Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/68

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


ABDULKADIR, Djenderal Major

Dilahirkan di: Bindjai, Sumatera Utara pada 6 Djuni 1906.

Pendidikan: O.S.V.I.A. afd. B.

Anggota partai: tidak berpartai.

Kedudukan sekarang: Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh R.I. untuk Mesir.

Pekerdjaan dan peng-

alaman jg. lampau: antara tahun 1940-1947, ia berdjuang dalam Angkatan Perang sebagai Djenderal Major T.R.I. Kemudian, sebagai Kepala dari P.0.P.D.A. (rusat Penjingkiran Djepang dan Apwi): anggota delegasi Indonesia pada Inter Asiatic Conference: Waarnemend leider dari delegasi Indonesia ke Negara Arab dan sebagai Wakil Pemerintah R.I. dalam mengadakan perundingan dengan pemerintah Pakistan dan Afghanistan. Pada bulan September tahun tsb. ia diangkat selaku Wakil Politik Pemerintah R.I. di Afghanistan dengan kedudukan Kaboul. Pada tahun 1948-1953, ia ditundjuk selaku Duta R.I. untuk Afghanistan jang kemudian sebagai Duta R.I. di Iran. Pada tahun 1953, ketika tingkat perwakilan R.I. di Mesir dinaikkan dari Kedutaan mendjadi Kedutaan Besar, ia diangkat mendjadi Duta Besar R.I. untuk Mesir.


TIRTOPRODJO, Mr. Susanto

Dilahirkan di: Surakarta pada tanggal 3 Maret 1900.

Pendidikan: Rechts-school di Djakarta dan Universitet Leiden tahun 1925.

Anggota partai: Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)

Kedudukan sekarang: Kepala Perwakilan R.I. di Negeri Belanda dengan Gelar Pribadi Duta Besar.

Pekerdjaan dan peng-

alaman jg. lampau : sedjak tahun 1925-1933 bekerdja pada Pengadilan di Bogor, Kandangan, Kebumen dan Kediri. Antara tahun 1933 hingga pendudukan tentara Djepang di Indonesia, duduk selaku Gedepoteerde Dewan Propinsi Djawa Timur untuk kemudian sebagai Wali Kota Madiun, Bupati Patjitan dan selandjutnja sebagai Bupati Ponorogo. Sedari bulan Agustus 1945 hingga lahirnja R.I.S., kemudian Negara Kesatuan R.I. pernah mendjabat sebagai: Residen Madiun, Menteri Kehakiman dalam Kabinet Presidentil Drs. Moh. Hatta Kabinet ke-VI Negara R.I.; Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet R.I. Dr. A. Halim dan selandjutnja sebagai Gubernur Sunda Ketjil. Sedjak bulan Pebruari 1952 diangkat sebagai Kuasa Usaha sementara R.I. di Negeri Belanda dengan gelar Duta Besar. Pergerakan : pernah mendjadi anggota Pengurus Besar ,,Parindra” Surabaja.


SUDJARWO TJONDRONEGORO, Mr.

Dilahirkan di: Djawa Timur pada tahun 1914.

Pendidikan: Universitet Leiden Negeri Belanda tahun 1939.

Anggota partai: tidak berpartai.

Kedudukan sekarang: Pemangku Djabatan Ketua Perwakilan R.I. untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan pangkat Duta Luar Biasa dan Menteri Berkuasa Penuh.

Pekerdjaan dan peng-

alaman ig. lampau : dalam tahun 1940 ia kembali ke Indonesia dan bekerdja pada lapangan pengadilan, kemudian pada kantor Gubernur Djawa Tengah. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, mendjabat Kepala Penerangan Luar Negeri di Kementerian Penerangan R.I. di Jogjakarta. Terwudjudnja Negara R.I.S., ia ditundjuk sebagai Kepala Bagian Publisitet Luar Negeri, Kementerian Penerangan R.I., merangkap Ketua Panitya Pengawas Film. Pada tahun 1950, ditundjuk selaku Counsellor Kedutaan Indo nesia di London. Dalam tahun 1952, sebagai Pemangku Djabatan Ketua Perwakilan R.I. tetap di P.B.B. dengan pangkat Duta Luar Biasa dan Menteri Berkuasa Penuh. Pergerakan : diwaktu masih dibangku sekolah ia turut aktip dalam perkumpulan ,,Indonesia Muda” dan ,,Perhimpunan Indonesia”. Disamping itu, ia mendjabat Kepala Pengarang dari madjalah bulanan para mahasiswa di Negeri Belanda dan selaku wartawan Berita Nasional ,,Antara”.


60