Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/69

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


TIRTAWINATA, Mr. Raden.

Dilahirkan di: Bogor pada tanggal 2 April 1910.

Pendidikan: Rechts-Hogeschool di Djakarta tahun 1931.

Anggota partai: ---.---

Kedudukan sekarang: Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh R.I. untuk Pakistan.

Pekerdjaan dan peng-

alaman jg. lampau : sedjak tahun 1931 hingga tahun 1938, ia bekerdja sebagai pegawai diperbantukan pada Pengadilan Tinggi di Djakarta, Pengadilan Negeri Purworedjo dan Dewan Djustisi di Djakarta. Kemudian, ia diangkat sebagai Ketua pada Pengadilan Negeri Indramaju. untuk selandjutnja pada tahun 1941 sebagai Ketua dari Pengadilan² Negeri untuk Garut, Tasikmalaja dan Tjiamis dengan tempat kedudukan di Garut. Setelah Negara R.I.S. dibentuk untuk kemudian Negara Kesatuan R.I. kembali, ia diangkat selaku Duta Luar Biasa dan Menteri B.P. untuk Irak dengan gelar pribadi Duta Besar. Kemudian, dalam tahun 1953, ia dipindahkan ke Pakistan untuk mendjabat Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh disana.


ANAK AGUNG GDE AGUNG

Dilahirkan di: Gianjar, Bali pada tanggal 24 Djuli 1919.

Pendidikan: Middelbare-School di Malang dan Rechts-Hogeschool di Djakarta.

Anggota partai: ---.---

Kedudukan sekarang : Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh R.I. untuk Perantjis.

Pekerdjaan dan peng-

alaman jg. lampau : petjahnja perang pasifik ia tak dapat menamatkan peladjarannja dan kembali ke Gianjar. Kemudian, oleh pemerintah Djepang ia diangkat selaku Kepala Daerah Gianjar. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan Negara Indonesia Timur dibentuk, ia terpilih sebagai Menteri Luar Negeri dalam Kabinet pertama, Kabinet Nadjamudin Daeng Malewa. Dalam Kabinet N.I.T. kedua, sebagai Wakil Perdana Menteri dan dalam Kabinet N.I.T. ke-III sebagai Menteri Dalam Negeri. Sedjak tanggal 15 Desember 1947, ia terpilih selaku Perdana Menteri Kabinet N.I.T. ke-IV. Pada bulan Agustus 1947, pernah mendjadi anggota Delegasi Indonesia Timur ke Sidang Umum P.B.B. Dalam pada itu, ia termasuk penegak B.F.O.; Pemimpin Delegasi Indonesia Timur dalam perundingan dengan R.I. jang kemudian selaku wakil Ketua B.F.O. Dalam perundingan Medja Bundar di Negeri Belanda, ia mendjabat Wakil Ketua Delegasi B.F.O. Terbentuknja Negara R.I.S., ditundjuk selaku Menteri Dalam Negeri dari Kabinet R.I.S. Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali diangkat sebagai Duta R.I. untuk Belgia, Luxemburg dan Portugal. Pada 1 Djuni 1953 ia diangkat sebagai Duta Besar R.I. untuk Perantjis.


MONONUTU, Arnold

Dilahirkan di: Menado, Sulawesi Utara pada tahun 1898.

Pendidikan: Middelbare-Handelsschool.

Anggota partai: Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)

Kedudukan sekarang: Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh R.I. untuk Republik Rakjat Tiongkok.

Pekerdjaan dan peng-

alaman jg. lampau : setelah tamat Sekolah Menengah Dagang, ia kenegeri Belanda untuk menuntut peladjaran bahasa menengah Belanda dan dalam college sedjarah kesusteraan Belanda. Di Paris ia beladjar pada Sekolah Ilmu Politik. Dalam tahun 1927 ia mendjadi koresponden perusa haan Djepang ,,Mitsui Bussan Kaisha", kemudian dalam tahun 1930 sebagai Direktur Perkumpulan Koperasi Indonesia di Minahasa. Selandjutnja sebagai guru bahasa Perantjis pada Perguruan Rakjat di Djakarta. Sedjak tahun 1946 - 1947, memimpin Redaksi Harian ,,Menara Merdeka”; Wakil Ketua Parlemen Sementara N.I.T. dan bertindak selaku pemimpin Fraksi Progresip disana. Dalam Kabinet R.I.S. selaku Menteri Penerangan. Kemudian, berturut-turut sebagai Menteri Penerangan dalam Kabinet Sukiman - Suwirjo dan Kabinet Wilopo, Kabinet ke-XII dan ke-XIII Negara Kesatuan R.I. Pada tanggal 29 Agustus 1953 ia diangkat mendjadi Duta Besar Luar Biasa dan B.P. R.I. untuk R.R.T. Pergerakan : pernah mendjadi Ketua Gabungan Partai² Kebangsaan Indonesia.


61