Bantuan:Pedoman pemula tentang uji-baca

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Memulai Wikisource tentang uji-baca
Bagaimana menguji-baca sebuah karya di Wikisource.
Panneau travaux.png Halaman ini belum selesai diterjemahkan. Anda dapat melihat terjemahannya dengan menggunakan Google TranslateTM.
Hanya karya dan terjemahan dalam bahasa Indonesia yang diperbolehkan di Wikisource. Bantulah untuk menerjemahkannya.

Uji-baca adalah dasar dari Wikisource untuk memberikan naskah dengan kualitas terbaik di perpustakaan kami. Proses ini melibatkan dua "ruang nama" (bagian dari Wikisource, termasuk pada awal judul halaman) dan sebagian khusus dari perangkat lunak. Kedua ruang nama ini (Indeks dan Halaman ) bekerja secara bersamaan dan kadang-kadang disebut "ruang kerja". Di sinilah uji-baca, penyuntingan dan proses lainnya dilakukan.

Proses ini didasarkan pada halaman hasil pindai sebuah buku/naskah, biasanya dalam bentuk format DjVu. Format ini digunakan untuk membuat halaman indeks, yang merupakan halaman di ruang nama "indeks" dan menggunakan nama yang sama dengan berkas yang mempunyai format DjVu. Masing-masing halaman dalam buku tersebut adalah halaman terpisah di yang berada di ruang nama "halaman". Halaman indeks akan terhubung ke semua halaman dan setiap halaman harus diuji-baca.

Panduan berikut akan menjelaskan bagaimana untuk menguji-baca setiap halaman.