Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/45

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


ROESLAN ABDULGANI.png

ROESLAN ABDULGANI

Dilahirkan di : Surabaja pada tanggal 24 Nopember 1914.

Pendidikan : H.B.S. 5 tahun dan Kursus Notaris.

Anggota partai : Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)

Kedudukan sekarang: Sekretaris Djenderal Kementerian Luar Negeri.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

setelah tamat H.B.S., ia masuk Europese Kweek sehool. Karena tekanan Pemerintah Hindia Belanda alm. terhadap gerakan Nasionalnja, ia terpaksa meninggalkan bangku sekolah sebelum dapat me namatkannja. Kemudian, mendjadi Guru Sekolah Islamijah dan Sekolah Dagang di Surabaja. Waktu pendudukan Djepang turut gerakan dibawah tanah dan menampakkan diri sebagai Panitya Angkatan Muda disaat Ke merdekaan Indonesia hendak diproklamirkan. Waktu pendaratan tentara Inggeris di Surabaja, duduk sebagai Sekretaris Kontak Bureau menhadapi Inggeris. Disamping itu ia mendjadi Wakil Ketua K.N.I. Daerah. Tahun 1946, ditundjuk selaku Kepala Djawatan Penerangan Propinsi Djawa Timur di Malang. Kemudian diangkat sebagai Sekretaris Djenderal Kementerian Penerangan R.I. Disamping djabatan resmi, ia memangku djabatan Ke hormatan, a.l. dalam Dewan Kehormatan Wartawan, ber-sama dengan Moh. Natsir, Prof. Mr. Dr. Soepomo dan H. Agus Salim. Waktu Sidang Umum P.B.B. di Paris tahun 1951, ia turut dalam delegasi Indonesia selaku anggota. Dalam perundingan mengenai pembubaran Misi Militer Belanda di Indonesia, Maret 1953, diangkat sebagai Ketua Delegasi In donesia. Pada bulan Maret 1954, diangkat sebagai Sekretaris Djenderal Kementerian Luar Negeri. Buah tangannja dikenal a.l. : ,, Penerangan ten tang Penerangan” - ,,Beberapa pasal Demokrasi dan Birokrasi” - ,,Kese nian memerintah dan kesenian menghitung dalam politik di Indonesia” dan .,Beberapa aspek mengenai persoalan pemulihan Keamanan dan soal kewi bawaan Negara”.

Pergerakan : waktu masih sekolah, sebagai Ketua Pedoman Besar ., Indo nesia Muda” menggantikan Soekarni.


SUMARMAN, Mr. R.png

SUMARMAN, Mr. R.

Dilahirkan di : Madiun pada tanggal 18 Mei 1916.

Pendidikan : Rechts-Hogeschool di Djakarta tahun 1942.

Anggota partai : Partai Sosialis Indonesia (P.S.I.)

Kedudukan sekarang : Sekretaris Djenderal Kementerian Dalam Negeri.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

setelah lulus dari Rechts-Hogeschool, ia bekerdja pada Naimubu (Departemen Dalam Negeri) sampai kemerdekaan Indonesia di proklamirkan. Dalam Negara R.I. pernah mendjabat Kepala Bagian Umum dan Pegawai pada Kementerian Dalam Negeri. Kemudian, dalam bulan Desember 1945 diangkat selaku Sekretaris Kementerian tsb. Dengan kepu tusan Presiden pada tanggal 19 Djanuari 1951, ia diangkat sebagai Sekre taris Djenderal Kementerian Dalam Negeri.


HIDAJAT, R.png

HIDAJAT, R.

Dilahirkan di : Tjiandjur pada tanggal 26 Mei 1916.

Pendidikan : K.M.A. (Koninklijk Militair Academie Breda) Negeri Belanda.

Anggota partai : tidak berpartai.

Kedudukan sekarang: Sekretaris Djenderal Kementerian Pertahanan.

Pekerdjaan dan peng alaman jg. lampau :

didjaman pemerintahan Hindia Belanda alm. ia bekerdja sebagai Letnan pada Tentara Hindia Belanda (K.N.I.L.). Kemudian, ia pindah kemaskapai S.C.S. (Semarang Cheribon Stoomtram My). Diwaktu pendudukan Djepang, bekerdja pada Zidosha Siokyoku (Urusan Lalu Lintas Bus) untuk kemudian setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, aktip dalam angkatan bersendjata R.I. sebagai Kolonel, Tentara Nasional Indonesia. Setelah Negara Kesatuan diwudjudkan kembali, sedjak bulan Maret 1952, ia diangkat sebagai Direktur Jajasan Motor Kementerian Perhubungan. Pada tanggal 10 April 1953 diangkat sebagai Sekretaris Djenderal Kementerian Pertahanan.

Pergerakan : Ketua ,,Ikatan Motor Indonesia".