Halaman:RerumNovarum.djvu/1

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah divalidasi


ENSIKLIK

RERUM NOVARUM
(HAL­-HAL BARU)
TENTANG KEADAAN KAUM BURUH
LEO XIII

KEPADA SAUDARA-­SAUDARA YANG TERHORMAT, PARA PATRIARK, PARA USKUP AGUNG, DAN SEMUA USKUP GEREJA KATOLIK YANG BERADA DALAM DAMAI DAN PERSEKUTUAN DENGAN TAKHTA APOSTOLIK.

Pendahuluan

1. Hasrat akan HAL­-HAL BARU sudah cukup lama menggoncangkan bangsa-­bangsa di dunia, dan dapat diperkirakan, bahwa sekali dibangkitkan, hasrat akan perombakan itu akan menjalar dari bidang politik ke lingkup ekonomi yang berkaitan dengannya.

Telah mulailah perkembangan baru di bidang industri, disertai penerapan teknik-­teknik baru; terjadi perubahan-­perubahan dalam hubungan antara majikan dan kaum buruh; sekelompok kecil menjadi kaya-­raya, sedangkan besarlah jumlah orang yang dililit oleh kemiskinan; kaum buruh meningkat percaya dirinya dan bekerja sama lebih erat; dan akhirnya akhlak mengalami kemerosotan. Semua pergolakan itu telah menimbulkan perjuangan yang siap meledak. Kegelisahan tanpa harapan yang menimpa jiwa sekian banyak orang menunjukkan betapa banyaklah yang menjadi taruhan. Di kalangan kaum terpelajar, dalam rapat-­rapat bisnis, pada pertemuan­pertemuan populer, di lembaga-­lembaga perundang-­undangan, di dewan-­dewan pemerintah, di mana pun orang­-orang bertemu, terasalah keprihatinan mendalam tentang apa yang sedang terjadi. Sekarang ini tiada masalah yang lebih mendesak, tiada yang lebih kuat mencengkam perhatian umat manusia.

Demikianlah saudara-­saudara yang terhormat, seperti pada kesempatan-­kesempatan sebelum