Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/150

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


WARDI KUSNATALISTRA.png


WARDI KUSNATALISTRA

Dilahirkan di: Bandung pada tanggal 28 Pebruari 1896.

Pendidikan: Sekolah Guru Purwakarta tahun 1919.

Anggota partai: Partai Kominis Indonesia (P.K.I.)

Kedudukan sekarang: Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau:

setelah lulus sekolah, hingga tahun 1925 mendjadi Guru Sekolah Rakjat Tjimahi. Sedjak tahun 1925 - 1932, membuka Sekolah Rakjat Partikelir. Kemudian, antara tahun 1933 - 1942, selaku Guru S.R. .Missie di Bandung dan Guru H.I.S. .Missie di Madjalenhka. Diwaktu pendudukan Djepang hingga Kemerdekaan Indonesia tahun 1947, ber-turut2sebagai: Guru S.R. di Tjisarua dan Kepala S.R. Tjingtjing Bandung.

Disamping itu, duduk pula selaku anggota Badan Pekerdja D.P.R. Kabupaten Bandung. Pada tahun 1948-1950, mendirikan Jajasan Pendidikan Umum di Bandung jang terdiri dari Sekolah Rakjat, Sekolah Menengah, dan Sekolah Menengah Atas.

Lahirnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I.


WIBISONO, Mr. Jusuf.png


WIBISONO, Mr. Jusuf

Dilahirkan di: Magelang pada tanggal 28 Pebruari 1909.

Pendidikan: Rechte-Hogeschool di Djakarta.

Anggota partai: Madjelis Sjuro Muslimln Indonesia (MASJUMI)

Kedudukan sekarang: Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau:

sedjak tabun 1937 hingga 1942, ia bekerdja pada Departement Economische Zaken Afdeling Nijverbeid dan Centraal Kantoor van de Statistiek, disamping meneruskan peladjarannja pada Reehts-Hoseschool.

Pada waktu pendudukan Djepang, pada tahun 1942-1945 ia bekerdja sebagai Djaksa Ekonomi pada Kedjaksaan, Pengadilan Negeri di Djakarta. Sesudah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, sedjak bulan Nopember 1945-Oktober 1949, mendjadi anggota, kemudian Wakil Ketua Badan Pekerdja K.N.I.P.

Pada bulan Oktober 1946-1947, sebagai Menteri Kemakmuran dalam Kabinet Parlementer St. Sjahrir ke-III, Kabinet ke-IV Negara Kesatuan. Kemudian, pada bulan Maret 1948-1949, sebagai Direktur Banking and Trading Corporation di Jogjakarta.

Lahirnja Negara R.I.S., sebagai anggota D.P.R. R.I.S. Pernah turut selaku anggota Misi Diplomatik R.I.S. ke Moskow (U.S.S.R.), Terbentuknja Kabinet Sukiman-Suwirjo, terpilih selaku Menteri Keuangan Kabinet ke XII Negara Kesatuan R.I. disamping djabatannja selaku anggota D.P.R. R.I.

Pergerakan: diwaktu pemerintahan Hindia Belanda alm., ia turut aktip dalam ,,Jong Islamleten Bond", Studenten Islam Studieclub" dan selaku Redaktur dari Madjalah ,,Het Licht", ,,Moslims Reveil" dan jang terachir sedjak bulan April 1960, sebagai Redaktur ,,Mimbar Indonesia".


YATIM JACIN, Mohamad.png


YATIM JACIN, Mohamad

Dilahirkan di: Sabang, Sumatera-Utarapada tanggal 17 April 1921.

Pendidikan: ---

Anggota partai: Madjelis Sjuro Muslimln Indonesia (MASJUMI)

Kedudukan sekarang: Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau:

sedjak tahun 1939-1942, ber-turut2 bekerdja sebagai Djurutulis Haminte (Stadsfonds) di Sabang. Diwaktu pendudukan Djepang selaku Djuru Uang pada Kantor Pemerintah Gunselbu di Sabang. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ber-turut2 selaku Dfuru Uang pada Keuangan pada Kantor Pemerintah Belanda di Sabang. Lahirnja Negara R.I.S., diangkat selaku anggota D.P.R. R.I.S. wakll dari Pulau Weh, Sabang.

Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I.

138