Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/99

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


IWA KUSUMASUMANTRI, Mr.png

IWA KUSUMASUMANTRI, Mr.

Dilahirkan di : Tjiamis, Djawa-Barat pada tanggal 31 Mei 1899.

Pendidikan : Universiteit Leiden Negeri Belanda.

Anggota partai : Persatuan Progresip.

Kedudukan : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : pada tahun 1927 ia kembali ke Indonesia dan membuka praktek pengatjara di Medan. Kegiatannja dalam lapangan politik, oleh pemerintah Hindia Belanda alm. ia diasingkan ke Banda. Petjahnja perang dunia ke-II ia dibebaskan. Waktu pendudukan Djepang dipekerdjakan sebagai Hakim di Makassar jang kemudian membuka praktek pengatjara lagi. Dalam pada itu ia turut menjusun proklamasi dan Undang2 Dasar 1945. Terbentuknja Kabinet PResidentil, Kabinet pertama Negara Kesatuan R.I., ia terpilih sebagai Menteri Sosial. Terdjadinja peristiwa 3 Djuli ia ditawan oleh Pemerintah R.I. Waktu agresi ke-II ditawan oleh tentara Belanda. Setelah penjerahan kedaulatan, ia dibebaskan dan dipekerdjaan sebagai administratur pada Kementerian Kehakiman di Jogjakarta. Dalam D.P.R. R.I.S. sebagai anggota dan setelah Negara Kesatuan diwudjudkan, sebagai anggota D.P.R. R.I. Kemudian dinon-aktipkan karena pengangkatannja sebagai Menteri Pertahanan dalam Kabinet Mr. Ali Sastroamidjojo.
Pergerakan: waktu mendjadi mahasiswa dinegeri Belanda, sedjak tahun 1923 - 1924, ia aktip selaku Ketua „Perhimpunan Indonesia” ; anggota Pengurus Sarikat Buruh „Djongos2 dan Kelasi kapal Bangsa Indonesia” di Rotterdam. Pada tahun 1926, ia ke Moskow untuk memperkuat gerakannja. Pada tahun 1927, masuk P.N.I. ; pindah ke Medan dan dipilih sebagai Penasihat „Persatuan Motoris Indonesia” dan selaku Ketua „Serikat Pegawai2 Regie Tjandu” diluar Djawa dan Madura.


IBRAHIM SEDAR.png


IBRAHIM SEDAR

Dilahirkan di : Barabai, Kalimantan pada tanggal 9 Nopember 1906.

Pendidikan : -

Anggota partai : Persatuan Indonesia Raya (P.I.R.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : sedjak tahun 1926 ia bekerdja sebagai pegawai negeri pada Djawatan Pemerintahan Dalam Negeri dengan kedudukan selaku Kiai Besar Kalimantan Barat. Kemudian, tetap sebagai Kiai Besar diperbantukan pada Residen Bandjarmasin. Lahirnja Negara R.I.S., ia duduk sebagai anggota D.P.R. R.I.S., wakil dari Kotawaringin. Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali, sebaga anggota D.P.R. R.I.


IDHAM CHALID.png


IDHAM CHALID

Dilahirkan di : Amuntai, Kalimantan pada tanggal 5 Djanuari 1921.

Pendidikan : Kweekschool Islam Pondok Modern di Ponorogo tahun 1942.

Anggota partai : Nahdatul Ulama (N.U.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : setelah lulus dari Kweekscool Islam Pondok Modern, ia mendjadi Guru di Pondok Modern tsb. Kemudian, sedjak tahun 1944 ia pindah ke Amuntai dan disana mendjadi Guru Sekolah Menengah Islam. Disamping itu sebagai Ketua Madjelis Luhur Ikatan Madrasah2 Islam di Kalimantan Selatan dan selaku Ketua Dewan Pimpinan Tjabang Masjumi Amuntai.
Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dalam tahun 1948, ia dipilih sebagai anggota Dewan Bandjar. Dengan lahirnja Negara R.I.S. duduk sebagai anggota D.P.R. R.I.S., selaku Wakil Daerah Bandjar. Terwudjudnja Negara Kesatuan pada tanggal 17 Agustus 1950, sebagai anggota D.P.R. R.I.

91