Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/98

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


HIDAJAT PRAWIRODIPRODJO, R.M.
Dilahirkan di : Bogor pada tanggal 23 April 1903.
Pendidikan : Rechtschool di Djakarta tahun 1924.
Anggota partai : Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.
Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : setelah lulus dari sekolah, sedjak tahun 1924 hingga 1926, ia bekerdja sebagai A.T.B. Pengadilan Negeri di Djakarta dan Tangerang. Kemudian, sedjak tahun 1926-1938, sebagai Fiskal Gripir Landgerecht Tjirebon dan selaku anggota Pengadilan Negeri di Semarang dan Kendal. Pada tahun 1938 hingga 1942, mendjabat Ketua Muda Pengadilan Negeri Tegal dan Pemalang. Selandjutnja sebagai Ketua Pengadilan Negeri Tegal dan Pemalang, Brebes. Dengan lahirnja Negara R.I.S. ia duduk sebagai anggota D.P.R. R.I.S. selaku wakil dari Djawa Tengah. Terwudjudnja Negara Kesatuan pada tanggal 17 Agustus 1950, duduk sebagai anggota D.P.R. R.I.



INDRAKUSUMA, Mr.
Dilahirkan di : Padang pada tanggal 23 Agustus 1913.
Pendidikan : Rechts-Hogeschool di Djakarta.
Anggota partai : -
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.
Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : sedjak tahun 1938 hingga 1940, pertama ia bekerdja sebagai Pengatjara di Purwakarta. Kemudian, selaku pengatjara dan Procerur pada Mahkamah Tinggi di Djakarta. Didjaman Republik Indonesia, ia diangkat sebagai anggota Kehakiman di Surabaja. Pada tahun 1947 hingga 1948, sebagai Wakil R.I. dalam Komisi Djasa2 Baik disekitar perundingan Linggardjati. Kemudian diangkat sebafai Wali Kota Surabaja. Dalam Konperensi Medja Bundar di Negeri Belanda ia duduk sebagai wakil Negara Djawa Timur dan kemudian dengan lahirnja Negara R.I.S. ia sebagai anggota D.P.R. R.I.S. selaku utusan dari Negara Djawa Timur. Sedjak bulan Djanuari 1950 ia mendjabat Komisaris Pemerintah pada Kementerian Dalam Negeri R.I.S. jang selandjutnja diangkat sebagai direktur Javasche Bank di Djakarta.
Lahirnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I.



ISA ANSHARY, Mohamad
Dilahirkan di : Manindjau, Sumatera-Tengah pada tanggal 1 Djuli 1916.
Pendidikan : Madrasah Islam dan Kursus2 politik, ekonomi dll.
Anggota partai : Madjelis Sjuro Muslimin Indonesia (MASJUMI)
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.
Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : didjaman pemerintahan Hindia Belanda alm., ia mentjurahkan tenaganja dalam lapangan persurat kabaran sebagai Pemimpin Redaksi „Aliran Muda” dan „Lasjkar Islam”, disamping aktivitetnja dalam lapangan politik.
Diwaktu pendudukan Djepang, bekerdja pada Bagian Propaganda „Putera” daerah Priangan dan Kepala Pendidikan Himpunan Kebangkitan Rakjat Daearh Priangan. Setelah Kemerdekaan Indonesia diproklamirkan, ia duduk sebagai anggota Badan Perwakilan Rakjat Keresidenan Priangan, Penasihat Pusat Koperasi Daerah Priangan, dan Kepala Kementerian Agama dan Penerangan pada Komisaris R.I.S. untuk Djawa Barat. Lahirnja Negara Kesatuan, duduk selaku anggota D.P.R. R.I.
Pergerakan : didjaman pemerintahan Hindia Belanda alm., ia mendjabat Sekretaris Partai Islam Indonesia Tjabang Bandung : anggota Sekretariat Gabungan Politik Indonesia Bandung untuk kemudian sebagai anggota Pengurus Besar „Persatuan Islam”. Didjaman Djepang sebagai anggota Sekretariat „Angkatan Muda Indonesia” dan Pengurus Madjelis Islam di Bandung.

90