Halaman:Himpunan Peraturan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (1984).pdf/301

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


d) Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 7 tahun 1966 tanggal 16 Mei 1966 tentang Peraturan Tata-Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong.
Mendengar:

Pendapat-pendapat dan pertimbangan-pertimbangan yang dikemukakan oleh para wakil rakyat golongan dalam Dewan Perwakilan Gotong Royong.

MEMUTUSKAN

Dengan mencabut segala peraturan yang bertentangan peraturan ini.

Menetapkan:

Tata-tertib tentang Pencalonan dan pemilihan Pemimpin Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong.

Pasal 1.

Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong terdiri dari seorang Ketua dan 4 (empat) orang Wakil Ketua yang dipilih oleh dan dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong yang bersama-sama merupakan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong sampai dengan digantinya Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong dengan Dewan Perwakilan Rakyat hasil Pemilihan Umum.

Pasal 2.

Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong tersebut pada pasal l mencermikan perwakilan Golongan-golongan dalam Dewan perwakilan Rakyat Gotong Royong, yaitu 3 orang dari golongan Politik masing-masing seorang dan 2 orang dari Golongan Karya.

Pasal 3.

Prosedur pemilihan calon-calon Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong dilakukan dengan jalan musyawarah untuk memperoleh kata mufakat dengan hikmat kebijaksanaan.

Pasal 4.

Penjelasan dari pasal-pasal tersebut di atas dilampirkan pada putusan ini.

306