Bantuan:Templat

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Jump to navigation Jump to search

Templat adalah halaman-halaman yang sudah dibuat dan siap dipakai secara berulang kali. Templat digunakan untuk menghindari mengetik teks-teks tertentu yang sama pada beberapa halaman sehingga dapat menyingkat waktu penyuntingan. Dengan menyunting templat, maka halaman-halaman yang menggunakan templat itu secara otomatis juga berubah isinya sesuai dengan isi dari templat. Templat juga berguna untuk mempercantik isi suatu halaman dan berfungsi juga sebagai navigasi halaman. Templat menggunakan namespace tersendiri di Wikisource. Pola untuk judul halaman templat adalah Templat:Namatemplat.

Bagaimana menggunakan templat?[sunting]

Petunjuk dalam menggunakan templat:

  1. Pastikan Anda mengetahui nama templat yang ingin Anda gunakan.
  2. Klik sunting pada bagian atas halaman yang ingin Anda tambahkan templat.
  3. Tambahkan templat dengan mengetik nama templat diapit oleh kurung kurawal buka ganda dan kurung kurawal buka tutup di bagian yang sesuai. Contoh: jika Anda ingin menambahkan templat stub maka ketikkan '''{{stub}}'''.
  4. Klik simpan halaman pada bagian bawah halaman untuk menyimpan hasil suntingan.
  5. Teks templat akan muncul di halaman.

Bagaimana menyunting templat?[sunting]

Anda harus mengetikkan Templat:Namatemplat di kotak cari dan tekan Cari atau tekan enter di keyboard Anda. Ini akan memunculkan halaman templat tersebut. Selanjutnya klik sunting pada bagian atas halaman untuk memulai menyunting templat. Catatan: Ini akan mempengaruhi setiap halaman yang menggunakan templat tersebut. Anda harus memikirkan secara cermat sebelum menyimpan suntingan Anda.

Lihat pula[sunting]