Halaman:Garuda Perdamaian (Garuda Indonesia, 1957).pdf/119

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


mengadakan serangan-serangan kebenua Eropa dan dapat dipergunakan sebagai pangkalan untuk mendjamin perhubungan laut, darat dan udara kedaerah Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Dengan berachirnja perang Dunia ke II, lnggris sangat chawatir, karena melihat tanda-tanda adanja usaha Rusia untuk menerobos kedaerah itu, terutama melalui Iran Utara jang kaja sumber-sumber minjak. Di Iran Utara, ketjuali terdapat sumber-sumber minjak (daerah Azerbaijsan dan Kurdistan) penting sekali artinja bagi strategie militer. Iran menghubungkan teluk Persia dan laut Kaspia (Rusia), diaerah itu terdapat djalan-djalan besar dan djalan-djalan kereta api Basra-Bagdad-Mussul-Abadan-Khranskahr-Teheran-Tibris Rusia.

Apabila daerah itu ada dibawah pengaruh Rusia, maka itu berarti ia berangsur-angsuq akan dapat menguasai Iran sepenuhnja dan jang akan berarti tertjapainja politik air hangat dalam menembus kelaut Hindia dan dapat menguasai daerah jang kaja minjak jang penting untuk peperangan modern. Waktu perang Dunia ke II berketjamuk, melalui djalan-djalan tersebut diataslah Rusia menerima bantuan USA untuk menahan tentara Djerman jang djuga menjerbu menudju daerah itu.

Dengan demikian, maka usaha untuk tetap menanamkan pengaruhnja di Timur Tengah adalah penting sekali, baik bagi lnggris sendiri maupun sekutunja Amerika Serikat. Karenanja baik bangsa Jahudi maupun bangsa Arab harus dapat didjadikan kawan. Jahudi karena besar pengaruhnja didunia (orang-orang Jahudi adalah kaja-kaja, terutama di Amerika Serikat), dan bangsa Arab karena tanpa bangsa Arab jang 40 djuta, Timur Tengah akan sukar dapat dipertahankan. Karenanja sikap Inggris jang paling mudah meninggalkan Palestina jakni bersikap tjutji tangan terhadap masalah jang ditimbulkan. Penarikan pasukan lnggris dari Palestina, dengan langsung memberi kemungkinan bangsa Jahudi untuk bertindak memproklamasikan berdirinja Republik Israel. Sikap tjutji tangan selain untuk menundjukkan kepada bangsa Arab bahwa Inggris tidak menjetudjui putusan U.N.O., sebenarnja mengandung maksud-maksud jang tertentu.

Dengan timbulnja negara Israel jang kuat, maka akan terdapat keseimbangan kekuatan di Timur Tengah, jakni antara Israel dan

115