Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/97

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


HASAN BASRI.png


HASAN BASRI

Dilahirkan di : Bandjarmasin pada tanggal 20 Agustus 1920.

Pendidikan : -

Anggota partai : Madjelis Sjuro Muslimin Indonesia (MASJUMI)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : setelah tamat sekolah, maka ia mentjurahkan tenaranja dalam lapangan perguruan dimana ia mendjabat selaku Guru Sekolah Islam Bandjarmasin. Disamping itu, ia duduk selaku anggota Dewan Bandjar. Terwudjudnja Negara R.I.S., ia diangkat sebagai anggota D.P.R. R.I.S., wakil dari Daerah Bandjar.
Terwudjudnja Negara Kesatuan pada tanggal 17 Agustus 1945, sebagai anggota D.P.R. R.I
Pergerakan: dalam kepartaian, ia mendjabat Wakil Ketua Masjumi untuk Kalimantan Selatan.


HASAN, Mr. Teuku Moehamad.png


HASAN, Mr. Teuku Moehamad

Dilahirkan di : Sigli, Atjeh pada tanggal 4 April 1906.

Pendidikan : Rijks-Universiteit Leiden tahun 1933.

Anggota partai : tidak berpartai.

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : sedjak tahun 1934 - 1938, bekerdja sebagai pembantu Pekerdjaan Landschap Pineung (zelf-bestuur) di Onderafdeling Sigli ; voluntair pada Departement Onderwijs en Eredienst dan sebagai Redaktur dari Kantoor voor Bestuurshervorming Buitengewesten di Djakarta. Antara tahun 1938 - 1942, sebagai Adjun Referendaris pada Kantor Gubernur Sumatera bagian Algemene Zaken dan Wetgeving (Perundang-undangan).
Waktu pendudukan Djepang, sebagai Penasihat Syu Tjokan Sumatera Timur, Ketua Koperasi Ladang Pegawai Negeri di Medan ; Penasihat dan Pengawas serta Organisator Koperasi Pegawai Negeri di Medan. kemudian sebagai Pemimpin Kantor Tinzukyoku (Kantor Permohonan kepada Gunseibu). Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, sedjak Agustus 1945 - 1948, selaku Wakil Pemimpin Besar Bangsa Indonesia untuk Sumatera : Gubernur Propinsi Sumatera dan Wakil Pemerintah Pusat Negara R.I. di Sumatera. Kemudian, sebagai Komisaris Negara Urusan Urusan Umum merangkap Ketua Komisariat Pemerintah Pusat R.I. Sumatera. Dalam tahun 1948-1950, mendjabat Wakil Ketua Pemerintah Darurat R.I.: ber-turut2 sebagai Menteri Pendidikan, Pengadjaran dan Kebudajaan ; Menteri Dalam Negeri a.i. dan selaku Menteri Agama a.i. P.D.R.I. di Sumatera. Disamping itu mendjabat Wakil Ketua P.D.R.I. Dalam tahun 1949 - 1950, sebagai anggota Delegasi Indonesia di Djakarta, Senator R.I.S. dalam D.P.R. R.I.S. Terwudjudnja Negara Kesatuan, sebagai anggota D.P.R. R.I.


HELMUTH KUNUM.png


HELMUTH KUNUM

Dilahirkan di : Pangkah, Kalimantan pada tanggal 15 Maret 1915.

Pendidikan : Middelbare Handels-Vakschool di Surabaja.

Anggota partai : Sjarikat Kerakjatan Indonesia (S.K.I.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : setelah lulus dari Middelbare Handelsvakschool, ia membuka usaha sendiri dalam lapangan perkajuan. Setelah Kemerdekaan Indonesia diproklamirkan, pada bulan Desember 1948 ia terpilih untuk memangku djabatan Wakil Ketua Dewan Dajak Besar. Timbulnja Negara2 Bagian sebagai tjiptaan van Mook, jang kemudian disusul dengan dibentuknja B.F.O., ia dipilih selaku anggota Delegasi Dajak Besar.
Lahirnja Negara R.I.S., mendjadi Senator D.P.R. R.I.S. selaku utusan dari Daerah Dajak Besar. Terwudjudnja Negara Kesatuan, sebagai anggota D.P.R. R.I.

89