Halaman:Garuda Perdamaian (Garuda Indonesia, 1957).pdf/118

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


terusan itu sendiri. Achirnja tentara Inggris meninggalkan Suez bulan Djuni 1955. Selain itu Mesir mendjalankan politik pembangunan untuk membangun Mesir Baru, Mesir bertudjuan membebaskan rakjat dari sisa-sisa feodalisme, pemerasan dan korupsi. Untuk maksud tersebut Nasser mendjalankan politik diatas persatuan rakjat dengan semangat jang berkobar-kobar dan, tidak menghiraukan reaksi-reaksi negara Jain. Nasser berdjalan terus dengan berpedoman bekerdja demi kebebasan Mesir dari kekuasuan asing dan demi kemakmuran dan kedjajaan Bangsa seluruhnja.

Setelah melihat politik Mesir, maka apabila kita tindjau dari pergolakan nasionalis Mesir, maka nasionalisasi terusan Suez achir-achir ini, walaupun sebab-sebab jang langsung dari tindakan Nasser itu lain (karena pembatalan bantuan untuk pembuatan dan Aswan oleh Inggris-Amerika), sebenarnja hanja merupakan tindakan kelandjutan dalam usaha Mesir untuk menjempurnakan kedaulatan negaranja,

Selandjutnja Nasionalisme Arab jang dipelopori oleh Mesir bertumbukan dengan adanja anasir luar negeri jang berketjamuk di Timur Tengah. Anasir itu ialah adanja pertentangan antara Blok Eropa Timur dengan Blok Eropa Barat, jang berebutan berusaha menanamkan pengaruhnja didaerah itu. Hal itu disebabkan oleh karena daerah tersebut penting sekali artinja dipandang dari strategie militer dan kekajaan persediaan minjaknja. Dalam rangka usaha pertahanan dari kedua Blok itu, negara-negara Arab mendjalankah po1itik sendiri-sendiri. Ada jang bersikap netral dan ada jang terang-terangan telah mengikatkan diri pada suatu blok pertahanan, sehingga gerak nasionalisme Arab tidak dapat berdjalan dengan wadjar.

5. Pertahanan di Timur Tengah dalam

rangka Pertentangan dua blok.

Dimuka telah kami kemukakan, bahwa dengan adanja pertentangan antara Blok Barat dan Blok Timur, maka menempatkan Timur Tengah dalam kedudukan jang penting bagi pertjaturan politik, Hal itu karena letak geografisnja dan kekajaan minjaknja.

Geografis letak Timur Tengah sangat penting, karena sebagai urat nadi lalu-lintas dunia baik djalan melalui lautan, darat maupun udara. Timur Tengah dapat digunakan sebagai batu lontjatan untuk

114