Bantuan:Pedoman pemula tentang hak cipta

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Jump to navigation Jump to search
Memulai Wikisource tentang hak cipta
Bagaimana mengetahui apakah sebuah buku tidak memiliki hak cipta.

Hak cipta karya-karya di Wikisource Bahasa Indonesia berdasarkan Undang-undang Hak Cipta Indonesia dan Undang-Undang Hak Cipta Amerika Serikat. Halaman ini memberikan pengetahuan dasar mengenai status hak cipta dari karya di bawah undang-undang hak cipta. Hanya domain publik atau karya berlisensi bebas dapat dimuat di Wikisource.

Halaman ini hanya gambaran singkat mengenai hukum hak cipta. Halaman ini bukan sebuah otoritas hukum atau kebijakan Wikisource. Status hak cipta bisa sangat rumit, silakan lihat halaman-halaman terkait untuk informasi lebih lanjut.

Mengapa hukum hak cipta Amerika Serikat juga harus dipatuhi?[sunting]

Wikisource dan semua proyek Wikimedia lainnya dioperasikan di komputer yang berlokasi di Ashburn, Virginia di Amerika Serikat. Yayasan yang menjalankan proyek ini, Wikimedia Foundation, juga berbasis di Amerika Serikat di San Francisco, California. Hal ini berarti situs ini secara keseluruhan, dan semua teks di dalamnya, harus mematuhi hukum Amerika Serikat. Meskipun Anda tinggal diluar Amerika Serikat, hal ini tidak mengubah hukum yang berdampak pada Wikisource dan semua karya yang diwadahi oleh Wikisource.

Publikasi non-Amerika Serikat[sunting]

Aturan mengenai publikasi di luar Amerika Serikat cukup kompleks.

Beberapa karya mungkin telah masuk domain publik di Amerika Serikat meski masih berhak cipta di negara asalnya. Karya lain mungkin sudah menjadi domain publik di negara asalnya namun masih dianggap berhak cipta di Amerika Serikat.

Beberapa kasus lain[sunting]

Tidak semua hak cipta berbasis dari tahun publikasi atau tahun dimana penulis meninggal. Contohnya:

  • Semua hasil karya Pemerintah Federal Amerika Serikat dianggap sebagai domain publik. Anda dapat menggunakan templat {{PD-USGov}}.
  • Begitu juga dengan karya hasil Pemerintah Indonesia, juga dianggap sebagai domain publik. Anda dapat menggunakan templat {{PD-IDGov}}.