Bantuan:Halaman indeks

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Panneau travaux.png Halaman ini belum selesai diterjemahkan. Anda dapat melihat terjemahannya dengan menggunakan Google TranslateTM.
Hanya karya dan terjemahan dalam bahasa Indonesia yang diperbolehkan di Wikisource. Bantulah untuk menerjemahkannya.

Halaman Indeks dan ruang kerja[sunting]

Sebuah "halaman indeks" (atau "berkas indeks") adalah sebuah halaman dengan ruang nama Indeks. Ruang nama Indeks adalah fokus dari "ruang kerja" dimana uji-baca dan transkripsi mengambil tempat. Setiap halaman indeks merepresentasikan satu karya untuk ditranskripsi. Halaman indeks memiliki daftar halaman, pranala bernomor untuk setiap halaman pada karya tersebut. Pranala ini tertaut dengan halaman pada ruang nama Halaman (bagian lain dari ruang kerja). Judul halaman pada ruang nama Indeks dan Halaman akan sama.

Sebagai contoh, jika judul halaman indeks adalah "Indeks:Buku saya.djvu", halaman akan terpaut pada:

  1. Halaman:Buku saya.djvu/1
  2. Halaman:Buku saya.djvu/2
  3. Halaman:Buku saja.djvu/3
    dan seterusnya...

Biasanya halaman indeks berdasarkan berkas, entah DjVu atau PDF, tapi bisa juga dibuat manual dari berkas gambar seperti JPEG, PNG, dll. Jika berdasar berkas tunggal, maka judul halaman indeks harus sama dengan judul berkas.

Sebagai contoh, jika berkas adalah "Berkas:Buku saya.djvu" maka halaman indeks adalah "Indeks:Buku saya.djvu"

Dalam tambahan terhadap daftar halaman, halaman indeks juga menguasai metadata terhadap karya, seperti judul, penulis, tahun publikasi dll. Informasi ini berguna bagi referensi dan bisa juga digunakan untuk karya final di ruang nama utama.