Halaman:Manila Accord (31 July 1963).djvu/10

Dari Wikisumber bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini belum diuji baca

10. Ketiga Kepala Pemerintahan tersebut menegaskan bahwa tanggung jawab terhadap terpeliharanya kemerdekaan bangsa dari tiga negara dan perdamaian dan keamanan di wilayah mereka terutama terletak di tangan pemerintah dan masyarakat dari negara-negara yang bersangkutan, dan bahwa ketiganya pemerintah berjanji untuk mengadakan konsultasi yang erat (mushawarah) di antara mereka sendiri tentang hal-hal ini.

11. Ketiga Kepala Pemerintahan selanjutnya sepakat bahwa pangkalan asing yang bersifat sementara tidak boleh diizinkan untuk digunakan secara langsung atau langsung untuk menumbangkan kemerdekaan nasional salah satu dari tiga negara. Sesuai dengan prinsip yang tertuang dalam Deklarasi Bandung, ketiga negara akan menjauhkan diri dari penggunaan pengaturan pertahanan kolektif untuk melayani kepentingan tertentu dari salah satu kekuatan besar.

12. Presiden Sukarno dan Perdana Menteri Abdul Rahman menyampaikan apresiasi yang mendalam atas inisiatif yang diambil oleh Presiden Macapagal dalam mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi yang, selain menyelesaikan perbedaan mereka mengenai Federasi yang diusulkan Malaysia, mengakibatkan membuka jalan bagi berdirinya Mapilindo. Tiga Kepala Pemerintahan mengakhiri Konferensi ini, yang telah sangat memperkuat ikatan persaudaraan yang mengikat ketiga negara mereka dan memperluas ruang lingkup kerja sama dan pemahaman mereka, dengan keyakinan baru bahwa pemerintah dan rakyat mereka akan bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan bagi pencapaian perdamaian yang adil dan abadi, stabilitas dan kemakmuran di kawasan.

Manila, 5 Agustus 1963.
(ttd) SOEKARNO


(ttd) Diosdado MACAPAGAL
(ttd) TUNKU ABDUL RAHMAN PUTRA AL-HAJ