatan mereka sendiri dan mendapatkan dukungan finansial untuk mengadakan percakapan dalam bahasa mereka sendiri. Para fasilitator wilayah dari tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan dapat mendukung para pemohon dalam pemberian hibah untuk program ini. Jika Anda tertarik, silakan mendaftar di sini. Jika Anda memiliki pertanyaan tertentu, silakan hubungi tim MSG melalui surel: strategy2030@wikimedia.org atau di MS Forum.

Terima kasih atas perhatian dan partisipasi Anda.

Atas nama Komite Perumus Piagam Gerakan,

RamzyM (WMF) & VChang (WMF) 2 November 2022 13.56 (UTC)Balas[balas]

Ajukan permohonan dukungan untuk komunitas Anda melalui Paket Partisipasi Komunitas Strategi Gerakan[sunting]

Proses pelaksanaan Strategi Gerakan Wikimedia adalah upaya kolaboratif untuk semua anggota gerakan Wikimedia. Hibah Pelaksanaan Strategi Gerakan bertujuan untuk mendukung proyek-proyek yang melaksanakan prakarsa Strategi Gerakan. Jika Anda mencari contoh atau panduan tentang cara komunitas Anda dapat berpartisipasi lebih lanjut dalam Strategi Gerakan dan Hibah Implementasi Strategi Gerakan secara khusus, Anda dapat menemukannya dalam paket partisipasi komunitas ini.

Tujuan dari paketpartisipasi ini adalah untuk mendukung lebih banyak orang dalam mengakses pendanaan yang mungkin mereka butuhkan dalam kerja-kerja pelaksanaan. Dengan menjadi penerima hibah ini, Anda akan dapat mendukung anggota komunitas lain untuk mengembangkan permohonan-permohonan hibah lebih lanjut yang sesuai dengan konteks lokal Anda untuk memberi manfaat bagi komunitas Anda sendiri. Paket ini diharapkan dapat mendobrak hambatan bahasa dan memastikan anggota komunitas memiliki informasi yang mereka perlukan dalam menghubungkan Strategi Gerakan dengan yang lainnya. Strategi Gerakan adalah suatu kerja yang bersifat dua arah, dan kita selalu dapat belajar lebih banyak dari pengalaman dan pengetahuan para Wikimedian di mana pun mereka berada. Komunitas dapat melatih dan mendukung rekan-rekan mereka melalui paket ini, sehingga lebih banyak orang bisa memanfaatkan peluang pendanaan yang luar biasa ini.

Jika Anda tertarik atau memiliki pemikiran atau pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi para fasilitator wilayah Anda untuk berdiskusi lebih lanjut. Kami akan dengan senang hati mendukung Anda. Bila Anda siap, ikuti langkah-langkah pada halaman ini untuk mendaftar. Kami menantikan permohonan Anda.

Teriring salam,
Tim Tata Kelola dan Strategi Gerakan
Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) & VChang (WMF) 9 November 2022 04.17 (UTC)Balas[balas]

Survei Keterlibatan Komunitas dalam Sesi Hub di Konferensi ESEAP 2022[sunting]

Halo!

Perkenalkan, saya Rachmat dari Wikimedia Indonesia. Saya mewakili tim Tata Kelola dan Strategi Gerakan, Wikimedia Foundation, ingin memberitahukan bahwa kami sedang mengadakan jajak pendapat untuk menentukan kebutuhan ESEAP Hub untuk beralih dari kelompok kolaborasi informal ke struktur yang lebih formal yang selaras dengan rekomendasi Strategi Gerakan. Beberapa afiliasi di ESEAP, tim Tata Kelola dan Strategi Gerakan, dan beberapa anggota komunitas di wilayah ESEAP bekerja sama merancang jajak pendapat ini.

Sasaran survei ini adalah untuk memastikan bahwa kita memiliki kesempatan untuk menyampaikan pemikiran kita mengenai ekspektasi Kerja Sama Regional ESEAP dan cara melangkah ke depan sebelum pembahasan dalam konferensi berlangsung. Jajak pendapat ini bertujuan untuk menjadi titik acuan guna melengkapi diskusi yang akan datang dan mendukung upaya yang telah dilakukan di wilayah ini selama bertahun-tahun.

Survei ini terbuka mulai sekarang hingga 14 November 2022 pukul 16.00 WIB/17.00 WITA/18.00 WIT. Silakan lihat pranala surveinya di sini. Semua survei ini dilakukan melalui layanan pihak ketiga, yang mungkin tunduk pada persyaratan tambahan. Untuk informasi lebih lanjut tentang kerahasiaan dan penanganan data, lihat pernyataan kerahasiaan survei. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang survei ini, silakan kirim surel kepada msg-eseap﹫wikimedia.org.

Salam, Rachmat (WMID) (bicara) dan tim Tata Kelola dan Strategi Gerakan, Wikimedia Foundation, 11 November 2022 04.29 (UTC)Balas[balas]

Poll regarding 7th Wikisource Triage meeting[sunting]

Hello fellow Wikisource enthusiasts!

We will be organizing the seventh Wikisource Triage meeting in the last week of November and we need your help to decide on a time and date that works best for the most number of people. Kindly share your availabilities at the wudele link below:

https://wudele.toolforge.org/3rNRZDjKn1oaXM7h

Meanwhile, feel free to check out the page on Meta-wiki and suggest topics for the agenda.

Regards

KLawal-WMF and PMenon-WMF

Sent via MediaWiki message delivery (bicara) 14 November 2022 10.06 (UTC)Balas[balas]

Invitation to participate in Wikisource Triage Meeting (26 November 2022)[sunting]

Hello fellow Wikisource enthusiasts!

We are the hosting the seventh Wikisource Triage meeting on 26th November 2022 at 10 AM UTC / 3:30 PM IST (check your local time) according to the wudele poll.

There are going to be updates about a few technical projects related to Wikisource and we will be sharing more information during the meeting.

As always, you don't have to be a developer to participate in these meetings but the focus of these meetings is to improve the Wikisource infrastructure.

If you are interested in joining the meeting, kindly leave a message on sgill@wikimedia.org and we will add you to the calendar invite.

Meanwhile, feel free to check out the page on Meta-wiki and suggest any other topics for the agenda.

Regards

PMenon-WMF and KLawal-WMF

Sent using MediaWiki message delivery (bicara) 22 November 2022 12.09 (UTC)Balas[balas]

Mari bergabung dengan sesi percakapan mengenai Piagam Gerakan untuk wilayah ESEAP[sunting]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Para Wikimediawan di wilayah ESEAP yang baik,

Komite Perumus Piagam Gerakan (MCDC) saat ini tengah mengadakan proses permohonan pendapat komunitas mengenai tiga rancangan bab pada Piagam Gerakan: Pembuka, Nilai dan Prinsip, dan Peran dan Tanggung Jawab (pernyataan tujuan).

Bagaimana Anda dapat bergabung dan memberikan masukan Anda?

MCDC membuka pintu seluas-luasnya untuk masukan dalam berbagai bahasa dari anggota komunitas dan mitra lokal dalam gerakan Wikimedia. Anda dapat bergabung dengan cara-cara berikut ini:

Sesi percakapan komunitas untuk wilayah ESEAP akan berlangsung pada hari Jumat, 9 Desember 2022 pada pukul 09:00-10:30 UTC. Sesi ini akan diadakan melalui Zoom; pranala untuk memasuki ruangan akan dibagikan di halaman Meta 48 jam sebelum sesi dimulai. Penerjemahan langsung akan tersedia dalam bahasa Mandarin, Jepang, dan Indonesia. Sesi tidak akan direkam kecuali pada bagian di mana para peserta diundang untuk membagikan apa yang mereka bincangkan dalam breakout room. Tim fasilitasi akan mengambil notulensi dan mempublikasikan laporan akhir setelah sesi selesai.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut mengenai tujuan, dampak, dan hal-hal lain terkait Piagam Gerakan bagi komunitas Anda, Anda dapat menonton rekaman sesi perkenalan yang berlangsung beberapa waktu lalu (tersedia juga dalam bahasa Mandarin dan Jepang).

Terima kasih atas perhatian Anda.

Atas nama Komite Perumus Piagam Gerakan,


RamzyM (WMF) dan VChang (WMF) 2 Desember 2022 01.02 (UTC)Balas[balas]

Pesan pengingat mengenai permohonan pendapat Piagam Gerakan[sunting]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Pada saat ini, kita tengah mengadakan proses permohonan pendapat komunitas mengenai tiga rancangan bab Piagam Gerakan: Pembukaan, Nilai dan Prinsip, dan Peran dan Tanggung Jawab (pernyataan tujuan).

Anda diundang untuk mengikuti sesi percakapan komunitas untuk wilayah ESEAP pada hari Jumat, 9 Desember 2022 pada pukul 09:00-10:30 UTC. Sesi ini akan diadakan melalui Zoom; harap untuk dapat bergabung melalui pranala ini. Penerjemahan langsung akan tersedia dalam bahasa Mandarin, Jepang, dan Indonesia.

Permohonan pendapat akan berakhir pada tanggal 18 Desember 2022. Komite Perumus Piagam Gerakan (MCDC) membuka pintu seluas-luasnya untuk masukan dalam berbagai bahasa dari anggota komunitas dan mitra lokal dalam gerakan Wikimedia. Selain mengikuti sesi percakapan, Anda dapat memberikan masukan dengan cara-cara berikut ini:

  • Isi survei yang disediakan (bersifat anonim);
  • Bagikan masukan Anda pada Forum Strategi Gerakan
  • Bagikan masukan Anda pada halaman pembicaraan di Meta
  • Kirim surel ke movementcharter@wikimedia.org jika Anda mempunyai masukan tambahan untuk MCDC.

Anda dapat menghubungi kami jika mempunyai pertanyaan tambahan. Anda juga dapat menemui para fasilitator tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan pada pertemuan komunitas ESEAP ke-28 hari Minggu, 11 Desember 2022 untuk berbagi masukan Anda. Terima kasih atas partisipasi Anda!

Salam hangat,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan, Wikimedia Foundation


RamzyM (WMF) & VChang (WMF) 9 Desember 2022 06.40 (UTC)Balas[balas]