Wikisource:Untuk Wikipediawan

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Wikisource untuk Wikipediawan
Sebuah panduan cepat untuk pengguna Wikisource yang telah lebih akrab dengan Wikipedia.

Selamar datang di Wikisource, sebuah perpustakaan bebas yang dapat anda kembangkan.

Sebagai seorang wikipediawan, anda pastinya sudah mengerti apa itu wiki, bagaimana cara kerjanya dan bagaimana menyuntingnya. Halaman ini khusus membicarakan perbedaan penting antara Wikipedia dan Wikisource, untuk membantu anda berkenalan mengenai bagaimana cara kerja di sini. Wikisource bukan tentang menciptakan konten baru, proyek ini melibatkan menciptakan karya yang telah dipublikasikan untuk membuat pengetahuan dan sastra yang mudah tersedia bagi semua orang.

Perbedaan kunci antara Wikipedia dan Wikisource[sunting]

Rangkuman
Wikipedia
Wikipedia-logo.png
Wikisource
Wikisource-logo.png
Artikel Karya
Terkemuka/layak Telah dipublikasikan
Direferensikan Dipindai (scan) dari sumber berkas
Penghapusan artikel
(Termasuk: CfD, TfD, etc...)
Usulan penghapusan
Kemungkinan pelanggaran hak cipta
Ruang nama Tambahan: Penulis, Indeks, Halaman
Penggunaan wajar Domain publik/hanya lisensi bebas
Halaman disambiguasi Halaman disambiguasi
Versi halaman
Pedoman gaya Ejaan harus sesuai aslinya
Header pada setiap halaman

Penjelasan[sunting]

  • Karya – Halaman dalam ruang nama utama biasanya disebut sebagai "Karya" bukan "Artikel". Wikisource sering menggunakan sub halaman untuk bab atau bagian, yang tidak umum di Wikipedia.
  • Kelayakan – Wikisource tidak menggunakan kelayakan sebagai dasar untuk dibuatnya suatu karya. Sebaliknya, publikasi profesional diperlukan untuk karya yang akan ditambahkan ke Wikisource.
    • Wikisource juga menjadi tempat penyimpanan sumber dokumen sejarah penting, terlepas dari sejarah publikasinya. Hal ini adalah satu-satunya pengecualian.
  • Referensi terpercaya – Wikipedia menggunakan referensi untuk mempertahankan kelayakannya, Wikisource menggunakan versi scan dari publikasi asli (lihat Perbedaan teknologi).
  • Penghapusan – Wikisource memiliki dua perbedaan proses penghapusan. Jika penghapusan adalah karena pelanggaran hak cipta, hal ini didiskusikan pada Wikisource:Kemungkinan pelanggaran hak cipta. Semua diskusi penghapusan lain dibahas oleh Wikisource:Usulan penghapusan.
    • Wikisource adalah sebuah komunitas yang lebih kecil daripada Wikipedia. Oleh karena itu, hal-hal yang tercantum ini juga dibahas di Wikisource:Usulan penghapusan: Diskusi Templat (TfD), Penghapusan berkas (FfD), Diskusi kategori (CfD), Diskusi pengalihan (RfD) & Penghapusan lainya (MfD).
  • Ruang nama – Wikisource memiliki tiga ruang nama tambahan, yang tidak digunakan oleh Wikipedia. Ruang nama Pengarang berisi halaman untuk tiap pengarang di Wikisource. Ruang nama indeks dan halaman digunakan oleh ekstensi halaman uji-baca. Ruang nama utama hanya digunakan untuk penempatan naskah (fiksi dan non-fiksi), dan tidak boleh ada karya asli atau bahan tambahan.
    • Sebagian bahan tambahan, termasuk daftar dan koleksi karya terkait oleh pengarang yang berbeda, harus ditempatkan pada ruang nama Portal. Apapun yang berhubungan dengan pengarang tertentu harus juga berada di halaman pengarang yang sesuai atau subhalaman dari halaman tersebut.
    • Ruang nama Portal digunakan sedikit berbeda pada Wikisource dibandingkan dengan di Wikipedia. Di sini Portal bertindak sebagai indeks subjek atau untuk mengatur dan sebagai navigasi karya-karya dalam ruang nama utama.
  • Penggunaan wajar – Wikisource tidak memperbolehkan karya dengan lisensi hak cipta, bahkan jika memenuhi syarat sebagai "penggunaan wajar" sekalipun. Semuanya harus berada dalam domain publik atau berlisensi bebas
  • Disambiguasi – Wikisource sebagian besar menggunakan halaman {{disambiguasi}} seperti cara yang sama di Wikipedia, untuk karya yang berbeda dan pengarang dengan nama yang sama. Namun, Wikisource juga memiliki tipe khusus halaman tambahan disambiguasi yaitu halaman {{versi}}. Halaman versi merupakan disambiguasi versi yang berbeda dari karya yang sama, misalnya, edisi yang berbeda dari Dulce et Decorum est oleh pengarang Wilfred Owen.
  • Ejaan dan tata bahasa – Di Wikisource tidak harus terpaku. Jika kesalahan adalah bagian dari aslinya, itu harus tetap dalam versi yang diselenggarakan oleh Wikisource. Uji-baca ejaan dapat ditampilkan dalam tooltip dengan menggunakan templat seperti {{SIC}}.
  • Header – Wikisource menggunakan templat header pada sebagian besar setiap halaman. Di ruang nama utama digunakan templat {{header}}. Halaman untuk ruang nama pengarang menggunakan templat {{author}}, ruang nama Wikisource dan bantuan menggunakan templat {{process header}}, dan ruang nama portal menggunakan {{portal header}}. Semua header memiliki versi serupa untuk digunakan dalam subhalaman, lihat Kategori:Templat header. Di wikipedia header mirip dengan kotak info (infobox).

Perbedaan kultur[sunting]

Metode yang dipilih untuk menambahkan karya ke Wikisource adalah dengan ekstensi halaman uji-baca, yang memungkinkan perbandingan secara langsung antara naskah asli dan hasil reproduksinya. Hal ini juga dapat digunakan untuk menambahkan karya dengan menyalin dan menyisipkan dari website lain (seperti Proyek Gutenberg), atau dengan menyalin naskah secara langsung dari buku. Cara ini dapat dilakukan jika diperlukan tapi tidak optimal. Tujuan Wikisource adalah pada akhirnya semua karya-karya akan diuji-baca dan karena itu harus didukung dengan sumber scan.

Perbedaan teknologi[sunting]

Wikisource menggunakan ekstensi halaman uji-baca untuk menambahkan naskah uji-baca dengan hasil scan.

Ekstensi ini dapat berfungsi untuk berkas dengan format PDF dan format DjVu serta beberapa jenis format lain (meskipun jenis format yang lain lebih rumit untuk naskah dengan banyak halaman). Berkas dengan format yang lain tersebut dapat di simpan di Wikimedia Commons dan halaman yang cocok dibuat dalam ruang nama indeks (kedua halaman harus memiliki nama halaman yang sama, hanya ruang nama yang harus berbeda). Ekstensi secara otomatis akan membuat tautan pada halaman indeks untuk setiap halaman dalam berkas. Halaman ini akan berada di ruang nama "Halaman". Halaman-halaman tersebut kemudian ditransklusikan ke ruang nama utama dengan cara yang sama dengan yang digunakan untuk template pada Wikipedia.

Ekstensi ini memungkinkan setiap halaman untuk memiliki status uji-baca yang berbeda-beda. Paling sedikit ada dua pengguna yang diwajibkan untuk menyetujui setiap halaman di ruang nama Halaman. Setiap status memiliki kode warna. Status ini terlihat dalam ruang nama Halaman, pada halaman induk dalam ruang nama Indeks, dan ditampilkan dalam pita kolektif di bagian atas setiap halaman pada ruang nama utama.

Sistem ini memastikan kelayakan naskah pada Wikisource. Sistem ini tidak hanya berguna untuk melakukan uji-baca naskah secara penuh dalam suatu proyek, tapi juga dapat membuat scan halaman asli segera tersedia untuk setiap pengguna sehingga setiap kesalahan yang terjadi melalui proses dapat diperbaiki kemudian (atau diverifikasi sebagai bagian dari aslinya). Selanjutnya, ekstensi menggabungkan konsep Wikimedia sehingga siapa pun dapat berkontribusi dengan proses uji-baca sumber naskah.

Bagaimana cara menambahkan naskah di Wikisource[sunting]

Gambar di sebelah kanan adalah sebuah diagram Venn dari kriteria inklusi untuk karya-karya yang akan ditambahkan ke Wikisource. Tiga lingkaran yang saling tumpang tindih masing-masing diberi label "Mempunyai Sumber", "Sudah dipublikasikan" dan "Memiliki lisensi". Wilayah yang saling tumpang tindih ditunjukkan dalam warna hijau. Daerah yang terjadi dari hanya dua lingkaran yang tumpang tindih ditunjukkan dengan warna kuning (kecuali daerah tumpang tindih antara Memiliki Sumber-Sudah dipublikasikan, yang tetap kosong).

Pertemuan antara tiga persyaratan tersebut yang ditunjukkan dalam warna hijau dalam diagram Venn disebut sebagai kasus terbaik. Dua pertemuan yang ditunjukkan dengan warna kuning dianggap sebagai dapat diterima tetapi belum tentu cocok. Wikisource akan menerima dokumen sumber yang terkenal, dari sejarah penting dan dalam hal ini harus bersumber dan berlisensi tetapi tidak harus dipublikasikan. Wikisource juga dapat menerima untuk menambahkan karya tanpa sumber yang dipindai (scan) selama sumber fisik dicantumkan pada halaman pembicaraan, dan dalam hal ini ia masih harus dipublikasikan dan berlisensi. Naskah tanpa sumber yang dipindai kemungkinan besar akan dihapus.

Karya-karya baru yang akan ditambahkan ke Wikisource biasanya harus dalam bentuk salinan pindai (scan) yang dibuat dalam format DjVu dan diunggah ke Wikimedia Commons. Karya-karya tanpa scan yang ditambahkan ke Wikisource dapat diterima dalam beberapa keadaan tapi mungkin akan dihapus kemudian. Ada tiga persyaratan utama untuk karya yang harus ditambahkan ke Wikisource, seperti yang ditunjukkan dalam diagram Venn di sebelah kanan.

Memiliki sumber[sunting]

Karya-karya pada Wikisource harus mempunyai sumber. Idealnya sebuah karya harus dengan berkas format DjVu dan ekstensi halaman uji-baca. Karya hasil uji-baca tempat lain, seperti naskah dari Proyek Gutenberg dapat diterima tetapi kurang ideal. Karya-karya juga dapat ditranskripsi dari sumber asli oleh seorang pengguna dan diuji-baca oleh pengguna lain. Dalam dua kasus terakhir, informasi sumber harus dicatat pada halaman pembicaraan atas karya tersebut dengan menggunakan templat {{textinfo}}. (Dalam kasus pertama, ekstensi akan memberikan informasi hal ini). Karya tanpa hasil pindai dan tanpa templat {{textinfo}} kemungkinan besar akan dihapus.

  • Untuk menambahkan karya tanpa scan, anda dapat membuat halaman baru dengan cara yang sama seperti Wikipedia.
  • Untuk menambahkan sebuah hasil pindai untuk uji-baca, salinan pindai harus diunggah ke Commons (atau, dalam beberapa kasus, diunggah langsung ke Wikisource) dan sebuah halaman indeks akan dibuat di Wikisource. Lihat Bantuan:Pedoman dasar untuk Indeks:berkas untuk informasi lebih terperinci.

Telah dipublikasikan[sunting]

Pada sebagian besar kasus, karya-karya pada Wikisource harus sudah diterbitkan secara profesional. Wikisource bukan tempat karya asli atau karya vanitas press. Segala sesuatu di perpustakaan ini harus telah diterbitkan sebelumnya. Satu-satunya pengecualian untuk ini adalah untuk dokumen sumber dari sejarah penting, dalam hal ini berlaku persyaratan pedoman gaya dan kelayakan di Wikipeda.

Memiliki lisensi[sunting]

Karya-karya pada Wikisource harus memiliki lisensi. Seringkali hal ini berarti bahwa karya tersebut berada dalam domain publik tetapi karya dirilis di bawah lisensi gratis, seperti Creative Commons juga dapat diterima. Lisensi harus ditampilkan di bawah karya dengan menggunakan templat yang sesuai.