Halaman:ADH 0013 A. Damhoeri - Segumpal Emas Dibawah Kakiku.pdf/69

Dari Wikisumber bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi

- 64 -

Semangat Nasional

Sebagai suku bangsa-bangsa lainnya di Indonesia penduduk Kalimantan Barat juga mempunyai semangat nasional yang cukup tinggi. Mereka mencintai daerahnya dan menjunjung tinggi tanah airnya, Indonesia. Dalam masa pemerintahan jajahan Belanda kesadaran nasional sudah tumbuh dengan masuknya perkumpulan politik ke daerah ini seperti Sarekat Islam.

Muhammadiyah berkembang dengan pesat di daerah ini yang dikembangkan oleh pendatang-pendatang dari Sumatera Barat.

Pada masa Jepang mulai mencengkamkan kakinya di Kalimantan Barat masih terdapat tiga belas buah organisasi massa yang berpengaruh dalam kalangan rakyat. Jepang melarang perkumpulan yang ber sifat politik. Ketiga belas organisasi itu melebur diri ke dalam sebuah organisasi yang di anjutkan oleh Jepang yang bernama: ' Nissinkai'. Tetapi melihat gerak geriknya, sepak terjangnya, Jepang mencurigai pula organisasi ini. Akhirnya di bubarkan pula.

Pemimpin-pemimpin rakyat berusaha membelokkan tujuan Nissinkai itu dari dibentuk oleh Jepang untuk menikam Jepang itu sendiri dari belakang. Tetapi karena adanya ayam berbulu musang rahasia itu diketahui juga oleh mereka. Dan akibatnya sungguh keji dan kejam sekali. Jepang melakukan penangkapan penangkapan, penahanan-penahanan dan akhirnya pembunuhan-pembunuhan di seluruh Kalimantan Barat. Tak peduli apa saja kedudukan tokoh itu.