JANGAN NGUTIP DARI WIKIPEDIA! Panduan buat kamu yang ingin tahu tentang ensiklopedi terbesar di dunia maya

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

JANGAN

NGUTIP

DARI

WIKIPEDIA!

Panduan buat kamu
yang ingin tahu
tentang ensiklopedi
terbesar di dunia maya


Raymond Sutanto
Nur Rahmi Nailah


Wikimedia Indonesia

JANGAN NGUTIP DARI WIKIPEDIA!

Panduan buat kamu yang ingin
tahu tentang ensiklopedi
terbesar di dunia maya.

Raymond Sutanto
Nur Rahmi Nailah

Wikimedia Indonesia

Judul:
JANGAN NGUTIP DARI
WIKIPEDIA! Panduan buat kamu
yang ingin tahu tentang ensiklopedi
terbesar di dunia maya.

Penulis:
Raymond Sutanto
Nur Rahmi Nailah

ISBN:
978-602-73992-6-6 (PDF)

Penata Letak:
Dwi Satria Utama

Penerbit:
Perkumpulan Wikimedia Indonesia

Jalan Danau Toba No. 104.
Bendungan Hilir
Jakarta 10210, Indonesia
surel: info@wikimedia.or.id

Distributor:
Perkumpulan Wikimedia Indonesia

Jalan Danau Toba No. 104.
Bendungan Hilir
Jakarta 10210, Indonesia
surel: info@wikimedia.or.id

Lisensi:
Judul buku ini adalah “Jangan Ngutip Dari Wikipedia”

Penulis Raymond Sutanto dan Nur Rahmi Nailah, Wikimedia Indonesia.

Anda diperbolehkan untuk berbagi - menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; Adaptasi - menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.

Pemberi Lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini. Lisensi dibawah Creative Commons CC-BY-SA 4.0

Seluruh materi di dalam buku ini berada di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike (CC-BY-SA) 4.0. Publikasi ulang buku ini harus dilakukan di bawah lisensi serupa.


Kata Pengantar

 Sejak didirikan oleh Jimmy Wales pada tahun 2001, Wikipedia mengalami perkembangan yang signifikan. Munculnya Wikipedia bahasa Inggris di tahun 2001, kemudian diikuti dengan dirilisnya Wikipedia dalam bahasa-bahasa lain di dunia, termasuk salah satunya adalah Wikipedia bahasa Indonesia di tahun 2003. Didirikannya Wikimedia Foundation di tahun 2003, juga semakin mendukung perkembangan Wikipedia serta proyek-proyek saudarinya. Di Indonesia, Wikimedia Indonesia telah mengerjakan proyek-proyek yang ditujukan untuk mendukung perkembangan serta peningkatan mutu Wikipedia, baik dalam segi konten maupun jumlah sukarelawan yang berkontribusi di dalamnya.

 Salah satu program yang dijalankan oleh Wikimedia Indonesia adalah program WikiLatih yang sudah ada sejak tahun 2016. Program WikiLatih merupakan pelatihan penulisan dan penyuntingan Wikipedia. Ternyata, setelah mengamati pelaksanaan program WikiLatih yang telah dilaksanakan di berbagai daerah, dengan kolaborasi bersama berbagai instansi, organisasi, maupun komunitas, masih banyak pertanyaan-pertanyaan umum seputar Wikipedia yang kerap kali ditanyakan, baik oleh peserta pelatihan, maupun mitra yang berkolaborasi dengan Wikimedia Indonesia. Selain itu, media sosial Wikimedia Indonesia baik Facebook, Instagram, maupun Twitter juga sering kebanjiran pertanyaan-pertanyaan yang mirip.

 Pertanyaan seperti apa perbedaan Wikimedia dengan Wikipedia, boleh tidaknya mengutip dari Wikipedia, cara mengutip informasi yang tepat dari Wikipedia, apa saja yang boleh ditulis di Wikipedia, dan bagaimana cara mengembangkan Wikipedia dalam bahasa daerah tertentu merupakan pertanyaan-pertanyaan yang sering kami dapatkan.

 JANGAN NGUTIP DARI WIKIPEDIA!: Panduan buat kamu yang ingin tahu tentang ensiklopedi terbesar di dunia maya merupakan sebuah usaha dari Tim Program Pendidikan Wikimedia Indonesia untuk memberikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut. Tim Program Pendidikan berharap bahwa buku panduan singkat ini dapat secara praktis memberikan pengetahuan dasar mengenai Wikipedia kepada kawan-kawan di luar sana yang tertarik untuk mulai berkontribusi di Wikipedia.

Jakarta, 16 Maret 2020

Tim Program Pendidikan Wikimedia Indonesia

Daftar Isi

1 Apa sih Wikipedia itu?
3 Terus bedanya Wikipedia sama Wikimedia apa?
5 Gimana Wikipedia bisa ada?
6 Tujuan Wikipedia itu apa ya?
8 Kalau Wikipedia itu terbuka, berarti isinya bisa diganti seenaknya, dong?
9 Apa saja sih, yang ada di Wikipedia?
11 Kenapa Wikipedia gak ada iklan?
11 Wikipedia dapat uang darimana?
12 Bener gak sih kalau Wikipedia itu gak boleh dijadikan referensi?
13 Seberapa bermanfaat sih Wikipedia?
14 Artikel di Wikipedia informasinya bener gak sih?
15 Kalau gitu, rujukan yang dipakai di artikel Wikipedia juga harus kredibel, dong?
16 Mengapa kadang-kadang saya menemukan informasi yang ngaco di Wikipedia?
17 Katanya Wikipedia bisa diedit siapa aja, emang gimana cara nyuntingnya?
18 Apa aja tulisan yang enggak boleh ditulis/enggak diterima di Wikipedia?
19 Apakah saya bisa mengklaim tulisan di Wikipedia itu milik saya?
20 Kenapa konten di Wikipedia bahasa Inggris dan Indonesia isinya beda?
21 Kenapa ada orang yang mau nyunting di Wikipedia padahal gak dibayar?
22 Kalau di Indonesia, bahasa yang punya Wikipedianya sendiri bahasa apa aja, nih?
23 Nah, kenapa bisa ada Wikipedia bahasa daerah? Dulu awalnya bagaimana? Dan tujuannya apa, sih?
24 Saya jadi tertarik untuk merintis Wikipedia di bahasa daerah saya. Caranya gimana, ya?
25 Saya baru mau mulai menyunting di Wikipedia, tetapi kesulitan mencari ide topik untuk ditulis. Gimana ya, solusinya?
25 Ada enggak sih tutorial cara menulis di Wikipedia?
26 Kalau pelatihan menyunting di Wikipedia buat pemula ada enggak?
27 Kalau saya mau tanya-tanya lebih jauh tentang Wikipedia, saya bisa hubungi siapa nih?
28 Atribusi gambar

Apa sih Wikipedia itu?[sunting]

“Gampangnya, Wikipedia itu ensiklopedia online terbuka multibahasa”


CEEMeeting2016 Armenia Globe 25.jpg

K

ita sih yakin, kalo kamu pasti pernah buka Wikipedia. Entah lagi iseng buka, buat ngerjain tugas sekolah, lagi mau cari tau tentang sesuatu, atau berbagai alesan lainnya. Tapi, kamu tau nggak sih, sebenarnya Wikipedia apaan?

 Gampangnya, Wikipedia itu ensiklopedia online terbuka multibahasa. Ada 4 istilah di sini: ensiklopedia, online, terbuka, dan multibahasa. Yuk, bedah satu per satu.

 Pertama, ensiklopedia. Apaan tuh ensiklopedia? Apa bedanya ensiklopedia sama jenis bacaan lain yang biasanya kita baca (koran, majalah, opini)?

 Menurut definisinya, ensiklopedia itu karya referensi yang memuat ringkasan ilmu pengetahuan dari berbagai macam bidang ilmu. Entrinya ensiklopedia jauh lebih panjang daripada kamus dan isinya informasi faktual mengenai subjek yang lagi dibahas.

 Perhatikan, di sini ada kata faktual (fakta), yang berarti sesuai kenyataan dan membutuhkan bukti. Untuk mendapatkan sebuah fakta, ensiklopedia biasanya ditulis oleh seorang yang ahli di bidangnya. Nah, di Wikipedia, “keahlian” ini diambil dan dinyatakan dari sumber-sumber sekunder, seperti penerbit dan penulis yang dianggap telah handal.

 Sekarang, apa bedanya Wikipedia sama ensiklopedia biasa? Ciri pembedanya ada pada kata ‘online, terbuka, multibahasa’. Wikipedia adalah ensiklopedia yang tersedia secara online. Sebelum ada Wikipedia tahun 2001, memang sudah ada ensiklopedia online namun baru berupa uji coba dan enggak semasif Wikipedia. Wikipedia menjadi besar saat ini karena cirinya yang ketiga, yaitu terbuka. Terbuka, dalam artian siapapun bisa menambah dan mengubah isinya (tentunya yang punya sambungan internet). Mulai dari lulusan SMP sampai profesor, semuanya bisa berkontribusi menambah konten Wikipedia, makanya enggak heran kalau Wikipedia begitu besar.

 Ciri terakhir, multibahasa. Kalau ensiklopedia lainnya biasanya tuh hanya tersedia dalam bahasa Inggris atau Indonesia, di Wikipedia, kamu bisa menemukan ensiklopedia dalam bahasa lain kaya Perancis, Jerman, Italia, bahkan bahasa daerah kayak Jawa, Sunda, Minangkabau, dll. Secara umum, Wikipedia memiliki 5 prinsip utama (kita menyebutnya sebagai pancapilar) yang mesti diikuti oleh semua versi Wikipedia hingga hari ini, yaitu

  • Merupakan sebuah ensiklopedia(ini jelas),
  • Bisa disunting oleh siapa saja,
  • Bersifat netral,
  • Hanya memuat konten yang berlisensi terbuka, dan
  • Memiliki aturan dan kebijakan yang disepakati bersama.
 Untuk versi lengkapnya, bisa kamu baca di pranala bit.ly/pancapilarwiki.

Terus bedanya Wikipedia sama Wikimedia apa?[sunting]

“Wikimedia itu organisasi yang bergerak di belakang Wikipedia”

Wikimania 2016 - group photo 02.jpg

Meskipun sama-sama punya awalan “Wiki”, namun Wikipedia dan Wikimedia beda sama sekali. Kalau Wikipedia adalah ensiklopedianya, Wikimedia itu organisasi yang bergerak di belakang Wikipedia.

 Wikimedia yang perlu kalian tahu ada 2 macam, yaitu Wikimedia Foundation dan Wikimedia Indonesia. Wikimedia Foundation (WMF) itu yayasan nirlaba di Amerika Serikat yang mendukung dan menjalankan situs Wikipedia. Meski begitu, WMF enggak membuat maupun menjaga konten artikelnya. Selain Wikipedia, WMF juga merawat 11 situs lain “saudara” Wikipedia seperti Wiktionary (kamus), Wikidata (basis data), Wikimedia Commons (berkas), Wikivoyage (panduan wisata) dan Wikimedia yang kalian perlu beberapa situs lainnya. Daftar lengkap situsnya bisa kamu lihat di halaman depan situs meta.wikimedia.org

 Kalau Wikimedia Indonesia (WMID) sendiri merupakan mitra lokal WMF di Indonesia. WMID didirikan oleh para Wikipediawan asal Indonesia di tahun 2008 dan bersifat independen (enggak bergantung pengelolaannya dari WMF).

Oh ya, jangan salah kaprah juga. Enggak semua situs “wiki” yang ada di internet itu dikelola oleh WMF.

Situs seperti WikiLeaks, Wikihow, dan WikiDPR bukanlah situs yang dikelola oleh WMF.

Gimana Wikipedia bisa ada?[sunting]

“Si Wikipedia awalnya cuma sebagai tambahan untuk Nupedia”

Nupedia logo.jpg

Kalau kita menilik sejarah Wikipedia, awalnya proyek ini bermula pada sebuah proyek ensiklopedia yang namanya Nupedia pada tahun 2000. Nupedia didirikan oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger yang waktu itu bekerja di perusahaan internet yang namanya Bomis. Nupedia sendiri pada waktu itu cuma ditulis oleh yang ahli saja. Wales dan Sanger lalu menciptakan lagi sebuah situs bernama Wikipedia pada tahun 2001. Si Wikipedia awalnya cuma sebagai tambahan untuk Nupedia. Namun, seiring waktu, tenyata malah Wikipedia yang semakin tenar. Nupedia sendiri malah akhirnya ditutup pada tahun 2003 karena perkembangannya yang lambat banget.

 Di Indonesia, Wikipedia diawali dengan rilisnya Wikipedia bahasa Indonesia pada tahun 2003 dengan artikel pertamanya “Elektron”. Sehabis bahasa Indonesia, setahun kemudian bahasa Jawa dan Sunda muncul, terus hingga terakhir Wikipedia bahasa Bali menetas pada tahun 2019.

Tujuan Wikipedia itu apa ya?[sunting]

Jimmy Wales 610.jpg

“Imagine a world in which every single person on the planet is given free access to the sum of all human knowledge. That’s what we’re doing.”

Jimmy Wales

Bayangkan suatu dunia tempat setiap manusia bisa berbagi semua pengetahuan secara bebas.

Ya, itulah tujuan Wikipedia. Untuk menyediakan beragam ilmu pengetahuan melalui sebuah ensiklopedia online yang bebas dan terbuka dan bisa diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.
WikiNusantara 2019, Yogyakarta, 27 April 2019 (070).jpg

"Wikipedia bahasa Indonesia memiliki komunitas ' penjaga ' yang selalu ' berpatroli ' mengembalikan suntingan-suntingan vandal atau ngawur."

Kalau Wikipedia itu terbuka, berarti isinya bisa diganti seenaknya, dong?[sunting]

S

ecara teknis, ya itu betul. Namun jangan lupa, Wikipedia juga memiliki komunitas "penjaga" yang juga kuat. Penjaga ini selalu "berpatroli" melihat halaman "perubahan terbaru". Mereka akan segera mengembalikan suntingan-suntingan yang kelihatan vandal atau ngawur. Beberapa pengguna diberikan akses peralatan dan hak khusus--seperti blokir dan mengunci artikel--supaya konten Wikipedia tetap terjaga kualitasnya.

Apa saja sih, yang ada di Wikipedia?[sunting]

“Wikipedia memuat berbagai macam ilmu pengetahuan manusia”

Wikipedia-book.jpg

W

ikipedia memuat berbagai macam ilmu pengetahuan manusia, mulai dari topik-topik serius macam hukum, ekonomi, filsafat, teknologi, sains, geografi, astronomi hingga topik-topik populer macam komik, manga, film, musik hingga JKT48 pun ada di Wikipedia.

 Mau tau apa contoh-contoh artikel yang sudah bagus di Wikipedia bahasa Indonesia?
Statue of Averroes in Córdoba, Spain.jpg
Supplicating Pilgrim at Masjid Al Haram. Mecca, Saudi Arabia.jpg
Lead electrolytic and 1cm3 cube.jpg
Ibnu Rusyd,
filsuf terkenal dari Andalusia.
Kiblat,
arah yang dituju umat Islam dalam melaksanakan ibadah.
Timbal,
salah satu unsur kimia berupa logam berat.

Kamu cukup ketikkan judul artikel berikut ke kotak pencarian yang ada di pojok kanan atas halaman Wikipedia.}

MuseumBallaLompoa.JPG
COLLECTIE TROPENMUSEUM Vrouwen en kinderen uit een Kerintisch dorp West-Sumatra TMnr 10002859.jpg
Tampak depan Rumah si Pitung Marunda.jpg
Sejarah awal Gowa dan Tallo, sejarah mengenai Kerajaan Gowa dan Tallo di Sulawesi Selatan. Serayo, sistem gotong royong pada masyarakat suku Kerinci. Rumah panggung Betawi, salah satu jenis rumah tradisional suku Betawi.

Kenapa Wikipedia gak ada iklan?[sunting]

J

immy Wales, si pencetus Wikipedia, bilang kalau adanya iklan itu akan menimbulkan bias. Mengapa, karena si pengiklan pasti mau kalau artikelnya di Wikipedia ditulis yang positifnya saja, sedangkan Wikipedia sangat menjunjung tinggi netralitas, jadi artikel yang ada enggak boleh berat sebelah.

Money in hands.jpg

Wikipedia dapat uang dari mana?[sunting]

S

etiap tahunnya, Wikimedia Foundation membuka penggalangan dana di laman

proyeknya termasuk Wikipedia. Penggalangan dana ini biasanya setahun sekali. Uang yang didapat dari penggalangan dana inilah yang digunakan oleh Wikimedia Foundation untuk mendukung komunitas Wikipedia di seluruh dunia, merawat peladen Wikipedia, serta operasional kantornya.

Bener gak sih kalau Wikipedia itu gak boleh dijadikan referensi?[sunting]

Wikipedia by Giulia Forsythe.jpg

B

etul! Artikel di Wikipedia jangan kamu jadikan referensi. Ketika kamu cari

informasi di Wikipedia, pakailah referensi-referensi yang digunakan di artikel Wikipedia sebagai rujukan, bukan artikel Wikipedianya, ya! Jadi, anggap saja Wikipedia sebagai "pintu masuk" untuk mendapat referensi yang baik.

Seberapa bermanfaat sih Wikipedia?[sunting]

T

aukah kamu kalau Wikipedia bahasa Indonesia dapat 2 milyar kunjungan setahun terakhir? Itu berarti, dalam sebulan ada ratusan juta kali kunjungan, dan itu jadi tanda kalau situs ini dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat mereka mencari informasi. Perhatikan juga, mesin pencari Google juga hampir selalu menempatkan hasil pencarian teratasnya dengan Wikipedia (baik yang Indonesia maupun Inggris). Misalnya, coba kamu ketik “Hindia Belanda” di Google, maka akan keluar hasilnya seperti ini:

 Dengan dukungan seperti ini, berarti potensi Wikipedia sebagai sumber informasi akan makin besar. Selain itu, kamu juga membantu jutaan orang di luar sana mendapatkan kualitas informasi yang informatif,

komprehensif, serta berimbang.

Artikel di Wikipedia informasinya bener ga sih?[sunting]

S

ama ketika kamu membuka situs apa pun di dunia maya, kamu juga harus kritis ketika baca artikel Wikipedia. Jangan langsung telan mentah-mentah informasi yang ada.

 Pertama, perhatikan di artikelnya ada rujukannya atau enggak. Rujukan di tiap artikel Wikipedia itu ditandai dengan angka-angka [1], [2], [3] seperti ini:

 Nah, kalau ada angka seperti itu, diklik saja, nanti kamu akan diarahkan ke rujukan aslinya yang jadi sumber untuk artikel itu. Kamu dapat membaca sumber aslinya untuk lebih mengetahui informasi lebih detailnya.

 Kedua, setelah tau sumber aslinya, sekarang dilihat, apakah sumber aslinya kredibel atau enggak. Perhatikan, seberapa baik “tingkat” referensi itu. Sumber dari medsos, blogspot pribadi, buku terbitan sendiri, tentulah bukan contoh rujukan yang kredibel.

Kalau gitu, rujukan yang dipakai di artikel Wikipedia juga harus kredibel, dong?[sunting]

Citation-needed.svg

T

entu! Komunitas Wikipedia udah punya standar acuan umum referensi macam apa yang dapat digunakan di Wikipedia. Standar ini udah disepakati bersama oleh komunitas dan beberapa tingkat kepercayaannya.

  1. Dapat dipercaya. Jurnal ilmiah, buku terbitan penerbit tepercaya, majalah/tabloid ilmu pengetahuan, media massa nasional, dan tugas akhir yang sudah diuji ahli termasuk dalam kategori ini.
  2. Enggak disarankan. Buku terbitan sendiri, sampul kaset, artikel sembarang dari situs populer ada baiknya enggak digunakan sebagai rujukan.
  3. Sebisa mungkin dihindari. Blog, koran kriminalitas, tabloid gosip sebisa mungkin dihindari.
  4. Sama sekali enggak bisa. Semua versi Wikipedia bahasa lain maupun situs lain yang sistemnya mirip Wikipedia, jangan digunakan sebagai rujukan. Hal ini juga berlaku buat medsos dan layanan pesan singkat macam Facebook, Twitter, Instagram, Line dan Whatsapp. Jadi, jangan gunakan pesan dari Whatsapp / Line kamu sebagai rujukan, ya!

Mengapa kadang saya menemukan informasi yang ngaco di Wikipedia?[sunting]

I

ni adalah contoh tangkapan layar yang pernah dikirimkan salah seorang pengguna Wikipedia dari Google Search mengenai salah satu kelompok musik dari Norwegia bernama Mayhem (yang kontennya diambil dari Wikipedia bahasa Indonesia.)

 Nah, hal semacam ini di Wikipedia dinamakan vandalisme, yang merupakan tindakan menyunting artikel namun tujuannya merusak. Para ‘penjaga’ Wikipedia selalu berusaha menjaga artikel-artikel yang ada dari aksi vandal semacam ini.

 Kalau kamu menemukan artikel yang terkena vandal semacam ini, kamu bisa laporkan saja ke halaman ‘Warung Kopi’ yang ada dengan klik ‘Warung Kopi’ di kolom sisi kiri Wikipedia.

Katanya Wikipedia bisa diedit siapa aja, emang gimana caranya?[sunting]

2.189.248.480
Jumlah kunjungan ke Wikipedia bahasa Indonesia
setahun terakhir (Mei 2019—April 2020)
(naik 60% dari periode sebelumnya)


Dari stats.wikimedia.org/v2

234.869.988
Jumlah kunjungan
bulan April 2020

K

etika kamu lagi baca Wikipedia, pernah perhatikan tulisan "sunting" di bagian kanan atas halaman?

 Ketika kamu klik "sunting", maka tampilannya akan berubah ke mode "sunting", tandanya ada menu-menu di bagian atas halaman kayak begini:

 Nah, pada mode "sunting" ini, kamu bisa menambah konten yang kurang, memperbaiki yang salah, atau menghapus yang ngawur. Jangan lupa berikan rujukan. Setelahnya, tinggal klik lagi "terbitkan perubahan" di kanan atas.

 Suntinganmu akan langsung disimpan dan tampil!

Apa aja yang enggak boleh ditulis / enggak diterima di Wikipedia?[sunting]

70%
pengakses berasal dari
Indonesia

diikuti Amerika Serikat,
Irlandia, Malaysia,
dan Singapura
70%
pengakses menggunakan
browser ponsel

23,5%
dari desktop, dan
sisanya aplikasi ponsel

W

ikipedia punya halaman khusus namanya "Wikipedia:Bukanlah...". Di halaman ini, kamu dapat melihat apa-apa saja yang bukan ciri-ciri sebuah ensiklopedia. Beberapa diantaranya seperti:

  1. Kamus, karena Wikipedia punya proyek saudari yang bernama Wiktionary.
  2. Tempat beriklan, karena memang bukan tempatnya. Sesuatu haruslah terkenal sebelum masuk Wikipedia, bukan terkenal gara-gara Wikipedia.
  3. Koran/berita aktual, karena Wikipedia juga punya proyek yang bernama Wikinews.
  4. Buku resep, petunjuk arah, petunjuk wisata, buku pelajaran, kumpulan jurnal, tutorial, dsb yang enggak mencirikan tulisan ensiklopedia.

 Tinggal masukin "Wikipedia:Bukanlah" di kotak pencarian untuk mengakses halaman itu.

Apakah saya bisa mengklaim tulisan di Wikipedia itu milik saya?[sunting]

Kontributor tertinggi Maret 2020

Medelam (6.573 suntingan)

Gurniadi (3.218 suntingan)

Gervant of Shiganshina (2.137 suntingan)

Araaa28 (1.724 suntingan)

Glorious Engine (1.695 suntingan)

Pertama-tama kamu mesti sadari lagi bahwa sifat dasar Wikipedia itu dapat disunting oleh siapa saja. Sepanjang apapun artikel yang mulai kamu rintis, akan ada orang lain yang berkemungkinan untuk ngembangin artikelmu. Jadi, sejatinya setiap artikel Wikipedia itu punya bersama dan enggak bisa dimiliki atau diklaim siapapun juga. Alasan lainnya, agar artikel di Wikipedia enggak hanya berisi satu sudut pandang saja dan kenetralan artikel di Wikipedia bisa terjaga. Selain itu, kamu perlu tau kalau Wikipedia itu menggunakan lisensi terbuka di setiap kontennya. Lisensi terbuka itu lisensi yang mempermudah pengguna dan pemilik konten untuk membagikan dan menggunakan karyanya. Lisensi terbuka yang digunakan di Wikipedia adalah Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0. Untuk lebih lanjut mengenai lisensi ini, kamu bisa kunjungi situs mereka di creativecommons.or.id

Kenapa konten di Wikipedia bahasa Inggris dan Indonesia isinya beda?[sunting]

Tentu beda, karena setiap artikel di Wikipedia dirintis oleh komunitas yang berbeda-beda. Memang, artikel Wikipedia dapat dibuat oleh bot (robot), namun biasanya untuk hal-hal bertopik repetitif seperti pembagian wilayah, taksonomi biologi, atau penamaan objek luar angkasa. Nah, untuk topik artikel selain itu, tetap dibuat oleh manusia dan dikembangkan oleh manusia. Mengapa artikel di bahasa Inggris lebih banyak daripada di bahasa Indonesia, ya karena kontributor

Wikipedia bahasa Inggris jauh lebih banyak daripada Wikipedia bahasa Indonesia. Saat ini, di Wikipedia bahasa Inggris ada sekitar 66.000 pengguna aktif setiap bulannya (aktif di sini didefinisikan menyunting lebih dari 5 kali perbulan), sedangkan di bahasa Indonesia angka itu hanya 1000. Jomplang banget, kan? Dari sini sudah menunjukkan perbedaan signifikan mengenai kontributor — yang imbasnya ke jumlah dan kualitas konten antara kedua versi Wikipedia.

Kenapa ada orang yang mau nyunting di Wikipedia padahal ga dibayar?[sunting]

Menyunting di Wikipedia bagi para kontributornya diibaratkan hobi. Hobi berkontribusi dalam bidangbidang yang mereka suka. Beberapa Wikipediawan juga senang berbagi informasi terbaru, semisal saat ada kejadian/peristiwa besar yang berdampak luas, semisal pandemi COVID-19 pasti ada Wikipediawan yang segera membuat artikelnya. Beberapa pengguna juga menyukai topik yang sangat spesifik, seperti perkeretaapian. Para railfans (penggemar kereta api) dikenal sangat gercep jika ada jadwal kereta api yang berubah,

ada info terbaru mengenai stasiun, dsb. Beberapa Wikipediawan lain di bahasa daerah, tertarik menyunting karena mereka peduli dengan pelestarian bahasa daerah mereka. Enggak heran saat ini Wikipedia telah memiliki 11 bahasa daerah dan ratusan bahasa daerah lainnya yang masih dalam incubator (salah satu proyek Wiki yang digunakan untuk mengembangkan proyek-proyek Wiki yang belum dapat berdiri sendiri).

Artikel terpopuler Maret 2020 Koronavirus Virus Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Dari stats.wikimedia.org/v2

Kalau di Indonesia, bahasa yang punya Wikipedianya sendiri bahasa apa aja, nih?[sunting]

Di Indonesia, bahasa yang pertama kali muncul Wikipedianya adalah bahasa Melayu pada tahun 2002, diikuti bahasa Indonesia pada tahun 2003. Setelah itu, beberapa bahasa daerah bermunculan di Wikipedia.

Perhatikan bahwa alamat situs Wikipedia hanya dibedakan berdasarkan kode bahasanya saja, diikuti “.wikipedia.org”. Apa disini ada yang tahu alamat situs Wikipedia bahasa Melayu? Cari jawabannya, ya!

Bahasa Alamat Situs Tahun dirilis
Jawa jv.wikipedia.org 2004
Sunda su.wikipedia.org 2004
Bugis bug.wikipedia.org 2005
Banyumasan map-bms.wikipedia.org 2006
Tetun tet.wikipedia.org 2006
Aceh ace.wikipedia.org 2009
Banjar bjn.wikipedia.org 2010
Minangkabau min.wikipedia.org 2013
Gorontalo gor.wikipedia.org 2018
Bali ban.wikipedia.org 2019

Nah, kenapa bisa ada Wikipedia bahasa daerah? Dulu awalnya bagaimana? Dan tujuannya apa, sih?[sunting]

Wikipedia bahasa daerah di Indonesia itu gampangnya Wikipedia selain bahasa Indonesia. Wikipedia bahasa daerah pertama yang muncul adalah Wikipedia bahasa Jawa yang mulai dirintis tahun 2004 oleh Revo Arka Giri Soekatno. Revo juga yang merintis Wikipedia bahasa Indonesia pada tahun 2003. Revo beranggapan kalau pengetahuan seharusnya enggak hanya ada dalam bahasa Indonesia saja, tetapi juga harus tersedia dalam bahasabahasa daerah lain yang diucapkan di

Indonesia, karena pengetahuan adalah hak setiap orang. Rilisnya Wikipedia bahasa Jawa lalu diikuti dengan dirintisnya Wikipedia dalam bahasabahasa daerah lain, seperti bahasa Sunda, bahasa Bugis, dan yang terakhir keluar dari Incubator pada tahun 2019 adalah Wikipedia bahasa Bali. Selain itu, orang-orang yang berkontribusi di Wikipedia bahasa daerah juga merasa jika menulis di Wikipedia bahasa daerah mereka merupakan salah satu cara mereka menjaga bahasa daerah agar tetap lestari.

1.200

rata-rata jumlah
editor dengan 5
suntingan atau lebih
(Okt 2019-Mar 2020)

1.100.000

jumlah suntingan di
Wikipedia bahasa
Indonesia,
Mei-Oktober 2019

98.017

jumlah halaman yang
disunting,
Maret 2020

Dari stats.wikimedia.org/v2

Saya jadi tertarik untuk merintis Wikipedia di bahasa daerah saya. Caranya gimana, ya?[sunting]

Kami punya satu situs proyek yang dikhususkan menangani hal ini, namanya Wikimedia Incubator. Sesuai namanya, situs ini menampung proyek-proyek yang istilahnya “belum layak” untuk berdiri sendiri. Di sini, proyek-proyek akan dimatangkan sampai kemudian layak untuk dirilis dengan domainnya sendiri. Kamu bisa mengakses situs ini di incubator.wikimedia.org. Namun, kamu harus tahu bahwa salah satu syarat agar bahasa daerahmu bisa dibuatkan situs Wikipedianya adalah adanya kode ISO 639. Salah

satu cara untuk mengecek apakah bahasa daerahmu punya kode ISO 639 atau enggak adalah melalui situs ethnologue.com. Masukkan nama bahasanya dan lihat hasilnya. Kalau kamu ingin merintis Wikipedia di bahasa daerahmu tetapi kamu bingung untuk memulainya, kamu bisa menghubungi temanteman dari Wikimedia Indonesia yang kontaknya bisa kamu temukan di bagian terakhir dari buku ini. Teman-teman dari Wikimedia Indonesia nanti akan membantu kamu untuk mengajukan permintaan agar dibuatkan Wikipedia dalam bahasa daerahmu.

Saya baru mau mulai menyunting di Wikipedia, tetapi kesulitan mencari ide topik untuk ditulis. Gimana ya, solusinya?[sunting]

Kamu bisa menulis artikel dengan topik-topik yang kamu sukai, kok. Tapi artikel yang kamu tulis harus artikel yang belum ada di Wikipedia, ya! Selain itu kamu harus ingat kalau menulis artikel di

Wikipedia itu harus netral, jadi ketika menulis artikel di Wikipedia, jangan hanya ditulis yang baik-baiknya saja. Kita wajib menulis apa adanya, sesuai dengan yang ada di sumber rujukan tepercaya yang kita punya.

Ada enggak sih tutorial cara menulis di Wikipedia?[sunting]

Nyunting Wikipedia gampang kok! Kamu bisa belajar menyunting Wikipedia secara otodidak dengan mengikuti petunjuk yang ada di pranala bit.ly/WPTUTOR. Wikimedia Indonesia juga telah memiliki modul pelatihan secara lengkap, lho! Modul ini bisa kamu akses gratis di pranala bit.ly/modulmanual.

Selain itu, kalau kamu lebih suka mengikuti tutorial atau panduan dalam bentuk video, kamu bisa tonton video yang telah dibuat oleh Wikimedia Indonesia yang bisa kamu akses di pranala bit.ly/TutorialWikiID.

Kalau pelatihan menyunting di Wikipedia buat pemula ada enggak?[sunting]

Setiap bulannya, Wikimedia Indonesia mengadakan berbagai pelatihan Wikipedia dalam berbagai bahasa di berbagai kota. Ikuti terus media sosial Wikimedia Indonesia untuk mengikuti acaranya!

Atau, jika semisal kamu mau berinisiatif mengadakan pelatihan sendiri di kota, komunitas, atau instansimu, ajukan dengan menghubungi kami via surel di wikilatih@wikimedia.or.id

Kalau saya mau bertanya tentang Wikipedia, saya bisa hubungi siapa nih?[sunting]

Wikimedia Indonesia saat ini sudah punya kontak Wikipediawan di berbagai kota di Indonesia yang dapat dimintai bantuan. Kamu dapat menghubungi yang lokasinya paling dekat denganmu saat ini. Ini kontak mereka:

Nama Domisili Surel Berkontribusi di
Staf Wikimedia Indonesia

Raymond Sutanto

Jakarta

raymond.sutanto@wikimedia.or.id

id.wikipedia, id.wikisource, wikidata, commons

Nur Rahmi Nailah

Yogyakarta

rahmi.nailah@wikimedia.or.id

jv.wikipedia, commons

Cahyo Ramadhani

Yogyakarta

cahyo.ramadhani@wikimedia.or.id

jv.wikipedia, incubator, commons

Rachmat Wahidi

Banda Aceh

rachmat.wahidi@wikimedia.or.id

id.wikipedia, ace.wikipedia, wikidata, commons, id.wikisource

Komunitas Wikimedia Indonesia

Jakarta

jakarta@wikimedia.or.id

Padang

padang@wikimedia.or.id

Bandung

bandung@wikimedia.or.id

Yogyakarta

yogyakarta@wikimedia.or.id

Denpasar

denpasar@wikimedia.or.id

Atribusi gambar Wikimedia CEE Meeting 2016, Dilijan, Armenia – Wikipedia monument - AWang (WMF) CC BY-SA 4.0

1

Wikimania 2016 - group photo - Niccolò Caranti CC BY-SA 4.0

Tampak depan Rumah si Pitung Marunda - Olobaho CC BY-SA 4.0

10

3

Four people holding money - 401(K) 2012 CC BY-SA 2.0

11

Nupedia Logo CC BY-SA 3.0

5

Wikipedia by Giulia Forsythe - Giulia Forsythe CC0 1.0 Public Domain

12

Jimmy Wales as photographed by Chris Floyd - Chris Floyd CC BY-SA 3.0

6

"Citation needed" - futureatlas.com CC BY 2.0

15

Dokumentasi foto dari WikiNusantara 2019 di Yogyakarta, 27–28 April 2019. - Gunarta CC BY-SA 4.0

7

Mini Wikipedia globe at the Wikimedia Foundation offices, San Francisco, California - Lane Hartwell CC BY-SA 3.0

19

Wikipedia in a bulky book format - WMF CC BY-SA 3.0

9

Wikipedia Editor at WikiConference North America 2019 - Omar David Sandoval Sida CC BY-SA 4.0

20

Coronaviruses 004 lores - CDC/Dr. Fred Murphy Public Domain

21

Statue of Averroes (Ibn Rushd) in Córdoba, Spain - Saleemzohaib CC BY-SA 3.0

10

Supplicating Pilgrim at Masjid Al Haram. Mecca, Saudi Arabia - Ali Mansuri CC BY-SA 2.5

10

Computer assisted reconstruction of a rotavirus particle - Graham Beards CC BY 3.0

21

Lead electrolytic and 1cm3 cube - Alchemist-hp CC BY-NC-ND 3.0

10

Indonesia declaration of independence 17 August 1945 - Frans Mendur Public Domain

21

Museum Balla' Lompoa di Sungguminasa, Kabupaten Gowa - Cahyo Ramadhani CC BY-SA 3.0

10

Dokumentasi foto dari WikiNusantara 2019 di Yogyakarta, 27–28 April 2019 - Gunarta CC BY-SA 4.0

24

Negatief. Vrouwen en kinderen uit een Kerintisch dorp, West-Sumatra - Collectie Stichting Nationaal Museum van Wereldculturen CC BY-SA 3.0

10

Dokumentasi rangkaian acara WikiPelatih PGRI Sulawesi Selatan 16-18 Desember 2019 di Makassar - Gunarta CC BY-SA 4.0

26

JANGAN NGUTIP DARI WIKIPEDIA!: Panduan buat kamu yang ingin tahu tentang ensiklopedi terbesar di dunia maya merupakan sebuah "pintu masuk" buat kamu yang ingin tahu lebih banyak bagaimana Wikipedia bekerja.

Penulis berharap panduan singkat ini menjawab berbagai pertanyaan yang mungkin sering terlintas di kepalamu seputar Wikipedia. Apa sih Wikipedia? Informasi apa saja yang ada di Wikipedia? Gimana cara mencari dan menggunakan informasi di Wikipedia? Dengan mengenalnya lebih dalam, penulis berharap kamu tertarik buat membebaskan pengetahuan yang kamu miliki di Wikipedia untuk kepentingan bersama.