Bantuan:Pedoman pemula tentang Indeks:berkas

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Jump to navigation Jump to search
Memulai Wikisource tentang Indeks:berkas
Jalan pintas:
H:INDEKS
Bagaimana cara membuat "halaman Indeks" (atau "berkas indeks") di Wikisource. Halaman ini digunakan sebagai bagian dari sistem uji-baca. Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat halaman bantuan lanjutan mengenai Halaman indeks.
Panneau travaux.png Halaman ini belum selesai diterjemahkan. Anda dapat melihat terjemahannya dengan menggunakan Google TranslateTM.
Hanya karya dan terjemahan dalam bahasa Indonesia yang diperbolehkan di Wikisource. Bantulah untuk menerjemahkannya.
Screenshot of an Index page
Contoh halaman indeks setelah dibuat dengan kotak bidang yang sudah terisi lengkap.
Untuk bantuan lebih lanjut, lihat Bantuan:Halaman indeks

Halaman Indeks:, diatur oleh pengaya halaman uji baca, adalah jalan agar suatu dokumen dapat diuji baca di Wikisource. Dokumen ini menjelaskan cara tercepat untuk pengaturan dokumen di Wikisource.

Halaman Indeks adalah halaman utama untuk setiap proyek uji baca di Wikisource. Setiap Indeks akan terhubung ke semua halaman di buku atau naskah yang akan diuji baca. Halaman ini juga menjelaskan progres uji baca dan keterangan singkat mengenai berkas tersebut (judul, penulis, dsb). Detail ini dapat dihubungkan ke halaman lain seperti berkas final di halaman ruang nama utama dan halaman penulis.

Versi cepat[sunting]

Membutuhkan: Teks pindaian di Wikimedia Commons. Misalnya, File:Filename.djvu.

Selalulah untuk mengunggah berkas yang lengkap dengan sumber yang dapat diuji baca. Berkas cacat dengan halaman hilang, gambar tak jelas, halaman duplikat, dan model cacat lainnya yang dapat mengganggu proses uji baca harus dijelaskan ketika mengunggah berkas tersebut.

Hal yang harus dilakukan di Wikisource:

  1. Gantilah "File" dengan "Indeks" di halaman judul dan kunjungi kesini. Misalnya, jika nama berkasnya File:Filename.djvu, maka masukkan judul halaman Index:Filename.djvu.
  2. Buatlah halaman ini.
  3. Simpan halaman ini.

Catatan: Kotak bidang dalam halaman indeks seharusnya dilengkapi namun hal ini dapat dilakukan kapan saja. Halaman indeks akan memunculkan daftar halaman secara otomatis dan menampilkan halaman pertama dari berkas tersebut (halaman sampulnya). Keduanya dapat diganti dengan penjelasan dibawah.

Semua masalah atau kecacatan pada sumber berkas harus dituliskan disini atau di halaman pembicaraan indeks berkas tersebut.

Mengunggah konten ke Wikimedia Commons[sunting]

  1. Unggah berkas PDF atau DjVu ke Wikimedia Commons. Langkah ini merupakan langkah paling mudah karena Commons memiliki Upload Wizard. Jika Anda memiliki masalah ketika mengunggah, kunjungilah meja bantuan Commons.
    • Namai berkas ini dengan judul lengkap dokumen ini. Jika namanya terlalu panjang mungkin dapat disingkat. Baik juga apabila Anda menambahkan edisi dan tahun publikasi untuk memudahkan pengunggahan beberapa edisi dari dokumen yang sama.
    • Berikan kategori pada berkas yang Anda unggah di Commons.
  2. Nah, seharusnya Anda telah memiliki berkas dokumen PDF atau DjVu di Wikimedia Commons. Beberapa dokumen tersebut diantaranya File:Wind in the Willows (1913).djvu (DjVu) dan File:Field Notes of Junius Henderson, Notebook_1.pdf (PDF).

Membuat halaman Indeks: di Wikisource[sunting]

  1. Di peramban Anda (mungkin di tab atau jendela baru), ketik http://id.wikisource.org/wiki/Indeks:nama berkas yang Anda unggah. Contohnya, jika dokumen yang Anda unggah ke Commons adalah UU Nomor 16 Tahun 2017.pdf, maka Anda dapat mengetik Nomor 16 Tahun 2017.pdf http://id.wikisource.org/wiki/Indeks:UU Nomor 16 Tahun 2017.pdf. Gunakan salin/tempel untuk nama berkas - supaya tidak salah ketik.
  2. Wikisource akan menandai bahwa halaman belum ada: "Tidak ada hasil yang sesuai dengan kriteria". Klik "Buat" (atau "tambah Indeks:nama berkas ke Wikisource") untuk membuat dokumen ini.
  3. Sebuah halaman dengan kotak-kotak bidang informasi mengenai dokumen akan muncul. Lihat UU Nomor 1 Tahun 2012 sebagai contohnya.
  4. Isilah tiap kotak bidang seperti tabel di bawah ini.
  5. Klik tombol "Lihat pratayang" di bagian bawah halaman. Halaman Indeks: dengan gambar naskah atau buku yang Anda pilih seharusnya akan muncul. Jika gambarnya tidak muncul, maka pastikan bahwa nama halaman Indeksnya identik dengan nama berkas di Wikimedia Commons. Ketika Anda telah melihat halaman ini dan telah memperbaiki kesalahan-kesalahan minor (apabila ada), klik "Simpan halaman".
  6. Selamat! Sekarang Anda telah memiliki halaman Indeks: untuk dokumen yang mau Anda transkripsi di Wikisource.
Kotak bidang halaman Indeks:
Nama bidang Deskripsi Contoh
Pengarang Nama pengarang. Hal ini dapat dihubungkan ke halaman Pengarang: di Wikisource, seperti Pengarang:Multatuli. [[Pengarang:Multatuli|Multatuli]]
Judul Judul dokumen. Merupakan ide bagus untuk emmbuat halaman untuk dokumen ini di Wikisource (seperti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2012), dan kemudian dihubungkan ke kotak bidang ini. [[Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2012]]
Tahun penerbitan Tahun pertama kali edisi dokumen ini dipublikasi. Hal ini penting untuk memastikan apakah hak cipta benar-benar sudah tidak berlaku untuk dokumen ini. 1913
Penerbit Penerbit dokumen. Dapat dihubungkan apabila ada ada portal untuk penerbit ini. Jika tidak, maka nama penerbit saja cukup. [[Portal:Charles Scribner's Sons|Charles Scribner's Sons]]
Key The sort key. See w:WP:SORT for more details about using this field to affect sorting of this title in categories. This can often be left blank if the title does not start with words like "The", "An", "A" and so forth. Wind in the Willows[1]
Sumber Tipe berkas: djvu, pdf, jpg, jpeg, gif, dll. djvu
Halaman sampul Halaman dalam dokumen yang menjadi gambar sampul. Dalam banyak kasus, hal ini menjadi halaman 1; namun di beberapa berkas dokumen, sampul aktualnya mungkin berada di halaman selanjutnya.

Catat bahwa Anda juga dapat menggunakan [[Image:Wind in the Willows (1913).djvu|150px]] untuk kustomisasi gambar.

3
Halaman Kode adalah cara ampuh untuk mengetahui bagaimana struktur halaman dalam dokumen ini. Anda boleh saja hanya meletakkan <pagelist /> untuk mengurutkan halaman dalam berkas.

Namun, Anda juga dapat menggunakannya untuk menandai halaman yang tidak perlu dinomori; contohnya, <pagelist 1to2=- 3=1 /> akan menyebabkan halaman 1 dan 2 akan dilambangkan dengan halaman tak bernomor ('-'), dan halaman 3 akan diatur sebagai halaman 1. Gunakan fitur Pratayang untuk memastikan bagaimana daftar tampilannya.

Lihat dokumentasi Proofread Page untuk detail lebih lanjut.

<pagelist
  1to16=-
  17=1
  25to26=-
  27=9
  69to70=-
  71=51
  386to390=-
/>

Daftar isi Daftar isi dari teks. Biasanya akan terhubung dengan pranala ke bab-bab ketika ditampilkan di ruang nama utama.

Daftar isi dapat diketik disini langsung. Nmaun, jika di dalam teks juga memuat daftar isi, maka sebaiknya ditampilkan saja daripada "memasukkan" halaman-halaman tersebut dari teks (gunakan nama dari tiap halaman, wrapped in two curly brackets—or braces—at either side).

{{Page:Wind in the Willows (1913).djvu/13}} {{Page:Wind in the Willows (1913).djvu/15}}

Lihat juga[sunting]

  • Bantuan:Menambahkan teks memiliki informasi dalam menambahkan teks tanpa gambar pindaian, juga beberapa saran umum untuk memastikan bahwa Wikisource dapat menampung teks yang telah Anda unggah.
  • Help:Proofread for more information about the proofreading process, including information on navigating your newly indexed upload.
  • Wikisource:Proyek transkripsi memiliki daftar berbagai proyek transkripsi. Ketika teks telah ditranskripsi, maka dapat ditambahkan ke daftar Wikisource:Menguji-baca untuk para penguji baca.
  • Ekstensi Halaman uji baca memiliki halaman bantuan di Mediawiki.

Referensi[sunting]

Templat:Smallrefs

  1. This will cause this document to be sorted into 'W' (from Wind ...), instead of 'T' (from The Wind In ...).