Halaman:XI B 34 E.djvu/25

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini belum diuji-baca


satu dengan Negara Lain, spesifikasi isi dari permukaan jalan tidak dimasukkan dalam standar Jalan Asia).


7. Pengisian. Struktur Jalan

Peningkatan lalu lintas kendaraan berat, khususnya angkutan kontainer, memerlukan disain kapasitas muatan yang layak (tekanan roda maksimum), Untuk mencegah kerusakan parah terhadap struktur jalan dan juga mengurangi biaya pemeliharaan, jaringan Jalan Asia, sebagai jaringan jalan Intemasional, harus mempunyai disain kapasitas muatan yang kuat.

Disain minimum pemuatari HS 20-44, yang merupakan standar intemasional untuk pemuatan trailer dengan ukuran terbesar, harus digunakan untuk disain struktur jalan.


8. Batas tinggi vertikal

Batas tinggi minimum adalah 4,5 meter yang merupakan persyaratan aman kontainer standar ISO untuk lev/at. Akan tetapi, kalau ruang bebas aman tidak dapat disediakan karena dibutuhkan biaya yang tinggi untuk mengubah struktur yang sudah ada seperti jembatan, kendaraan jenis tempelan yang lebih rendah mungkin dapat digunakan.


9. Lingkungan

Kajian dampak Lingkungan, sesuai dengan standar negara masing-masing, harus dilakukan untuk proyek-proyek pembangunan jalan baru. Sangat diharapkan agar kajian tersebut dapat diperluas untuk mencakup rekonstruksi atau perbaikan mendasar terhadap jalan yang sudah ada.


10. Keselamatan lalu Lintas

Selama pengembangan jaringan jalan Asia, para Pihak harus memberikan perhatian yang serius terhadap isu- isu keselamatan lalu lintas.