Wikisumber:Kompetisi Wikisource 2023/Peserta, aturan, dan hadiah

Dari Wikisumber bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kompetisi Wikisource 2023

Tertarik berpartisipasi dalam Kompetisi Wikisource 2023? Silakan baca persyaratannya di bawah ini!

(Pengecualian diberikan kepada calon peserta tertentu.)

Aturan umum[sunting]

Sebelum memulai, harap membaca Syarat dan Ketentuan berikut ini dengan saksama.

  1. Kompetisi Wikisource 2023 berlangsung pada 16 Mei 2023, 00:00 UTC (07:00 WIB/08:00 WITA/09:00 WIT) s.d. 31 Mei 2023, 00:00 UTC (07:00 WIB/08:00 WITA/09:00 WIT).
    • Hanya suntingan yang dibuat dalam rentang waktu di atas yang akan dihitung. Suntingan yang dibuat sebelum dan sesudah tanggal tertera di atas tidak akan dihitung oleh panitia.
    • Hitungan jumlah kontribusi setiap peserta akan dilakukan secara otomatis melalui perkakas WSContest.
    • Peserta dapat melihat jumlah kontribusi masing-masing di halaman Klasemen Buku-Buku Kompetisi.
  2. Peserta harus memiliki akun di proyek-proyek Wikimedia baik (Wikipedia, Wikisumber, Wikibooks, Wikidata, Wikinews, Wikimedia Commons, Wikiquote, Wikispecies, Wikiversity, Wikivoyage, Wiktionary, maupun Meta-Wiki) dan sudah menjadi kontributor minimal salah satu dari proyek-proyek Wikimedia.
    • Apabila telah memiliki akun, bisa masuk log melalui pranala ini.
    • Apabila Anda pernah memenangkan salah satu hadiah utama kompetisi yang diselenggarakan Wikimedia dalam 3 tahun terakhir, Anda masih bisa mengikuti kompetisi ini, tetapi tidak bisa memperoleh hadiah utama. Lihat pula #Pengecualian peserta di bawah.
    • Peserta dilarang membuat dan berpartisipasi dengan akun baru yang belum pernah berkontribusi di mana pun sebelum tanggal 1 Mei 2023.
    • Peserta wajib membubuhkan templat {{Peserta Kompetisi Wikisource 2023}} di halaman pengguna Anda .
  3. Peserta harus mendaftar terlebih dahulu melalui borang berikut: Pendaftaran
    • Hanya peserta terdaftar di borang dan mengisi seluruh informasi dengan lengkap yang diperbolehkan mengikuti kompetisi
    • Apabila Anda memasukkan data yang salah, Anda diperbolehkan mengisi ulang borang pendaftaran.
    • Pendaftaran peserta dibuka hingga tanggal 31 Mei 2023, 00:00 UTC (07:00 WIB/08:00 WITA/09:00 WIT). Peserta yang belum terdaftar hingga tanggal tersebut, dianggap tidak mengikuti Kompetisi, walaupun telah menguji baca halaman-halaman Wikisumber.
  4. Buka halaman indeks buku di halaman ini. Klik halaman indeks buku yang akan diuji-baca.
    • Nomor halaman yang berwarna merah menandakan bahwa teks dalam halaman tersebut perlu diuji-baca. Peserta diharapkan mencari halaman seperti ini untuk dikerjakan.
    • Nomor halaman yang berwarna kuning menandakan bahwa teks dalam halaman tersebut telah diuji-baca dan siap divalidasi oleh peserta lain.
    • Nomor halaman yang berwarna hijau menandakan bahwa teks dalam halaman tersebut telah divalidasi. Peserta lain tidak perlu menyunting lagi halaman-halaman seperti ini.
    • Tata cara melakukan uji-baca dan validasi halaman dapat dilihat di #Status halaman di bawah.
    • Jika Anda belum familiar dengan cara kerja Wikisource/Wikisumber, silakan simak halaman bantuan wikisource atau PPT Lokakarya Wikisource kompetisi wikisource
  5. PERHATIKAN bahwa panitia akan memberikan buku-buku lain (tambahan) apabila semua buku telah selesai diselaraskan oleh para peserta Kompetisi Wikisource 2023. Oleh karena itu, selalu pantau halaman ini untuk mengetahui daftar buku terbaru.
    • Panitia telah menyiapkan 4x jumlah buku awal. Buku akan ditambahkan apabila sekitar 90% dari total halaman buku-buku telah selesai dikerjakan.
  6. Setiap peserta diharapkan selalu aktif menyunting halaman-halaman buku selama mengikuti Kompetisi WIkisource 2023.
  7. Setiap peserta wajib menaati Kebijakan Ruang Ramah Acara dalam berkomunikasi dengan sesama peserta di wiki, di grup WA, dan/atau dengan panitia kompetisi.
    • Peserta diharapkan dapat berkontribusi dengan baik selama kompetisi berlangsung. Panitia berhak mengambil tindakan pada peserta yang melakukan tindakan curang, seperti menggunakan bot, menghapus kontribusi pengguna lain tanpa alasan yang dapat diterima, dan tindakan sejenis yang menyebabkan kerugian bagi panitia, peserta, dan pengguna Wikisumber lain.
  8. Aturan di sini dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk hal ini, panitia akan menghubungi para peserta yang mengikuti Kompetisi Wikisource 2023 melalui halaman pembicaraan mereka masing-masing.

Apabila memerlukan bantuan, hubungi panitia di sini.

Status halaman[sunting]

Jalur validasi pengujibacaan meliputi lima tingkat:

Tanpa naskah
halaman kosong Belum diuji-baca Telah diuji-baca Telah divalidasi
↘ → Bermasalah

Tiga yang pertama merupakan status normal:

  • Belum diuji baca merupakan status standar.
    1. Ketika Anda menyunting sebuah halaman baru, maka status baku (default) ketika Anda menyimpan halaman adalah "Belum diuji-baca" (merah). Anda tidak akan mendapat poin jika Anda menyimpan dengan status ini.
  • Telah diuji baca berarti telah diuji-baca oleh satu kontributor.
    1. Jika Anda sudah menguji baca halaman tersebut dengan memperhatikan tampilannya supaya tidak berantakan, Anda dapat menyimpannya dengan status "Telah diuji-baca" (kuning). Anda akan mendapat poin +3 . Dalam status ini, kesalahan kata-kata masih diperbolehkan dalam jumlah sedikit, tetapi tampilan tidak boleh berantakan. Jika terlalu banyak kesalahan kata-kata yang tampak jelas maka status juga bisa diturunkan menjadi merah lagi oleh panitia.
    2. Uji baca yang dinilai: Tampilan secara keseluruhan sudah rapi, rata tengah/rata kanan sesuai, baris-baris puisi diapit dengan kode HTML "poem", penggunaan tabel di mana perlu, penggunaan poin-poin penomoran (numbered list) maupun tidak bernomor (bullet list), kata yang terpotong dengan tanda hubung ke baris berikutnya disatukan kembali.
  • Tervalidasi berarti telah diuji-baca oleh dua kontributor. Tombolnya hanya akan muncul hanya jika halaman tersebut telah diuji-baca sebelumnya oleh kontributor lain.
    1. Jika seorang peserta (A) sudah menguji-baca, maka peserta lain (B) bisa meningkatkan statusnya menjadi "Tervalidasi" (hijau), dengan syarat halaman tersebut sudah tidak ada kesalahan lain dari segi tampilan maupun kata-katanya. Anda akan mendapat poin +1 untuk buku Latin. Jika masih ada kesalahan dalam jumlah banyak maka status juga bisa diturunkan menjadi kuning oleh panitia.
    2. Paragraf yang menjorok ke dalam: atau (hanging indent): Dalam kompetisi ini, penguji-baca tidak perlu memasukkan templat {{Hii}} (untuk menjorokkan paragraf).

Sebagai tambahan,

  • Tanpa teks adalah untuk halaman kosong, atau halaman lain yang tidak memerlukan uji-baca ganda.
    1. Peserta dianjurkan melompati halaman kosong atau simpan dengan status abu-abu.
    2. Halaman-halaman kosong dengan cap atau penanda dari perpustakaan (mis. kartu peminjaman buku) atau tanda-tanda lainnya yang tidak memiliki kepentingan tinggi (mis. coret-coretan tidak jelas), dapat dianggap sebagai halaman kosong.
  • Bermasalah menandakan adanya suatu masalah, misalnya ada karakter yang tidak bisa diketik, ada gambar, sumber gambar blur/tidak jelas, terpotong, atau rusak, dll..
    1. Peserta dianjurkan melompati halaman rusak atau bermasalah, atau simpan dengan status bermasalah. Panitia akan memeriksa halaman tersebut dan mengupayakan untuk memperbaikinya.

Anda akan menemukan tombol terkait untuk menandakan apa yang telah Anda lakukan di bawah kotak suntingan seperti berikut ini jika ada kontributor yang telah menguji-baca suatu halaman:

Lima Tombol

atau seperti ini jika hanya Anda yang menguji-baca suatu halaman dan harus divalidasi oleh kontributor lain:

Empat tombol

Peraturan kompetisi terkait status halaman
  1. Peserta hanya diperbolehkan menyimpan halaman dari status apa pun selain hijau ke kuning, dan dari kuning ke merah. Peserta dilarang menurunkan status hijau dan kuning ke status apa pun di bawahnya.
  2. Peserta hanya diperbolehkan mengerjakan satu halaman per waktu. Halaman yang dikerjakan boleh disimpan sebagai "Belum diuji baca" (merah). Peserta memiliki waktu untuk mengerjakan halaman tersebut hingga berstatus "Telah teruji baca" (kuning) hingga kompetisi berakhir, tetapi sebelum halaman merah tersebut diuji baca, peserta tidak diperkenankan mengerjakan halaman lain.
    a. Peserta lain diharap untuk tidak menyunting halaman merah yang sedang dikerjakan oleh orang lain.
    b. Apabila Anda berubah pikiran dan ingin meninggalkan halaman yang Anda kerjakan, silakan mengganti statusnya dengan warna ungu (Bermasalah), dan tinggalkan komentar: "Saya tidak mengerjakan halaman ini lagi"
  3. Peserta boleh sewaktu-waktu menyunting halaman yang sedang dikerjakan, baik yang masih berstatus merah, kuning, maupun yang sudah berstatus hijau. Peserta lain hanya boleh menyunting halaman berstatus kuning yang bukan ia kerjakan sebelumnya (dikerjakan oleh peserta yang berbeda).
    a. Apabila suatu peserta menyimpan halaman dengan status kuning, dan peserta lain telah "menghijaukannya" maka peserta pertama tidak perlu lagi menyunting halaman tersebut.
    b. Peserta pertama (yang menguningkan) akan mendapatkan +3, sementara peserta kedua (yang menghijaukan) mendapat +1. Silakan menguji baca halaman selanjutnya.

Penghitungan kontribusi akan melibatkan perkakas khusus. Pelajari sistemnya di bawah. Komponen yang akan dimasukkan ke dalam sistem skoring adalah sebagai berikut:

  1. jumlah poin,
  2. jumlah validasi halaman yang dilakukan, dan
  3. jumlah uji-baca halaman yang dilakukan.
Sistem skoring naskah bahasa Indonesia dan Jawa dengan huruf Latin
Legenda Tindakan yang dilakukan Poin Validasi Kontribusi
Dari status apa pun menjadi Telah Diuji-baca 3 poin 0 1
Dari Telah Diuji-baca menjadi Telah Divalidasi 1 poin 1 1
Jika status Halaman yang telah divalidasi dicabut -1 poin -1 -1
Jika status Halaman yang telah diuji-baca dicabut -3 poin 0 -1
Halaman bermasalah 0 poin
Halaman tanpa teks 0 poin
Halaman belum diuji-baca

Hadiah[sunting]

Hadiah utama akan diberikan kepada dua pemenang. Jika kontribusi Anda memenuhi kriteria, jangan khawatir, Anda akan mendapatkan bingkisan dari kami.

Juara Hadiah
I Laptop seharga Rp5.000.000 + bingkisan cendera mata GLAM Indonesia
II Tablet seharga Rp3.000.000 + bingkisan cendera mata GLAM Indonesia
8 peserta terbaik Gift card seharga Rp250.000 + bingkisan cendera mata GLAM Indonesia
Selain pemenang dan peserta terbaik, peserta dengan jumlah kontribusi lebih dari 12 suntingan akan mendapatkan cendera mata GLAM Indonesia

Pengecualian peserta[sunting]

Apabila Anda

  • pernah memenangkan kompetisi yang diselenggarakan oleh Wikimedia Indonesia, seperti laptop, perjalanan, konferensi, atau hadiah lain dari kompetisi Wikimedia Indonesia sejak 16 Mei 2020 dan
  • mendapatkan juara 1, 2, dan 3 dalam tiga tahun terakhir antara 2020-2023, di salah satu kegiatan berikut
    • EUforia Wiki4HumanRights, dan Wiki4Women.
    • Wiki Jelajah 2.0.
    • WikiTeroka 2.0
    • Proyek Jatayu.
    • Wiki Cinta Alam 2020 dan 2022.
    • WikiKaleidoskop.
    • Kompetisi Wikisource 2021 dan 2022.
    • Kompetisi Wikipustaka 2022
    • Wikistories for GLAM
    • Kompetisi Penyajian Data 2022
    • WikiGalir
    • WikiTeroka 4.0:
      • WikiPabukon - pemenang 1-5 tidak bisa lagi mendapatkan hadiah utama
      • WikiSuku - pemenang 1-3 tidak bisa lagi mendapatkan hadiah utama
      • WikiMekar - pemenang 1-6 tidak bisa lagi mendapatkan hadiah utama
      • WikiPusaka - pemenang 1-3 tidak bisa lagi mendapatkan hadiah utama
      • WikiSalman - pemenang 1-3 tidak bisa lagi mendapatkan hadiah utama
      • WikiTetamian - pemenang 1-3 tidak bisa lagi mendapatkan hadiah utama
      • WikiMolamahu - pemenang 1-3 tidak bisa lagi mendapatkan hadiah utama
      • WikiHata - pemenang 1-3 tidak bisa lagi mendapatkan hadiah utama
    • WikiKaleidoskop 2.0 edisi Januari-April - pemenang bulanan 1-4 tidak bisa lagi mendapatkan hadiah utama
    • Kompetisi Wikisumber 2023
    • Proyek Yuwana Kategori Cerita Pendek Anak

(Daftar ini telah final, terakhir diperbarui 15 Mei 2023)

Anda tidak dapat memenangkan lagi hadiah utama I dan II dalam kompetisi ini, tapi tetap mendapatkan souvenir. Hadiah utama akan diutamakan kepada peserta lain yang belum pernah menjadi juara.

Kompetisi ini juga tidak boleh diikuti oleh karyawan atau staf, kontraktor, atau konsultan Wikimedia Indonesia, Wikimedia Foundation, atau afiliasi Wikimedia lain.