Bantuan:Nomor halaman

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nomor Halaman

Dokumentasi untuk menggunakan penomoran halaman di Wikisource.

Gambaran Umum[sunting]

Transkrip Wikisource menghilangkan angka pada atas atau bawah dari halaman (misal pada karya cetak), menghindari perlunya menggunakan pemutus-halaman pada teks.

Nomor halaman terpisah dari halaman tubuh teks Wikisource. Ketika Uji-baca halaman pada halaman Ruangnama, nomor halaman harus dimasukkan ke bagian kop dan kaki. Mereka akan terlihat pada halaman ruangnama, dengan isi scan halaman yang lengkap, tetapi tidak akan ditampilkan di halaman utama.

Namun, nomor halaman harus disertakan dalam bidang halaman Halaman indeks dari karya yang sedang ditranskripsi. Nomor halaman yang digunakan di sini akan terlihat di ruang nama utama sebagai tautan yang mengambang di sisi kiri teks menggunakan kode di Mediawiki:PageNumbers.js. Tautan ini menyorot halaman yang sesuai saat diarahkan, dan akan menautkan ke pemindaian halaman asli di ruangnama Halaman. Oleh karena itu, semua nomor halaman yang digunakan di halaman Indeks harus sesuai dengan penomoran halaman aslinya.

Nomor Halaman pada Indeks ruangnama[sunting]

See Multilingual Wikisource

Bidang halaman dari template halaman Index biasanya diisi dengan perintah <pagelist />. Daftar halaman akan otomatis mendaftar semua halaman dalam dokumen yang sudah dipindai (biasanya dokumen DjVu atau PDF). perintah ini dapat termasuk sebuah daftar parameter untuk menghasilkan sebuah daftar halaman penuh yang selalu memproduksi nomor halaman dari dokumen original.

Mengatur nomor halaman[sunting]

Cara termudah untuk menggunakan daftar isi adalah dengan mengatus nomor halaman. ini biasanya dilakukan untuk mengatur halaman bernomor awal pada teks. Parameternya adalah A=B, dimana Aadalah halaman dari dokumen asli yang dipindai dan B adalah nomor halaman yang ingin ditampilkan. Nomor halaman akan berlanjut dari nomor yang sudah ditentukan

Misalnya, jika halaman dalam hasil pindaian dengan nomor halaman 1 adalah halaman kesepuluh dari pemindaian, perintahnya adalah <pagelist 10=1 />. Ini diperlukan karena pekerjaan yang dipindai jarang dimulai pada halaman bernomor "1". Penomoran halaman akan dilanjutkan secara berurutan setelah halaman ditetapkan menjadi 1, sehingga halaman kesebelas hasil scan akan diberi nomor 2, halaman kedua belas akan diberi nomor 3, dst.

Halaman tidak wajib diatur dalam angka. Contoh dari halaman bukan angka adalah <pagelist 7="Judul" />, yang mana akan menggunakan kata "Judul" untuk halaman ke 7 yang dipindai.

Nomor halaman non-numerik yang disertakan dengan cara ini harus diapit dengan tanda kutip (" ").

Karakter tertentu tidak dapat disertakan, misalnya [, ], [[, ]], {{, }}, {, }, (, ), ., ', antara lain karena ini dapat dikacaukan oleh markup wiki, atau dengan sintaks internal yang digunakan dalam konstruksi penomoran halaman ditampilkan di sebelah teks yang ditransklusikan.

Sangat disarankan untuk tidak menggunakan kata yang panjang (atau yang mengandung spasi) untuk nomor halaman non-numerik, karena ini mungkin akan tumpang tindih dengan teks utama dalam tata letak tertentu.

Jika memberikan serangkaian nilai untuk A=B, definisi harus diberikan (bersama dengan yang di bawah) dalam urutan menaik. Definisi yang tidak sesuai permintaan berpotensi untuk tidak diproses secara andal.

Mengatur Rentang Halaman[sunting]

Rentang halaman dapat digunakan sebagai ganti halaman individual. Parameternya adalah AsampaiB=C, di mana A adalah awal rentang dalam dokumen yang dipindai, B adalah akhir rentang dan C adalah nomor halaman yang diinginkan.

Misal, parameter <pagelist 1to9=- /> akan tayang halaman satu hingga sembilan pada daftar isi ( For example, the parameter <pagelist 1to9=- /> will display the first nine pages of the page list (sesuai dengan sembilan halaman pertama dari dokumen yang dipindai) sebagai tanda hubung ("-").

Mengatur gaya tulisan[sunting]

Penomoran halaman dapat diatur ke salah satu dari beberapa gaya. Jika tidak ada gaya yang diatur, tampilan akan secara otomatis menjadi angka arab (mis. 1, 2, 3, dll). Ini digunakan dengan metode penomoran halaman (atau penamaan halaman) seperti yang dijelaskan. Untuk menyetel halaman individual, gunakan A=style; untuk mengatur rentang halaman, gunakan AsampaiB=style.

Misalnya, untuk menampilkan halaman 10 hingga 20 dalam angka romawi huruf kecil (yang umum untuk materi depan dalam beberapa karya, kode yang akan digunakan adalah 10to20=roman ).

Gaya huruf daftar isi
Gaya Efek
roman Menampilkan angka sebagai angka romawi huruf kecil (mis. i, ii, iii, dll)
highroman Menampilkan angka sebagai angka romawi huruf besar (mis. i, ii, iii, dll)
empty Menampilkan nomor halaman sebagai tidak terhubung. Jangan gunakan gaya ini. Sebagai gantinya, setel status halaman ke Tanpa teks.
folio Menghitung setiap daun (folio) alih-alih halaman. Sisi depan daun diberi label r untuk "recto", sisi belakang v untuk "verso". Jadi 1to4=folio menghasilkan: 1r 1v 2r 2v
folioroman mirip folio, tapi dengan angka romawi huruf kecil (ir iv iir iiv)
foliohighroman mirip folio, tapi dengan angka romawi huruf besar (Ir Iv IIr IIv)

Kombinasi[sunting]

Beberapa parameter dapat digabungkan dalam daftar halaman dengan memasukkannya secara berurutan. Akan sangat membantu, dengan membuat perintah lebih jelas dan lebih mudah dibaca, untuk memiliki setiap parameter pada baris yang berbeda:

Parameter harus diberikan dalam urutan menaik dari nomor halaman yang ditentukan.

Contoh 1
<pagelist 1to9=- 10=1 10to20=roman 21=1 />
Contoh 2
<pagelist
1to9=-
10=1
10to20=roman
21=1
/>

Halaman tak bernomor[sunting]

Halaman yang tidak memiliki nomor halaman yang dicetak (baik pada halaman atau dengan kesimpulan dari urutan halaman lain) masih memerlukan beberapa penomoran atau simbol dalam daftar halaman, strip (-) atau en-dash(–) biasanya digunakan untuk tandai halaman tanpa konten di dalamnya. Jika tidak ada nomor atau simbol yang diberikan, penomoran dari halaman sebelumnya akan dilanjutkan ke halaman yang tidak diberi nomor (atau akan dimulai dari 1 jika tidak ada urutan sebelumnya yang sesuai).


Alat[sunting]

Ada alat untuk membantu mengimpor daftar halaman dari sumber seperti Internet Archive dan Hathi Trust: lihat Halaman Bantuan:Gadget-ImportPagelist.

Nomor halaman pada ruangnama Halaman[sunting]

Saat menyalin halaman di ruangnama Halaman, nomor halaman dan detail serupa harus ditranskripsikan ke kop atau kaki. Nomor halaman di bagian atas halaman harus ditranskripsikan ke dalam kop; nomor halaman di bagian bawah halaman harus ditranskripsikan di kaki halaman. Ini memastikan bahwa semua teks ditranskripsi dan dapat dilihat di ruangnama Halaman tetapi tidak akan ditranskripsikan ke dalam ruangnama utama.

Nomor halaman tidak boleh ditranskripsikan ke jendela utama. Teks di jendela utama akan ditransklusikan di ruangnama utama, di mana nomor halaman tidak akan muncul (kecuali tautan halaman mengambang yang dihasilkan oleh sistem).

Penyeragaman Format[sunting]

Teknik pemformatan standar dan templat dapat digunakan untuk memformat nomor halaman dan beberapa templat khusus ada untuk membuatnya lebih mudah.

Jika nomor halaman ada di sisi kiri halaman, bisa dibiarkan begitu saja. Nomor halaman di tengah dapat dibuat dengan template {{center}}. Nomor halaman di sisi kanan halaman dapat diposisikan dengan template {{right}}.

Misal:

pg. 1
{{center|352}}
{{right|iv.}}

pg. 1

352

iv.

Dalam beberapa kasus, biasanya kop, nomor halaman digabungkan dengan elemen lain seperti judul bab, nomor bab, tanggal dan detail lainnya. Seringkali ini mengikuti pola item di sebelah kiri, di tengah dan/atau di sebelah kanan. Format ini dapat menggunakan template {{RunningHeader}} (disingkat {{rh}}).

Umumnya menggunakan templat ini: {{RunningHeader| left | center | right }}.

Misal:

{{RunningHeader|ii.|Introduction.}}
{{RunningHeader||The Final Chapter|240}}
{{rh|Smith, J|Paper title|123}}

ii.

Introduction.

The Final Chapter

240

Smith, J

Paper title

123

Perhatikan penggunaan versi templat yang disingkat pada contoh terakhir.

Efek lain dapat dikombinasikan untuk meniru versi cetak sebanyak mungkin. Misalnya, header berjalan dengan efek teks tambahan dan aturan horizontal penuh dapat dibuat seperti ini:

{{RunningHeader||''{{sp|PREFACE}}''|{{smaller|xiv.}}}}{{rule}}

PREFACE

xiv.


5 Entri kop seperti muncul pada beberapa karya (terutama Kamus) dapat diwakili dengan Templat:Rh/5

{{rh/5|5|Aa|Aturan kamus|Aa|6}}

Templat:Rh/5


{{rh/5|2|{{sc|Ch.}} 2.|''Undang-undang Tentara'', 1896.||59 {{sc|Vict.}}}}

Templat:Rh/5

Nomor halaman pada ruangnama Utama[sunting]

Transklusi[sunting]

Nomor halaman ditampilkan di ruangnama utama ketika karya Transklusi dari Indeks dan ruangnama Halaman. Nomor halaman ini muncul sebagai tautan yang mengambang di sebelah kiri teks, di dekat bagian teks yang sesuai dengan setiap halaman. Angka atau simbol yang digunakan untuk tautan berasal dari daftar halaman di halaman Indeks.

Sebagai analogi, transklusi ini semacam menjahit Indeks dan ruangnama Halaman yang sebelumnya sudah dikerjakan dengan Uji-baca.

Nomor halaman ini memiliki fungsi tambahan berikut:

  • Sorot teks: Saat penunjuk tetikus diarahkan ke nomor halaman, teks yang berasal dari halaman terkait akan disorot.
  • Tautan ke sumber: Setiap nomor halaman adalah tautan wiki ke halaman terkait di ruangnama Halaman.
  • Jangkar: Setiap nomor halaman bertindak sebagai jangkar tautan, sehingga html dan wikilink dapat dibuat untuk melompat ke halaman tertentu dalam teks yang ditransklusikan. Misalnya, halaman "12" dari teks di "Buku Saya" dapat ditautkan melalui [[Buku Saya#12]].

Peringatan keras[sunting]

Nomor halaman tidak boleh dimasukkan langsung ke dalam teks di ruang nama utama, sama seperti nomor tersebut tidak boleh dimasukkan ke badan teks di ruang nama Halaman. Jika nomor halaman telah disertakan, nomor tersebut harus dihapus atau halaman harus diberi tag dengan {{numbers}} untuk memperingatkan pengguna lain bahwa nomor tersebut perlu dihapus.