Langkah-langkah Mencegah Penyakit Koronavirus 2019 (CDC)

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Diterjemahkan dari teks aslinya 12 Maret 2020

Saat ini tidak ada vaksinasi untuk mencegah penyakit koronavirus 2019 (COVID-19). Cara terbaik mencegah penyakit adalah menghindari terpapar virus ini.

Virus ini dipercaya menyebar terutama dari orang ke orang.

  • Antara orang-orang yang mengalami kontak jarak dekat (sekitar 6 kaki/1,8 meter)
  • Melalui tetesan pernapasan (respiratory droplets) yang dihasilkan ketika seorang penderita batuk atau bersin. Tetesan tersebut dapat jatuh di mulut atau hidung orang yang berdekatan atau kemungkinan dihirup ke paru-paru.

Nota bene* Orang yang lebih tua dan orang yang memiliki kondisi medis kronis parah yang telah ada sebelumnya seperti penyakit jantung atau paru-paru atau diabetes sepertinya berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi serius akibat penyakit COVID-19. Harap konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk tindakan tambahan yang Anda dapat ambil untuk melindungi diri.

Bertindak melindungi diri

Sering mencuci tangan
  • Cuci tangan Anda dengan sabun dan air selama sekurangnya 20 detik terutama setelah Anda berada di tempat umum, setelah membuang pilek, batuk, atau bersin.
  • Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan hand sanitizer dengan alkohol minimal 60%. Olesi seluruh permukaan telapak tangan dan gosokkan kedua tangan hingga terasa kering.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda dengan tangan yang belum dicuci.
Hindari kontak dekat
  • Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit
  • Jaga jarak antara diri Anda dengan orang lain jika COVID-19 menyebar di komunitas Anda. Ini sangat penting untuk orang-orang yang berisiko tinggi untuk sakit.

Bertindak melindungi orang lain

Tinggal di rumah jika Anda sakit
Tutupi batuk dan bersin
  • Tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu ketika Anda batuk atau bersin, atau gunakan lipatan dalam siku Anda.
  • Buang tisu yang telah dipakai ke tempat sampah.
  • Segera cuci telapak tangan Anda dengan sabun dan air selama sekurangnya 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, bersihkan telapak tangan anda dengan hand sanitizer yang mengandung minimal 60% alkohol.
Gunakan masker jika Anda sakit
  • Jika Anda sakit: Anda harus mengenakan masker ketika berada di sekitar orang lain (misalnya, berada di ruang atau kendaraan yang sama) dan sebelum memasuki fasilitas kesehatan. Jika Anda tidak dapat mengenakan masker (misalnya, karena menyulitkan bernapas), Anda harus sebisa mungkin menutupi batuk dan bersin Anda, dan orang yang merawat Anda harus mengenakan masker jika memasuki ruangan Anda.
  • Jika Anda TIDAK sakit: Anda tidak perlu mengenakan masker kecuali jika Anda merawat orang yang sakit (dan orang tersebut tidak dapat menggunakan masker). Masker kemungkinan memiliki pasokan terbatas dan harus disimpan untuk orang-orang yang memberikan perawatan.
Bersihkan dan lakukan disinfeksi
  • Bersihkan dan lakukan disinfeksi setiap hari terhadap permukaan-permukaan yang sering disentuh. Ini termasuk meja, gagang pintu, saklar lampu, permukaan dapur, pegangan, meja kerja, telepon, keyboard, toilet, keran, dan wastafel.
  • Jika ada permukaan yang kotor, bersihkan: Gunakan deterjen atau sabun atau air sebelum disinfeksi.

Untuk disinfeksi: Kebanyakan disinfektan rumah yang terdaftar dengan EPA akan berfungsi. Gunakan disinfektan yang cocok dengan permukaan yang dibersihkan. Pilihan lain di antaranya

  • Pemutih rumah tangga yang diencerkan
  • Larutan alkohol
  • Disinfektan rumah tangga lainnya yang terdaftar dengan EPA

Referensi

2019-nCoV-CDC-23312.png

Halo! Wikipedia dan Wikisource tidak memberikan nasihat medis. Jika Anda di Indonesia dan bermasalah dengan koronavirus, hubungi: Hotline COVID-19 119 ext 9 atau 021-5210411 atau 081212123119

Catatan untuk pengunjung Wikisumber (Wikisource Bahasa Indonesia)

Wikisumber merupakan repositori sumber, bukan ensiklopedia, blog, maupun tempat menulis opini pribadi.

Artikel ini merupakan terjemahan dari dokumen bahasa Inggris yang dikeluarkan "Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat". Anda dapat memperbaiki terjemahannya apabila diperlukan (namun Anda perlu membuat akun terlebih dahulu). Jika Anda ingin menambah atau menerjemahkan sumber yang lain, silakan membuat halaman baru (tidak perlu membuat akun).

Proyek Wikimedia Indonesia menyediakan situs Wikisumber ini sebagai tempat karya-karya existing (yang sudah ada sebelumnya) berlisensi bebas yang berbahasa Indonesia, maupun yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Untuk karya asli Anda, silakan menggunakan situs Wikibuku.


PD-icon.svg Karya ini tergolong domain publik di Amerika Serikat karena karya ini dibuat oleh pemerintah federal Amerika Serikat (lihat 17 U.S.C. 105). Great Seal of the United States (obverse).svg