Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/66

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


MARAMIS, Mr. A. A.

Dilahirkan di: Menado, Sulawesi Utara pada tanggal 20 Djuni 1897.

Pendidikan: Universitet Leiden tahun 1924

Anggota partai: ---.---

Kedudukan sekarang: Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Dj.erman Barat.

Pekerjaan dan peng-

alaman yang lampau: sejak tahun 1924 - 1948, ia bekerja dalam lapangan kehakiman. Kemudian, setelah Kemerdekaan Indonesia diproklamirkan sejak tahun 1945 - 1949, ia memegang beberapa jabatan antara lain sebagai : Menteri Negara dan kemudian Menteri Keuangan dalam Kabinet Presidentil Sukarno, Kabinet Amir Syarifuddin dan dalam Kabinet Presidentil Drs. Moh. Hatta; Dalam Pemerintahan Darurat Syafruddin Prawiranegara ia diangkat sebagai Menteri Luar Negeri dengan kedudukan di New Delhi. Pada tanggal 1 - 2 - 1950, ia diangkat sebagai Duta Besar R.I. di Manilla. Di samping itu, ia pernah menjadi Wakil Ketua Delegasi Indonesia dalam konferensi Ekonomi di Havana. Pada tanggal 1 - 5 - 1953 ia diangkat sebagai Duta Besar R.I. untuk Djerman Barat. Pergerakan : sejak tahun 1916 - 1949, ia aktif dalam berbagai perhimpunan diantaranya sebagai: anggota ,,Perhimpunan Indonesia" di Negeri Belanda; Sekretaris ,,Persatuan Minahasa" dan anggota Dewan Penasihat ,,Putera", anggota K.N.I. Bagian Politik dan anggota Badan Pekerja K.N.I.P. di Yogyakarta.



LATJUBA, Machmud L.

Pendidikan: Punjab University Pakistan dengan gelar Bachelor of Arts

Anggota partai: Madjelis Sjuro Muslimin Indonesia(MASJUMI)

Dilahirkan di: Una-Una, Sulawesi Tengah pada tanggal 2 Mei 1909

Kedudukan sekarang: Duta Luar Biasa dan Menteri Berkuasa Penuh R.I. untuk Irak dan Iran.

Pekerjaan dan peng-

alaman yang lampau: sebelum perang pasifik pecah, ia bekerja partikelir. Di zaman pendudukan Jepang sebagai Pegawai Tinggi pada pemerintah Jepang di Yogyakarta. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, sebagai Pegawai Tinggi dari Kementerian Dalam Negeri di Yogyakarta. Kemudian dipindahkan pada Kementerian Kemakmuran dan diperbantukan pada Badan Industri Negara sebagai Kepala Bagian Keuangan. Pada bulan Februari 1952, diangkat sebagai Kuasa Usaha Sementara pada Kedutaan Besar R.I. di Karachi, Pakistan, dengan gelar pribadi Duta Luar Biasa dan Menteri B.P. Kemudian, pada bulan Mei 1953, ia diangkat sebagai Duta Luar Biasa dan Menteri Berkuasa Penuh pada Kedutaan R.I. di Teheran (Iran) dan Bagdad (Irak). Sejak tahun 1945-1952 duduk sebagai anggota Badan Pekerja K.N.I. Pusat dan Wakil Ketua B.P. K.N.I. Pusat.

SOEPOMO, Prof. Mr. Dr. Raden.

Dilahirkan di: Sukahardjo, Surakarta pada tanggal 22 Djanuari 1903.

Pendidikan: Rechts-Hogeschool di Jakarta dan Universitet Leiden tahun 1927.

Anggota partai: Persatuan Indonesia Raya (P.I.R.)

Kedudukan sekarang : Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Inggris.

Pekerjaan dan peng- alaman yang lampau : tahun 1930 - 1938 sebagai: Ketua Pengadilan Negeri di Purworejo: Pegawai Tinggi Departemen Justisi merangkap Maha Guru Luar Biasa dalam ilmu hukum adat pada Sekolah Hakim Tinggi di Jakarta. Di zaman perdiuangan ia pernah menjabat Menteri Kehakiman dalam kabinet pertama Negara Kesatuan. Selanjutnya sebagai Maha Guru pada Perguruan Tinggi ,,Gadjah Mada" di Yogyakarta. Dalam perundingan Rum-Rooyen dan Meja Bundar di Negeri Belanda ia menjabat Ketua Delegasi Indonesia untuk panitia ketatanegaraan. Terbentuknja Kabinet R.I.S. dipilih selaku Menteri Kehakiman. Lahirnya Negara R.I. kembali, diangkat sebagai Presiden Universitet Indonesia. Dalam perundingan mengenai Irian Barat dengan Belanda ia diangkat selaku Ketua Delegasi Indonesia. Disamping djabatan²-nja, ia banjak menulis buku² tentang Hukum Adat. Ia memegang peranan penting dalam Panitia Persiapan Kemerdekaan dan dalam merancangkan Undang² Dasar Sementara R.I.S. Pada bulan Djanuari 1954, ia ditunjuk selaku Ketua Delegasi Indonesia di sekitar perundingan penyelesaian soal kontrak G.I.A. dengan K.L.M. Kemudian pada bulan April 1954, diangkat sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh R.I. untuk Inggris.


58