Halaman:Garuda Perdamaian (Garuda Indonesia, 1957).pdf/114

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


Garuda Perdamaian 114.jpg

Betapa djauh djarak dan beratnja rintangan dalam perdjalanan, tidak mendjadi alasan bagi pimpinan untuk memusatkan perhatiannja kepada tugas pasukannja. Nampak·dalam gambar ini rombongan komandan Batalion sedang mengundjungi pos-depan di El Kuntilla.

satu pemerintahan federal. Sebaliknja gerakan nasionalisme Arab menghendaki satu negara Syria jang merdeka. Terdjadilah pemberontakan Drus di Syria. Dengan adanja pemberontankan itu dibuktikan bahwa semangat nasionalisme tak dapat ditindas begitu sadja dengan kekuatan militer. Politik Perantjis lalu bcrubah lebih lunak, tetapi tetap berusaha memetjah belah negeri tersebut.

Pada tanggal 23 Mei 1926, Libanon didjadikan Republik Libanon dengan Ibu kota Beirut, dan kemudian tanggal 22 Mei 1930 daerah diluar Libanon didjadikan Republik Syria dengan ibukota Damsjik. Oleh kedua negeri itu kemudian diadakan perdjandjian persahabatan dan persekutuan, dimana Perantjis berdjandji akan mengachiri mandatnja 3 tahun kemudian.

Waktu perang Dunia ke II, Pemerintah Perantjis di Syria memihak Pemerintah Perantjis Vichy jang pro Djerman. Tentara Inggris dan Pe-

110