Halaman:Apakah Batjaan Tjabul.pdf/6

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi

Kata Pembuka Diskusi

Mr. J.C.T Simorangkir (Ketua Pengurus OPI)

Saudara2 sekalian dan hadirin jang terhormat, atas nama Pengurus Organisasi Pengarang Indonesia, kami utjapkan selamat datang dan terima kasih, karena saudara2 telah suka memenuhi undangan kami untuk turut menghadiri malam pertemuan, malam diskusi ini.

Pokok pembitjaraan atau pokok perdebatan malam hari ini, oleh Pengurus O.P.I. dilihat dari dua sudut.

Sudut jang pertama ialah, keadaan masjarakat Indonesia pada dewasa ini adalah sedemikian rupa, sehingga perlu kiranja dirumuskan batas2 tentang apa jang dinamakan batjaan atau buku2 tjabul, dan O.P.I. sebagai suatu organisasi pengarang jang timbul dan tumbuh dalam masjarakat Indonesia, bersama ini hendak turut serta menjumbangkan tenaganja bagi masjarakat tersebut. Memang dari fihak resmi pun O.P.L sudah dimintai bantuannja dalam hal tersebut ini.

Sudut jang kedua ialah, sudah tiba saatnja untuk O.P.I. sendiri menentukan dengan tegas, siapakah jang dapat mendjadi anggotanja dan siapa jang tidak, sebab O.P.I. menolak mentah2 tiap2 permintaan dari siapapun jang menamakan dirinja pengarang batjaan tjabul.

Berdasarkan alasan2 diatas, Pengurus memberanikan diri untuk menjelenggarakan malam pertemuan ini; dan dari tempat ini saja atas nama Pengurus O.P.I. menjampaikan terima kasih, terutama terima kasih kepada Saudara Mr. St. Takdir Alisjahbana sebagai pembitjara pertama, Saudara2 Hamka dan Gajus