Bantuan:Pengantar

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pengantar
Salah satu seri dari pedoman cepat: Pengantar umumMenjelajahPenyuntinganMenambah naskahMenambah gambarBantuan lainnya

Ini adalah pengantar umum untuk Wikisource, sebuah perpustakaan gratis. Pranala-pranala di atas akan terhubung ke halaman pengantar yang lebih spesifik tentang aspek-aspek tertentu dari Wikisource, jika Anda baru, silahkan baca halaman ini terlebih dahulu.

Tentang Wikisource[sunting]

Wikisource menerapkan pendekatan wiki untuk membangun perpustakaan gratis dengan membiarkan kontributor secara sukarela mengumpulkan, mengatur, mengoreksi, menggambarkan dan menjelaskannya naskah sumber berbahasa Indonesia. Wikisource, sebuah perpustakaan gratis, adalah proyek Yayasan Wikimedia dan situs saudara dari Wikipedia yang merupakan sebuah ensiklopedia bebas. Seperti Wikipedia, Wikisource adalah sebuah proyek yang dapat disunting oleh semua orang dan tunduk kepada persyaratan kebijakan penggunaan. Sumber utama yang terdapat di Wikisource dapat digunakan secara bersama dengan artikel ensiklopedia di Wikipedia untuk menjadikan penelitian yang efektif.

Memulai kontribusi[sunting]

Jangan takut untuk berkontribusi. Jika anda membuat kesalahan, orang lain akan memperbaiki kesalahan anda. Kami adalah komunitas kontributor dan kami senang untuk membantu anda jika anda memerlukan bantuan. Anda dapat menambahkan atau menyunting naskah sumber kapanpun anda inginkan, apakah anda sudah masuk atau tidak. Anda dapat menghubungi komunitas dengan membuat komentar pada halaman komunitas warung kopi.

Orang-orang akan terus meningkatkan Wikisource dengan menyelesaikan naskah yang sudah ada atau menambahkan naskah baru. Halaman perubahan terbaru mencantumkan beberapa suntingan yang paling baru. Hingga saat ini kita memiliki 2.360 halaman sumber utama. Sebelum menambahkan naskah anda sendiri, silakan baca halaman pengantar ini.

Fitur Wikisource[sunting]

Tabs: Di bagian atas setiap halaman, ada pranala yang disebut 'tab' pada Wikisource. Tab ini memberikan anda akses ke halaman yang terkait dengan halaman yang sedang anda lihat. Klik pada 'pembicaraan' untuk melihat halaman pembicaraan, dan anda dapat mendiskusikan halaman dengan penyunting lain. Tombol 'sunting' memungkinkan anda menyunting hampir semua halaman di Wikisource. Anda dapat melihat siapa saja yang menyunting halaman sebelumnya dan bahkan melihat versi halaman dari tab 'versi terdahulu'. Jika Anda log masuk, anda dapat memindahkan halaman ke judul baru dengan mengklik 'pindahkan'.

Sepanjang sisi halaman terdapat empat bagian.

Menu navigasi: Bagian 'navigasi' adalah menu utama untuk Wikisource, dan mengarah ke berbagai halaman yang penting di Wikisource. Halaman utama terhubung ke berbagai halaman yang penting di Wikisource serta menampilkan berita terbaru atau kejadian. Warung kopi adalah portal komunitas, dan merupakan tempat untuk berdiskusi jika anda memerlukan bantuan atau ingin menghubungi komunitas. Perubahan terbaru adalah daftar suntingan terbaru di Wikisource, halaman sembarang akan memilih halaman untuk menampilkan secara acak, dan Bantuan terhubung ke halaman bantuan.

Cari: Kotak pencarian memungkinkan anda untuk mencari artikel di Wikisource. Jika anda tahu persis nama dari sebuah artikel, ketik ke dalam kotak dan klik. Jika anda ingin mencari sebuah artikel menggunakan kata kunci, ketik kata-kata yang relevan dan klik.

Peralatan: Menu ini berisi daftar berbagai alat. Pranala akan menampilkan daftar halaman di Wikisource yang berisi pranala ke halaman yang sedang anda lihat. Perubahan terkait adalah daftar perubahan terbaru terhadap halaman halaman saat ini yang anda lihat. Unggah berkas memungkinkan anda untuk menambahkan gambar atau berkas media lainnya ke Wikisource. Halaman khusus berisi berbagai halaman otomatis yang dibuat dan diperbarui oleh Wikisource, halaman tersebut tidak dapat diedit.

Bahasa lain: Menu ini menghubungkan ke halaman setara proyek Wikisource dalam bahasa lain.