Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/44

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


PRINGGODIGDO, Mr. A.K.png

PRINGGODIGDO, Mr. A.K.

Dilahirkan di : Kasiman, Bodjonegoro pada tanggal 22 Maret 1906.

Pendidikan : Universitet Leiden Bagian Hukum dan Bagian Indologie tahun 1929.

Anggota partai : Partai Sosialis Indonesia (P.S.I.)

Kedudukan sekarang: Direktur Kabinet Presiden.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : tahun 1930 - 1941, ia bekerdja pada Kantor Pusat Statistik. Kemudian pindah ke Departemen Pengadjaran dan Ibadat.

Didjaman Djepang bekerdja pada Kantor Penasehat Drs. Moh. Hatta. Karena ditutupnja kantor tsb., kembali ke Kantor Pusat Statistik. Sedjak tahun 1946 - 1949 sebagai Sekretaris P.M. St. Sjahrir dalam konperensi de Hoge Veluwe Negeri Belanda : Sekretaris Djenderal Kementerian Kemakmuran ; turut dalam Inter Asian Relations Conference New Delhi dan kekonperensi Internasional tentang makanan di Singapore. Sedjak Pebruari 1948 ; Sekretaris Djenderal Delegasi R.I. ke Konperensi Medja Bundar di Negeri Belanda dan Sekretaris Djenderal Panitya Persiapan Nasional. Pada bulan Nopember 1949 - 1953, selaku Sekretaris Djenderal Panitya Persiapan Nasional; Sekretaris Djenderal Perutusan Penjerahan Kedaulatan di Amsterdam, kemudian sebagai Direktur Kabinet Presiden. Disamping itu. selaku Sekretaris Djenderal Uni Indonesia - Belanda; Ketua-Ketua Pa nitya Negara Urusan Organisasi Kementerian , Urusan Statistik dan Urusan Protokol. Ia banjak melahirkan buah pikirannja, dengan bukunja: ,.Verloop der Huishuren in Nederlands Indié - ,,Groei en resultaten van het Coöpe ratiewezen” - ,,Geschiedenis der Ondernemingen van het Mangkunagorosche wezen” - ,,Geschiedenis der Ondernemingen van het Mangkunagorosche Rijk” dan kemudian ..Sedjarah Pergerakan Kemerdekaan Indonesia”.


MARIA ULLFAH SANTOSO, Mr.png

MARIA ULLFAH SANTOSO, Mr.

Dilahirkan di : Banten pada tanggal 18 Agustus 1911.

Pendidikan : Universitet Leiden bagian Fakultet Hukum tahun 1933.

Anggota partai : Partai Sosialis Indonesia (P.S.I.)

Kedudukan sekarang : Sekretaris Perdana Menteri.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

tahun 1934 - 1942 bekerdja pada Dewan Pemerintah Kabupaten Tjirebon : Guru Sekolah Menengah Tinggi Muhammadijah di Djakarta; Pegawai Tinggi Kementerian Kehakiman untuk kemudian pada Kementerian Luar Negeri mendjadi Liaison Officer Pemerintah R.I. Tahun 1946 sebagai Menteri Sosial dalam Kabinet St. Sjahrir. Sedjak tahun 1947 hingga sekarang sebagai Sekretaris Perdana Menteri. Disamping djabatannja. ia mendjadi Ketua Panitya Sensor Film. Bulan Maret 1952, selaku Wakil Ketua Misi Djasa Baik R.I. ke Burma.

Pergerakan : dari tahun 1935 - 1945; anggota perkumpulan ,,Istri Indonesia”; Pengurus Pemberantasan Buta Huruf dari K.P.I. dan Pemimpin Konsultasi Bureau mengenai Hukum Perkawinan dan Waris.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan, turut dalam Kongres Wanita Indonesia di Klaten : Wakil Ketua ,, Kowani”. Pada bulan Agustus 1949 sebagai Sekre taris Umum Badan Kontak dalam Konperensi Wanita Seluruh Indonesia di Jogjakarta, disamping pekerdjaannja sebagai Wakil Ketua Kowani. Tahun 1950 - 1952, sebagai Sekretaris Umum I dalam Kongres Wanita Indonesia dan pada Kongres Wanita Indonesia ke-II di Bandung.


SOERJOADININGRAT, Mr. Abdul Wahab.png

SOERJOADININGRAT, Mr. Abdul Wahab

Dilahirkan di : Djombang pada tanggal 17 Nopember 1912.

Pendidikan : Sekolah Hukum Tinggi di Leiden dan Latihan Pegawai Negeri di Djakarta.

Anggota partai : Persatuan Indonesia Raya (P.I.R.)

Kedudukan sekarang : Sekretaris Dewan Menteri.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

sedjak tahun 1938 - 1941 berturut-turut dalam ke Pamong Pradjaan sebagai : A.I.B. : Wedana Kalangbret dan A.I.B. pada Mantri pulisi Bestuurspolitie Tulungagung : A.W. Algemene Politie bag. P.I.D. dan A.W. Batu, Malang. Waktu pendudukan Djepang, pada Kantor Panitia Pemeriksaan Adat dan Tata-negara Dahulu di Djakarta : Tihoo Itto Syoki, Batu Sontyo dan sebagai Tihoo Yonto Gyooseikan, Malang Si Zyoyaku, merangkap Koosi pada Malang Kootoo Tyugakko. Antara tahun 1945 - 1948, mengadjar ilmu politik pada Sekolah Menengah Tinggi Malang. Berhenti dan dipindahkan ke Kementerian dalam Negeri. Disamping itu sebagai anggota Komisi untuk pemetjahan soal Pemerintahan di Indonesia : Guru istimewa untuk bahasa Djerman & ilmu tatanegara di S.M.T. Purwokerto; ber-turut sebagai Sekretaris Delegasi Indonesia di Jogjakarta.Bulan Djuni 1949 diangkat sebagai Sekretaris Menteri Negara Koordinator Keamanan, merangkap Sekretaris Delegasi Indonesia : Sekretaris Djenderal Delegasi Indonesia dan Sekretaris Panitya Persiapan Nasional. Bulan April 1950 diangkat sebagai Sekretaris Dewan Menteri. Lahirnja Negara R.I.S. kemudian R.I., sebagai Sekretaris Panitya Bersama R.I.S.-R.I., Sekretaris Panitya Negara Chusus untuk menindjau kembali persetudjuan Indonesia-Belanda. Mei 1953, diangkat sebagai anggota Panitya Negara Urusan Protokol.

Pergerakan : tahun 1933 - 1938; anggota ,, Perhimpunan Indonesia” di Ne geri Belanda; tahun 1938 - 1942 sebagai anggota Vereniging van Ambte naren bij den Inlandsen Bestuursdienst dan anggota Perserikatan Pegawai Bestuur ,, Bumiputera”.

86