Kamus Bahasa Banjar Dialek Hulu-Indonesia/Prakata

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kamus Bahasa Banjar Dialek Hulu-Indonesia oleh Balai Bahasa Kalimantan Selatan
Prakata Edisi Pertama
PRAKATA
EDISI PERTAMA

Penyusunan kamus merupakan salah satu kegiatan kebahasaan dalam rangka mencapai tujuan peningkatan mutu penggunaan bahasa. Selain itu untuk meningkatkan sikap positif masyarakat terhadap bahasa serta peningkatan mutu daya ungkap bahasa, baik bahasa Indonesia maupun bahasa daerah.
 Berangkat dari itu Balai Bahasa Banjarmasin terdorong untuk menyusun naskah Kamus Banjar Dialek Hulu-Indonesia. Hal itu sebagai upaya mendukung keputusan pemerintah daerah yang menjadikan bahasa Banjar (BB) sebagai salah satu materi muatan lokal untuk diajarkan di SD dan SMP. Terbitnya kamus ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia pengajaran dan masyarakat luas. Diakui atau tidak, sebagian besar kosakata baku BB banyak yang terlupakan, bahkan tidak diketahui oleh para generasi muda Kalimantan Selatan sekarang ini. Dengan demikian upaya menggali, menumbuhkembangkan dan melestarikan BB yang terdapat dalam masyarakat Banjar di Kalimantan Selatan sangatlah penting.
 Pada kesempatan mi kami sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berperan serta dalam berbagai hal terkait dengan penyusunan naskah kamus ini.
 Saran, tanggapan, dan kritik dari berbagai pihak selalu kami harapkan demi perbaikan kamus ini pada masa yang akan datang.

Banjarmasin, 9 Juli 2008
 
Drs. H. Muhammad Mugeni
Kepala Balai Bahasa Banjarmasin