Halaman:Garuda Perdamaian (Garuda Indonesia, 1957).pdf/141

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


Indonesian and Israeli officers talking, Garuda Perdamaian, p127.jpg

Wakil Komandan Bn. dan Perwira Israel sedang bertjakap2 didekat perbatasan.

ini dipergunakan selama perdjalanan di-dessert), tenda-tenda, vergassers (karena tiap outpost batalion menjelenggarakan makannja sendiri).

Setelah lebih kurang 10 hari kita berada di Shandura dan dalam pada itu Djendral Burns telah menindjau dan inspeksi pasukan, maka tibalah perintah, bahwa satu kompi ialah kompi „A” diperintahkan mengganti tugas Denen didaerah Sinai. Setelah perintah tersebut, berturut-turut tugas chec-post, pendjagaan H.Q. UNEF, post Abu Suweir dan lain sebagainja diberikan kepada batalion kita.

Mengenai keadaan tugas pada umumnja tiadalah berat dan lain sekali sifatnja dengan di G.B.N. ataupun di Djawa Barat.

Seperti tentunja saudara djuga maklum, bahwa kita bukannja dimaksud untuk bertempur. Bahkan djustru kebalikannja, berusaha mentjegah dan djangan sampai terdjadi pertempuran/pertumpahan darah lagi didaerah ini.

Jang agak berat buat pertama kali ialah menghadapi dingin. Tempat tugas dipadang pasir ini lebih dingin lagi dari Shandura, ditambah adanja angin kentjang jang mendingin. Kadang-kadang dinginnja sampai mendekati nul deradjat, hingga air mendjadi beku dan kalau hudjan bertjampur dengan es. Tetapi di Mesir djarang-djarang terdapat hudjan dan kalau ada hanja sebentar-sebentar dan tidak deras.

137