Wikisource:Warung kopi

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Warkop dari commons.
Warung Kopi

Bicarakan topik baru

Komunitas

Halaman bantuan
Pengumuman
Milis

Arsip
Arsip pembicaraan
Arsip pesan global


Selamat datang kawan-kawan para wikiwan dan wikiwati! Warung kopi ini merupakan forum di mana anda-anda sekalian bisa mengungkapkan segala komentar, saran dan uneg-uneg. Untuk masalah yang lebih pelik anda bisa pula menghubungi para pengurus Wikisource secara langsung. Apabila anda memberi komentar, jangan lupa untuk mengetik ~~~~, empat kali tanda gelombang (tilde), supaya jatidiri anda dan tanggal penulisan terlihat. Terima kasih.




Rachmat04 untuk pengurus Wikisource bahasa Indonesia[sunting]

Halo! Saya Rachmat04, hendak mengajukan diri sebagai pengurus dan pengurus antarmuka di Wikisource bahasa Indonesia. Saya rencana akan berfokus pada pembenahan teknis (seperti gawai dan hal lain yang memerlukan akses pengurus antarmuka). Saya ingin membantu para pengurus di Wikisource bahasa Indonesia dalam menangani pengguna spam dan urusan administratif lain. Kiranya pengajuan ini dapat dipertimbangkan. Terima kasih atas waktunya. ··· 🌸 Rachmat04 · 6 April 2020 04.51 (UTC)

Pemungutan suara[sunting]

  • Setuju Setuju, perlu ada lebih banyak orang untuk membantu mengelola dan menyebarkan pemanfaatan Wikisource.Mas Rachmat sebagai pengurus GLAM adalah orang yang tepat. Fexpr (bicara) 6 April 2020 05.41 (UTC)
  • Setuju Setuju yang aktif ya setelah jadi admin. RaymondSutanto (bicara) 6 April 2020 19.21 (UTC)
  • Setuju Setuju Meursault2004 (bicara) 16 April 2020 06.54 (UTC)
  • Baik, Pak Admin. ··· 🌸 Rachmat04 · 8 April 2020 03.25 (UTC)

Selesai Selesai oleh Meursault2004 (bicara). Terima kasih! ··· 🌸 Rachmat04 · 21 Mei 2020 08.16 (UTC)

Kompetisi Wikisource 2020[sunting]

Catatan: wmid:Kompetisi Wikisource 2020/Daftar buku. Lokal: Wikisource:Kompetisi Wikisource 2020
Bennylin
4 Juni 2021 15.30 (UTC)

Universal Code of Conduct News – Issue 1[sunting]

Berita Kode Etik Universal
Edisi 1, Juni 2021Baca warta berita selengkapnya


Selamat datang di edisi pertama Warta Berita Kode Etik Universal (UCoC)! Tujuan penerbitan warta ini adalah untuk mengabarkan para Wikimedian tentang perkembangan terbaru mengenai UCoC. Warta ini akan berisi berita, hail penelitian, dan pemberitahuan mengenai kegiatan yang terkait dengan UCoC.

Harap dicatat bahwa ini adalah edisi pertama Warta Berita UCoC yang akan dikirim ke seluruh pelanggan dan proyek Wikimedia. Jika Anda ingin tetap berlangganan di halaman pembicaraan, Warung Kopi, atau halaman lain yang Anda rasa memerlukan warta ini, harap berlangganan di sini.

Anda dapat membantu kami dengan menerjemahkan warta berita ini ke dalam bahasa yang Anda kuasai untuk menyebarkan perkembangan terbaru dan menciptakan kesadaran akan pentingnya UCoC dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan komunitas Wikimedia. Harap tambahkan nama Anda di sini untuk menerima permintaan penerjemahan sebelum sebuah edisi diterbitkan. Bantuan Anda amat kami hargai.

  • Konsultasi dengan organisasi mitra Wikimedia – Organisasi mitra Wikimedia berpartisipasi dalam konsultasi UCoC sepanjang bulan Maret dan April 2021. (selengkapnya)
  • Konsultasi pada proyek wiki 2021 – Yayasan Wikimedia menggelar konsultasi mengenai pertanyaan kunci pada bulan April dan Mei 2021 untuk menghimpun umpan balik mengenai penegakan UCoC dari komunitas Wikimedia secara luas. (selengkapnya)
  • Forum diskusi virtual – Tim fasilitasi UCoC mengadakan dua kali forum diskusi virtua sepanjang 90 menit pada bulan Mei 2021 untuk mendiskusikan pertanyaan kunci mengenai penegakan UCoC. Lebih banyak perbincangan akan digelar di masa depan. (selengkapnya)
  • Komite Perumus Fase 2 – Komite Perumus Fase 2 UCoC mulai bekerja pada 12 Mei 2021. Ketahui lebih banyak tentang apa yang telah mereka kerjakan. (selengkapnya)
  • Blog Diff – Para fasilitator UCoC menulis serangkaian kiriman blog mengenai temuan yang menarik dari setiap komunitas selama proses konsultasi proyek lokal pada perempat pertama tahun 2021. (selengkapnya)

Wikimania 2021: Individual Program Submissions[sunting]

Wikimania logo with text 2.svg

Dear all,

Wikimania 2021 will be hosted virtually for the first time in the event's 15-year history. Since there is no in-person host, the event is being organized by a diverse group of Wikimedia volunteers that form the Core Organizing Team (COT) for Wikimania 2021.

Event Program - Individuals or a group of individuals can submit their session proposals to be a part of the program. There will be translation support for sessions provided in a number of languages. See more information here.

Below are some links to guide you through;

Please note that the deadline for submission is 18th June 2021.

Announcements- To keep up to date with the developments around Wikimania, the COT sends out weekly updates. You can view them in the Announcement section here.

Office Hour - If you are left with questions, the COT will be hosting some office hours (in multiple languages), in multiple time-zones, to answer any programming questions that you might have. Details can be found here.

Best regards,

MediaWiki message delivery (bicara) 16 Juni 2021 04.19 (UTC)

On behalf of Wikimania 2021 Core Organizing Team

Perubahan pada halaman indeks[sunting]

Halo kontributor Wikisource!

Hari ini saya dan rekan-rekan dari India mencoba mengintegrasikan Wikidata ke Wikisource bahasa Indonesia. Kami mengubah sejumlah besar kode dan berdampak luas pada halaman-halaman di Wikisource, khususnya pada halaman indeks.

Tujuan kami adalah untuk mengambil data bibliografi buku dari Wikidata (tentunya jika butir buku tersebut telah ada), dan ditampilkan secara otomatis dalam halaman indeks yang bersangkutan. Contohnya adalah Indeks:Sorga Ka Toedjoe novelisation.pdf.

Sayangnya, perubahan kode ini memiliki efek samping lainnya, termasuk "merusak" halaman indeks yang butir mengenai buku tersebut belum ada di Wikidata, atau halaman indeks tersebut belum dibuka dan disimpan (tanpa mengubah apapun). Hal ini sedang kami tangani dan akan kami informasikan jika ada pemberitahuan atau metode lebih lanjut untuk menanggulanginya.

Tindak lanjut[sunting]

Saya dan pengurus Wikisource akan memperbaiki halaman-halaman indeks yang rusak, dengan cara membuka halaman indeks, lalu mengeklik "Terbitkan perubahan", tanpa mengubah apa pun. Anda dipersilakan untuk melakukan hal yang sama jika menemukan halaman indeks yang rusak.

Contoh halaman indeks yang rusak adalah seperti ini. Contoh halaman indeks dengan butir Wikidata adalah seperti ini.

Kami berterima kasih apabila Anda membantu melakukan hal yang sama.

Terima kasih, ··· 🌸 Rachmat04 · 18 Juni 2021 10.57 (UTC)

Per 24 Juni: MediaWiki:Proofreadpage index data config, Modul:Index template, dan Modul:Index data telah saya terjemahkan. Kategori terkait juga telah "dibirukan" (dibuat). User:WD-WS Integration Bot mungkin telah dipersiapkan untuk memperbaiki halaman indeks yang rusak dan mengelompokkannya ke dalam Kategori:Books without a Wikidata ID. ··· 🌸 Rachmat04 · 24 Juni 2021 12.11 (UTC)

Tanggapan[sunting]

Saya rasa perlu lokalisasi terjemahan, mengingat perubahan ini mengakibatkan halaman indeks dan membuatnya masih berada dalam bahasa Inggris. Mnafisalmukhdi1 (bicara) 18 Juni 2021 12.14 (UTC)

@Mnafisalmukhdi1: Tentu, saya akan melokalkan terjemahannya dalam minggu ini. Perkembangannya akan saya kabari dalam utas diskusi ini. Terima kasih. ··· 🌸 Rachmat04 · 18 Juni 2021 13.36 (UTC)

Tujuan kami adalah untuk mengambil data bibliografi buku dari Wikidata (tentunya jika butir buku tersebut telah ada) Kebijakan notability di Wikidata itu seperti apa ya? Apakah seketat di Wikipedia EN? Apakah semua instance buku boleh dimasukkan kedalam Wikidata? Masalahnya kan, banyak naskah naskah yg dimasukkan ke wikisource itu sifatnya kuno, langka, dan obscure. Menurut kebijakan notability wikipedia en, mungkin tidak layak dan dapat dihapus. Rtnf (bicara) 19 Juni 2021 00.27 (UTC)

@Rtnf: Kebijakannya berbeda dengan Wikipedia. Lebih lengkap, ada di halaman ini. ··· 🌸 Rachmat04 · 19 Juni 2021 01.37 (UTC)

Catatan saya, untuk semua indeks dokumen Undang-Undang (contoh), Peraturan Pemerintah, dan aturan-aturan lainnya kelihatannya belum ada semuanya di Wikidata dan harus dibuat butirnya. RaymondSutanto (bicara) 28 Juni 2021 06.51 (UTC)

Editing news 2021 #2[sunting]

24 Juni 2021 14.15 (UTC)

Server switch[sunting]

SGrabarczuk (WMF) 27 Juni 2021 01.19 (UTC)

Pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2021[sunting]

Pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2021 akan dimulai pada tanggal 4 Agustus 2021. Setelah periode pencalonan selama tiga minggu, 20 orang calon telah ditetapkan untuk pemilihan tahun ini.

Dewan Pengawas mengawasi Yayasan Wikimedia, dan pada pemilihan kali ini anggota Dewan yang sedang menjabat berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan keberagaman demografis para anggota. Dewan telah membagikan daftar bidang kepakaran yang diharapkan untuk didapatkan dari para calon anggota Dewan Pengawas yang baru.

Seluruh anggota Gerakan Wikimedia berkesempatan untuk menggunakan hak suaranya dalam pemilihan ini. Dewan Pengawas kemudian diperkirakan akan memilih empat calon yang mendapatkan suara terbanyak untuk mulai bertugas pada bulan September. Para anggota terpilih akan bertugas untuk masa jabatan selama tiga tahun.

Bagaimana caranya Anda dapat terlibat?

Ketahui lebih banyak tentang para calon

Para calon yang berasal dari berbagai komunitas Wikimedia telah mengajukan pencalonan mereka. Anda disarankan untuk mempelajari tentang visi-misi para calon sebelum memilih. Anda juga dapat memberikan pertanyaan untuk dijawab para calon selama periode kampanye. Para calon akan menjawab pertanyaan yang dikumpulkan oleh Komite Pemilihan di Meta. Dalam beberapa minggu ke depan, para calon juga akan memiliki kesempatan untuk menayangkan video presentasi tentang pencalonan mereka.

Ikut serta dalam kampanye

Tim fasilitasi pemilihan sedang merencanakan beberapa kegiatan selama periode kampanye. Lihat informasi mengenai hal ini pada halaman pemilihan di Meta.

Anggota komunitas dianjurkan untuk mengorganisir kegiatan pada masing-masing komunitas mereka. Kami meminta agar setiap kegiatan yang melibatkan para calon agar memperhatikan komitmen waktu individu, karena proses pencalonan dan pemilihan amat memakan waktu. Harap cantumkan kegiatan kampanye yang Anda rencanakan pada halaman pemilihan Dewan Pengawas di Meta, sehingga dapat dilihat oleh semua orang. Anda juga dapat meminta bantuan dari para fasilitator dan sukarelawan pemilihan.

Gunakan hak pilih

Pemungutan suara untuk pemilihan Dewan Pengurus tahun 2021 berlangsung dari 4 hingga 17 Agustus 2021. Komite Pemilihan telah menetapkan sistem Single Transferable Vote sebagai sistem penghitungan suara dan penetapan keputusan. Informasi lebih lanjut mengenai syarat pemilih, proses, dan pertanyaan yang kerap ditanyakan mengenai pemungutan suara.

Single Transferable Vote

Sistem pemilihan ini memungkinkan para pemilih untuk mengurutkan pilihan mereka sesuai preferensi. Ini memudahkan Anda untuk menjelaskan siapa yang Anda inginkan, ketimbang metode dukung atau tolak yang biasa digunakan. Jika calon pilihan pertama Anda telah memiliki cukup suara untuk terpilih, suara Anda akan dipindahkan ke calon pilihan kedua. Jika calon pilihan pertama Anda tidak akan terpilih, suara Anda juga akan dipindahkan ke calon pilihan kedua. Lihat contoh yang telah dipersiapkan oleh tim fasilitasi di sini. Informasi lebih yang lengkap akan tersedia pada pertengahan bulan Juli.

Kami berharap Anda dapat menyebarkan informasi mengenai pemilihan ini seluas-luasnya dan membantu Yayasan Wikimedia memiliki anggota Dewan Pengawas dengan kualitas yang baik, sehingga dapat mewujudkan dan melindungi kepentingan gerakan dalam beberapa tahun ke depan.

Salam hangat,

Komite Pemilihan

MediaWiki message delivery (bicara) 2 Juli 2021 10.19 (UTC)

Nawala Kode Etik Universal - Edisi 2[sunting]

Nawala Kode Etik Universal
Edisi 2, Juli 2021Baca nawala selengkapnya


Selamat datang di edisi kedua nawala Kode Etik Universal (UCoC)! Nawala ini mengabarkan para Wikimedian mengenai perkembangan terbaru dalam proses UCoC dan akan memuat berita, hasil penelitian, dan pemberitahuan mengenai kegiatan yang terkait dengan UCoC.

Jika Anda belum berlangganan dan ingin mendapatkan edisi terbaru dari nawala ini, silakan untuk berlangganan di sini. Anda juga dapat meninggalkan nama pengguna Anda di sini jika Anda bersedia untuk membantu menerjemahkan nawala ini di masa depan.

  • Tinjauan mengenai Rancangan Panduan Penegakan - Komite Perumus telah mengadakan beberapa pertemuan awal untuk menghubungkan dan menyelaraskan topik kunci mengenai penegakan, dengan mempertimbangkan penelitian terdahulu mengenai proses yang sudah ada dan celah yang masih harus diisi oleh gerakan Wikimedia. (terus baca)
  • Laporan Penelitian Target Gangguan Keamanan - Untuk mendukung pekerjaan Komite Perumus, Yayasan Wikimedia telah mengadakan sebuah proyek penelitian yang mengkaji pengalaman gangguan keamanan di proyek-proyek Wikimedia. (terus baca)
  • Konsultasi Fungsionaris - Sejak bulan Juni, pengguna dengan status fungsionaris dari berbagai proyek Wikimedia telah mengadakan pertemuan untuk mendiskusikan bagaimana UCoC akan berlaku dalam konteks global Wikimedia. (terus baca)
  • Forum Diskusi Virtual - Tim fasilitasi UCoC kembali menggelar forum diskusi virtual untuk anggota komunitas berbahasa Korea dan dari proyek-proyek di wilayah ESEAP lainnya untuk mendiskusikan mengenai penegakan UCoC. (terus baca)
  • Penerapan Awal UCoC di Beberapa Komunitas - Sejak ratifikasi UCoC oleh Dewan Pengawas pada bulan Februari 2021, UCoC sudah mulai diadopsi dan diterapkan pada komunitas Wikimedia. (terus baca)
  • Masa Kerja Baru untuk Komite Peninjau Perkara Sementara Trust & Safety - Pada awalnya, CRC diperkirakan untuk menyelesaikan mandatnya pada tanggal 1 Juli. Namun begitu, seiring dengan perkembangan UCoC yang diperkirakan baru akan selesai pada bulan Desember, masa kerja CRC juga telah disesuaikan. (terus baca)
  • Wikimania - Tim UCoC berencana untuk menggelar diskusi termoderasi yang melibatkan perwakilan dari berbagai belahan gerakan Wikimedia pada Wikimania 2021. Kami juga akan hadir pada Community Village. (terus baca)
  • Blog Diff - Bacalah terbitan terbaru mengenai UCoC pada blog Diff Wikimedia. (terus baca)

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai UCoC, silakan hubungi fasilitator tim Tata Kelola dan Strategi Gerakan untuk komunitas Indonesia dan ESEAP, RamzyM (WMF).

-- MediaWiki message delivery (bicara) 14 Juli 2021 13.58 (UTC)

Wikisource Satisfaction Survey 2021[sunting]

Templat:Dir Halo!

Apologies for writing in English. Tolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda

In the past year, there has been a lot of changes to Wikisource features and tools. This was done by the Community Tech team at the Wikimedia Foundation, grantees funded by the Foundation or through projects like Google Summer of Code. We would like to understand what you feel about the changes. Tell us what you think about such tools as the Wikisource Pagelist Widget or the new Ebook Export tool.

Take the survey in English, French, Spanish, Polish, Hindi or Punjabi. The deadline is 25th July 2021.

This survey will be conducted via a third-party service, which may subject it to additional terms. For more information on privacy and data-handling, see the survey privacy statement (English, Spanish, French, Polish, Hindi and Punjabi).

If you prefer to send your answers via email, copy the text of the survey and send to sgill@wikimedia.org.

If you have any questions or feedback about the survey, write to me at sgill@wikimedia.org.

Terima kasih! SGill (WMF) 16 Juli 2021 22.30 (UTC)

Pendaftaran calon anggota Komite Perumus Piagam Gerakan[sunting]

Tim Strategi Gerakan mengundang Anda untuk mendaftar menjadi anggota Komite Perumus Piagam Gerakan. Periode pendaftaran dimulai pada 2 Agustus 2021 dan berakhir pada 1 September 2021.

Para anggota Komite diharapkan dapat mewakili tingkat keberagaman dalam gerakan Wikimedia. Hal ini diukur melalui faktor gender, bahasa yang dipertuturkan, geografis, dan pengalaman berpartisipasi dalam proyek Wikimedia, organisasi mitra, dan Yayasan Wikimedia.

Kefasihan berbahasa Inggris tidak diperlukan untuk menjadi anggota Komite. Jika diperlukan, jasa penerjemahan dan penafsiran akan disediakan. Anggota Komite akan mendapatkan tunjangan sebesar US$100 setiap dua bulan untuk membantu biaya keikutsertaan yang mungkin diperlukan.

Kami mencari individu yang memiliki kemampuan berikut ini:

  • Mampu menulis secara kolaboratif (pengalaman yang demonstratif dapat menjadi nilai tambah)
  • Bersedia untuk mencari jalan tengah.
  • Berfokus pada inklusi dan keberagaman.
  • Mengetahui seluk-beluk konsultasi komunitas.
  • Memiliki pengalaman komunikasi antarbudaya.
  • Memiliki pengalaman dalam tata kelola organisasi nirlaba atau komunitas.
  • Berpengalaman dalam bernegosisasi dengan pihak-pihak yang berbeda.

Komite ini diperkirakan akan beranggotakan sekitar 15 orang. Jika ada 20 calon atau lebih, akan dilangsungkan proses pemilihan dan seleksi. Jika ada 19 calon atau kurang, proses seleksi akan berlangsung tanpa pemilihan.

Mari sertai langkah maju gerakan Wikimedia! Calonkan diri Anda mulai minggu depan pada halaman ini. Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi strategy2030﹫wikimedia.org atau Ramzy Muliawan, fasilitator tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan untuk komunitas Indonesia.

-- MediaWiki message delivery (bicara) 27 Juli 2021 23.45 (UTC)

Penundaan pemilihan Dewan Pengawas WMF 2021[sunting]

Para Wikimedian yang baik,

Melalui pengumuman ini, kami ingin memberitahukan bahwa pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2021 akan ditunda selama dua minggu karena masalah teknis pada perangkat SecurePoll. Pada awalnya, pemilihan ini akan dimulai pada tanggal 4 Agustus. Oleh karena penundaan ini, pemilihan akan dimulai pada tanggal 18 Agustus, sehari setelah Wikimania selesai.

Untuk informasi mengenai masalah teknis yang dimaksud, silakan lihat tiket Phabricator-nya.

Kami memohon maaf atas penunndaan ini. Kami berharap untuk dapat memulai pemilihan sesuai jadwal pada tanggal 18 Agustus, dan saat ini sedang berkoordinasi dengan para calon dan Komite Pemilihan untuk menentukan langkah selanjutnya. Kami akan mengabarkan perkembangan terbaru melalui halaman pembicaraan tentang pemilihan Dewan Pengawas dan grup Telegram.

Jika Anda mempunyai pertanyaan, silakan hubungi fasilitator Strategi dan Tata Kelola Gerakan untuk komunitas Indonesia, Ramzy Muliawan.

-- MediaWiki message delivery (bicara) 3 Agustus 2021 16.10 (UTC)

Undangan kopdar komunitas Wikisource[sunting]

Halo!

Saya ingin mengundang anggota komunitas Wikisource bahasa Indonesia dalam kopdar komunitas Wikisource di Indonesia di Wikimania 2021. Kopdar ini berformat pertemuan informal, saling bertemu kontributor lintas Wikisource di Indonesia, dan berdiskusi tentang hal-hal yang berhubungan dengan Wikisource.

Anda dapat mengusulkan topik yang ingin dibahas, atau sekadar hadir dalam kopdar ini. Untuk mendapatkan lokasi dan jadwalnya, silakan rujuk ke halaman ini.

Terima kasih atas perhatiannya, dan sampai jumpa di sana! ··· 🌸 Rachmat04 · 12 Agustus 2021 19.22 (UTC)

Kode Etik Universal - Periode peninjauan Rancangan Panduan Penegakan[sunting]

Komite Perumus Fase 2 meminta pendapat, pandangan, dan komentar mengenai Rancangan Panduan Penegakan Kode Etik Universal (UCoC). Periode peninjauan ini akan berlangsung dari 17 Agustus hingga 17 Oktober 2021.

Sukarelawan dari komunitas Wikimedia dan staf Yayasan Wikimedia yang tergabung dalam Komite Perumus Fase 2 berkolaborasi untuk merumuskan Rancangan ini berdasarkan hasil konsultasi, diskusi, dan penelitian sebelumnya. Panduan ini masih bersifat rancangan, dan Anda dapat membantu menyempurnakannya dengan menyampaikan pandangan serta komentar sebelum 17 Oktober 2021. Komite akan menyempurnakannya selaras dengan umpan balik yang didapat dari komunitas.

Semua orang dapat berkomentar pada beberapa tempat. Para fasilitator dapat menjawab pertanyaan atau komentar dalam berbagai bahasa pada halaman pembicaraan atau melalui surel. Anda juga dapat menyampaikan pandangan pada halaman pembicaraan versi yang telah diterjemahkan, pada diskusi lokal, atau pada jam kerja terbuka dan forum diskusi virtual.

Berikut beberapa diskusi yang akan dilangsungkan dan membahas mengenai Rancangan Panduan Penegakan UCoC:

Sesi Wikimania 2021 - 16 Agustus @ 11:00 UTC - 11:45 UTC
Jam kerja terbuka - 24 Agustus, 31 Agustus, 7 September @ 03:00 UTC & 14:00 UTC
Forum diskusi virtual - 18 September @ 03:00 UTC & 15:00 UTC

Tim fasilitasi berharap periode peninjauan ini dapat diketahui dan diikuti oleh banyak komunitas dalam rangka mencapai situasi saling paham. Jika Anda melihat bahwa tidak ada diskusi yang berlangsung pada komunitas Anda, silakan untuk memulainya; para fasilitator akan membantu Anda bila perlu.

Hasil diskusi akan diringkas dan dihimpun untuk dipergunakan oleh Komite Perumus setiap dua minggu. Ringkasan hasil diskusi ini akan dipublikasikan di sini.

Jika Anda punya sebarang pertanyaan, harap hubungi Ramzy Muliawan, fasilitator untuk komunitas berbahasa Indonesia dan rantau ESEAP.

-- MediaWiki message delivery (bicara) 17 Agustus 2021 14.22 (UTC)

Pemilihan Dewan Pengawas WMF 2021 telah dimulai[sunting]

Periode pemungutan suara untuk pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia 2021 telah dimulai. Para calon yang berasal dari komunitas telah diminta untuk mengajukan pencalonan mereka. Setelah periode pencalonan selama tiga minggu, terdapat 19 orang calon untuk pemilihan tahun ini.

Anggota gerakan Wikimedia berpeluang untuk memilih anggota Dewan yang berasal dari komunitas dan organisasi mitra. Dengan menggunakan hak pilih, Anda dapat membantu mengidentifikasi orang-orang yang memiliki kualitas terbaik untuk memajukan kepentingan gerakan kita dalam beberapa tahun ke depan. Dewan Pengawas akan mengangkat empat calon dengan suara terbanyak menjadi anggotanya. Pemungutan suara akan berakhir pada tanggal 31 Agustus 2021.

Dewan Pengawas bertugas untuk mengawasi Yayasan Wikimedia, dan pada pemilihan kali ini anggota Dewan yang sedang menjabat berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan keberagaman demografis para anggota. Dewan juga telah membagikan daftar bidang kepakaran yang diharapkan untuk didapatkan dari para calon anggota Dewan Pengawas yang baru.

Pelajari profil para calon. Ketahui lebih banyak mengenai Dewan Pengawas. Gunakan hak pilih Anda.

Baca versi lengkap dari pengumuman ini.

Salam hangat,

Komite Pemilihan

-- MediaWiki message delivery (bicara) 18 Agustus 2021 00.52 (UTC)

Update on the OCR Improvements[sunting]

Hello! Sorry for writing in English. Tolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda.

The OCR Improvements are complete. We, the Community Tech team, are grateful for your feedback from the beginning to the last stage when we were finalizing the interface.

Engine improvements[sunting]

OCR menu in toolbar
Reliability

Prior to our work, the OCR tools were separate gadgets. We have added "Wikimedia OCR." It is available under one icon inside the toolbar on all Wikisource wikis. This tool supports two other OCR tools, Tesseract and Google OCR. We expect these tools to be more stable. We will maintain Wikimedia OCR.

The gadgets will remain available. The communities will have sovereignty over when to enable or disable these.

Speed

Prior to this work, transcription would take upwards of 40 seconds. Our improvements average a transcription time under 4 seconds.

Advanced Tools improvements[sunting]

Multi-language support in advanced tools.png
Multiple-language support

Documents with multiple languages can be transcribed in a new way.

  1. Open the Advanced Options
  2. Select the Languages (optional) field
  3. Search for and enter the languages in order of prevalence in the document.
UI Crop tool in Advanced tools
Cropping tool / Multi-column support

We have included a Cropper tool. It allows to select regions to transcribe on pages with complicated layouts.

OCR onboarding.png
Discoverability and accessibility of OCR

We have added an interface for new users. It is pulsating blue dots over the new icon in the toolbar. The new interface explains what OCR means and what transcription means in Wikisource.

We believe that you will do even more great things because of these changes. We also hope to see you at the 2022 Community Wishlist Survey. Thanks you again for all your opinions and support.

Please share your opinions on the project talk page!

NRodriguez (WMF) and SGrabarczuk (WMF) 19 Agustus 2021 01.57 (UTC)

Pemilihan Dewan Pengawas WMF 2021 telah berakhir[sunting]

Terima kasih atas partisipasi Anda pada pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia! Periode pemungutan suara telah ditutup pada pukul 23.59 tanggal 31 Agustus. Hasil dan data pemilihan, termasuk empat orang calon yang mendapatkan suara tertinggi, akan diumumkan setelah Komite Pemilihan menyelesaikan proses pengecekan atas suara yang masuk. Pengumuman calon yang akan diangkat akan menyusul setelah itu, yaitu setelah para calon terpilih dikonfirmasi oleh Dewan Pengawas.

Sebanyak 6.946 anggota komunitas dari 216 proyek wiki telah menggunakan hak pilih mereka. Tingkat partisipasi secara global adalah sebanyak 10.2%, yang berarti 1.1% lebih tinggi daripada pemilihan sebelumnya. Pada pemilihan tahun 2017, sebanyak 5.167 anggota komunitas dari 202 proyek wiki telah menggunakan hak pilih mereka. Analisa yang lengkap akan diterbitkan beberapa hari setelah hasil diumumkan. Sementara itu, Anda dapat memeriksa data yang terhimpun selama proses pemilihan.

Salah satu tujuan utama dari pemilihan ini adalah untuk meningkatkan keberagaman. Pesan mengenai pemilihan Dewan Pengawas diterjemahkan ke 61 bahasa. Pendekatan ini berbuah manis: terdapat 70 komunitas dengan pemilik hak suara yang memilih untuk kali pertama. Dengan bantuan Anda, pemilihan Dewan Pengawas tahun depan akan dapat lebih baik lagi.

Salam hangat, RamzyM (WMF) 2 September 2021 07.09 (UTC)

The 2022 Community Wishlist Survey will happen in January[sunting]

SGrabarczuk (WMF) (talk) 7 September 2021 00.23 (UTC)

Hasil pemilihan Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia[sunting]

Wikimedia-logo black.svg

Terima kasih kepada semua Wikimedian yang telah menggunakan hak suara pada pemilihan Dewan Pengawas 2021, yang diselenggarakan untuk memilih empat orang anggota Dewan. Komite Pemilihan telah meninjau semua suara yang masuk. Sebuah rekor baru telah tercetak dengan 6,873 pemilih dari 214 proyek menggunakan hak suara mereka secara sah. Para kandidat berikut ini mendapatkan suara terbanyak:

  1. Rosie Stephenson-Goodknight
  2. Victoria Doronina
  3. Dariusz Jemielniak
  4. Lorenzo Losa

Meskipun para kandidat ini mendapatkan suara terbanyak dari komunitas, mereka belum resmi menjadi anggota Dewan Pengawas. Mereka akan menjalani pemeriksaan latar belakang dan harus memenuhi persyaratan yang ditentukan di Anggaran Dasar. Dewan Pengawas telah menetapkan bahwa para anggota Dewan yang baru akan diangkat pada akhir bulan ini.

Baca pengumuman lengkap di sini.


-- RamzyM (WMF) 7 September 2021 22.58 (UTC)

Server switch[sunting]

SGrabarczuk (WMF) (bicara) 11 September 2021 00.46 (UTC)

Talk to the Community Tech[sunting]

Templat:Dir

Read this message in another languageTolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda

Hello!

As we have recently announced, we, the team working on the Community Wishlist Survey, would like to invite you to an online meeting with us. It will take place on September 15th, 23:00 UTC on Zoom, and will last an hour. Click here to join.

Agenda

Format

The meeting will not be recorded or streamed. Notes without attribution will be taken and published on Meta-Wiki. The presentation (first three points in the agenda) will be given in English.

We can answer questions asked in English, French, Polish, and Spanish. If you would like to ask questions in advance, add them on the Community Wishlist Survey talk page or send to sgrabarczuk@wikimedia.org.

Natalia Rodriguez (the Community Tech manager) will be hosting this meeting.

Invitation link

See you! SGrabarczuk (WMF) (bicara) 11 September 2021 03.04 (UTC)