Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/149

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


YAP TJ WAN BING, Drs.

Dilahirkan di : Surakarta pada tanggal 31 Oktober 1910.

Pendidikan : ---

Anggota partai : Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

didjaman pemerintahan Hindia Belanda alm. ia bekerdja sebagai Direktur dari CETIVO (Centraal Textiel voor In-en Werkoop Kantoor), kemudian pada Rumah Obat Suniaradja dan Tjikakak Bandung. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia jang kemudian dengan lahirnja Negara R.I.S., ia diangkat selaku anggota D.P.R. R.I.S. wakil dari Republik Indonesia.

Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I.


YAMIN, Mr. Mohamad

Dilahirkan di : Sawah Lunto pada tanggal 23 Agustus 1903.

Pendidikan : Rechts-Hogeschool di Djakarta tahun 1932.

Anggota partai : tidak berpartai.

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

sedjak tahun 1932 - 1942, bekerdja sebagai Pengatjara dan Procureur di Djakarta. Kemudian. dalam tahun 1988 - 1942, duduk sebagai anggota Volksraad di Djakarta. Waktu pendudukan Djepang sebagai Penasihat Departemen Penerangan di Djakarta.

Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, pada tahun 1949 oleh Pemerintah R.I. ia diangkat selaku Penasihat Negara R.I. dalam Konperensi Medja Bundar di Negeri Belanda. Lahirnja Negara R.I.S. ia duduk sebagai anggota D.P.R. R.I.S. Dalam Misi Diplomatik R.I.S. ke Moskow, selaku anggota. Setelah Negara Kesatuan diwudjudkan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I. Kemudian dinon-aktipkan karena pengangkatannja sebagai Menteri Pendidikan, Pengadjaran dan Kebudajaan dalan Kabinet Mr. Ali Sastroamidjojo. Disamping itu, ia pernah mendjabat Menteri Kehakiman dalam Kabinet Sukiman-Suwirjo, Kabinet ke-XII Negara R.I.

Pergerakan: pada tahun 1926 - 1942, pernah mendjadi Ketua ,,Jong Sumatranen Bond”, ,, Indonesia Muda”, ,, Partai Indonesia” dan ,,Perpindo”. Waktu pendudukan Djepang sebagai anggota Dewan Penasihat ,,Putera”.


YUNAN NASUTION, Mohamad

Dilahirkan di : Batang, Kota Nopan (Tapanuli) pada bulan Nopember 1914.

Pendidikan : Taanawijah-school di Bukittinggi.

Anggota partai : Madjelis Sjuro Muslimin Indonesia (MASJUMI)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

sedjak tahun 1932-1934. bekerdja sebagai Redaktur Persbiro ,,Himalaya” di Bukittinggi dan Redaktur Madjalah ,,Suluh Islam” disamping selaku Ketua P.M.I. Medan. Pada tahun 1926 - 1942 sebagai Redaktur, kemudian Wakil Hopredaktur Mingguan ,, Pedoman Masjarakat” di Medan.

Waktu pendudukan Djepang, sebagai Pemimpin Sidang Pengarang ,,Semangat Islam” Medan.

Setelah proklamasi, sedjak tahun 1946 - 1949 : pertama selaku Redaktur tiarian ,,Mimbar Umum” untuk kemudian sebagai Hopredaktur ,,Islam Berdjoang” di Medan : anggota D.P.R. Sumatera : anggota K.N.I.P. dan anggota Badan Eksekutip Propinsi Sumatera Utara. Lahirnja Negara R.I.S. sebagai anggota D.P. R. R.I.S., wakil dari Republik Indonesia.

Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R.

Pergerakan : sedjak tahun 1932-1942, pernah mendjabat: Groepleider Sarikat Islam afdeling Pandu Pasukan ,,Imam Bondjol” dan Ketua Pemuda Muslimin Indonesia Bukittinggi : Ketua Muhammadijah Medan dan anggota Madjelis Pimpinan Muhammadijah Sumatera Timur dan selaku Ketua Ma sjumi Sumatera Timur.

l37