Bantuan:Pedoman pemula tentang sumber

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Jump to navigation Jump to search
Memulai Wikisource tentang sumber
Bagaimana menambahkan buku ke Wikisource untuk diuji-baca.
Panneau travaux.png Halaman ini belum selesai diterjemahkan. Anda dapat melihat terjemahannya dengan menggunakan Google TranslateTM.
Hanya karya dan terjemahan dalam bahasa Indonesia yang diperbolehkan di Wikisource. Bantulah untuk menerjemahkannya.

Templat:Nutshell

Sumber dari sebuah karya di Wikisource semestinya merupakan kopian pindaian berkas asli, biasanya disimpan dalam format berkas DjVu (dilafalkan "déjà vu") atau PDF.

Berkas harus diunggah ke Wikimedia Commons, kemudian halaman indeks dengan nama sama harus dibuat di Wikisource. Setelah itu, baru Anda dapat menguji baca halaman.

Format berkas apa?[sunting]

DjVu adalah format berkas yang direkomendasikan untuk semua pindaian di Wikisource. Anda juga dapat mengunggah pindaian dalam bentuk format PDF. Lihat Wikisource:DjVu vs. PDF untuk perbandingan. Jika hanya ada beberapa halaman, Anda juga dapat menggunakan berkas gambar (seperti JPEG) namun ini lebih sulit. Lihat Bantuan:Halaman indeks untuk informasi lebih lanjut.

Dimana mendapatkannya?[sunting]

Anda dapat memindai buku sendiri atau menemukan pindaian yang telah dibuat orang lain. Berkas DjVu adalah bentuk berkas paling umum namun PDF juga dapat diterima. Jika terpaksa, berkas gambar tunggal juga dapat digunakan namun bukan ide bagus apabila berkasnya dalam jumlah besar.

Tempat paling mudah untuk menemukan berkas DjVu adalah Internet Archive. Situs ini menyimpan ribuan buku dan majalah pindaian dari berbagai berkas digital berbeda-beda. Anda dapat mengunduh berkas dari archive dan mengunggahnya ke Wikimedia Commons.

Pindaian tersedia dari beberapa situs lain seperti Google Books dan HathiTrust.

Ada banyak cara untuk membuat pindaian Anda sendiri, menggunakan mesin pindai buku khusus atau dengan kamera digital. Jika Anda telah memindainya sendiri, Anda dapat mengubahnya ke format DjVu atau PDF. Anda juga dapat mengunggah pindaiannya ke situs semacam Internet Archive, yang lebih mudah. Mereka akkan mengubah pindaian Anda dan Anda dapat mengunduh berkas yang diperlukan dari situs mereka.

Untuk informasi lebih spesifik, lihat: