Halaman:Seri Pahlawan, Abdul Moeis; 1980.pdf/7

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi

PUTERA TUANKULARAS SUNGAI PUAR

Sudah pernahkah Anda berkunjung ke Sumatra Barat? Belum? Mudah-mudahan kelak Anda dapat berkunjung ke sana.

Alam Sumatra Barat terkenal indah. Bukit Barisan sambung-menyambung dan berlapis-lapis. Danau Maninjau dan Danau Singkarak menambah semaraknya alam yang permai itu. Lembah Anai dan Ngarai Sianok terkenal keindahannya ke mana-mana. Dari leretan Bukit Barisan tersembul beberapa buah gunung. Dua buah di antaranya sangat terkenal. Kedua buah gunung itu berdiri berhadap-hadapan seolah-olah mengawal alam permai yang terbentang di bawahnya. Gunung itu ialah Gunung Merapi dan Gunung Singgalang.

Saya tidak akan mengajak Anda untuk menjelajahi seluruh daerah itu. Kita hanya akan pergi ke sebuah negeri kecil. Negeri itu terletak di kaki Gunung Merapi. Tempatnya tidak jauh di sebelah tenggara Bukittinggi. Negeri itu bernama Sungai Puar.

Negeri itu sangat terkenal di Sumatra Barat. Ibu-ibu yang memasak di dapur pasti mengenalnya. Para petani yang bekerja di sawah atau di ladang tentu mengenalnya pula. Sebab, ibu-ibu itu tentu menggunakan periuk dan kuali atau wajan. Para petani itu tentu menggunakan pacul dan sekop. Barang-barang itu adalah buatan Sungai Puar.

5