Halaman:ADH 0013 A. Damhoeri - Segumpal Emas Dibawah Kakiku.pdf/50

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ada masalah saat menguji baca halaman ini

47

pai paling tinggi oleh bangsa Indonesia pada masa itu

Selama pendudukan Jepang beliau hidup sebagai penduduk desa biasa di Gentan, dekat Kali Urang sebagai sudah di terangkan diatas tadi.

Pada tanggal 5 Oktober 1945 dibentuklah T.K.R dengan beliau sebagai pendirinya yang pertama. Dua bulan kemudian Jenderal Sudirman diangkat menjadi Panglima Besar. Jenderal Urip dan Jenderal Sudirman dianggap dua orang pembangun Angkatan Bersenjata di tanah air kita. Beliau meninggal di Jogyakarta tanggal 7 Nopember 1948 dan di makamkan di makam Pahlawan semaki, Jaogayakarta

Peristiwa Lengkong.

Di pinggir sungai Cisadane yang hulunya ber ada di gunung Salak dekat Bogor terdapat sebuah per kebunan karet. Kebun karet itu bernama Lengkong. Daerah itu termasuk daerah Serpong.

Pada waktu itu di perkebunan karet itu ter dapat satu kesatuan tentara Jepang yang di jaga oleh satu pleton tentara.

Dalam bulan Nopember 1945,- ada yang menerangkan pembukaannya tanggal 5 Nopember dan ada pula yang mengatakan tanggal 18 Nopember,- telah dibuka Akademi Militer Tangerang. Sekolah perwira militer ini di ketuai oleh Mayor Daan Mogot. Beberapa orang pelatihnya tersebutlah nama nama: Islam Salim, Tommy, [...]e Mokhtar, Yopie Bolang dan lain-lain.

Mayor Daan Mogot bergabung dalam Resimen Ta-