Halaman:Garuda Perdamaian (Garuda Indonesia, 1957).pdf/151

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


POS EL THARIEF — 40 KM DERHADAPAN

DENGAN TENTARA ISRAEL.

- Pasukan-pasukan kita dan Israel tak pernah tembak-menembak,
- Tidak mudah mentjari tempat-tempat di Padang Pasir iang ada didalam peta.

Pembatja jang budiman.

Marilah kita meneruskan penindjauan kita. Suatu pos sebesar satu peleton, jang djauhnja 49 km dari induk Kompi, langsung berhadapan dengan pasukan-pasukan Israel. Namanja El Tharief. Djalan antara El Themed (dimana Komando Kompi berada) dan El Tharief, tak banjak berbeda dengan djalandjalan jang pernah ditulis duluan. Padang jang kita laluinja, adalah padang batu, seperti dataran tinggi dipegunungan jang habis ditimpa bandjir. Penuh batu-batu besar, Untungnja tidak terlalu berdebu.

Djuga pos El Tharief ini dalam bentuk luarnja, tak banjak berbeda dengan pos El Kuntilla. Tenda-tenda hidjau kehitam-hitaman, Mobile Unit dari R.C.S.C. (Royal Canadian Signal Corps), lapangan Volleyball, bendera UNO, pos pengintai, lobang-lobang penembak disekitarnja, tanah gundul berbatu disekelilingnja, dan agak djauh pegunungan-pegunungan jang tegak membisu. Keistimewaannja, beberapa kilometer lagi, terdapat pos depan Israel dipisahkan oleh tanah tak bertuan dengan pos kita.

Tentu para pembatja ingin tahu, bagaimana sikap Tentara Israel terhadap kita. dan sebaliknja bagaimana kita terbadap mereka. Kalau hal ini saja sampaikan kepada para pembatja, saja chawatir akan menimbulkan pro dan kontra. itupun masing-masing mempunjai dasar jang kuat untuk membenarkan pendiriannja. Djuga tergantung dari sudut mana pembatja memandangnja. Dan itu bukan diadi tudjuan dari pada tulisan ini. Djadi tjukuplah saja sampaikan, bahwa antara Israel dan kita belum pernah terdjadi tembak-menembak.

Tetapi jang hendak saja suguhkan kepada para pembatja adalah peristiwa penting jang terdjadi dipos ini pada tanggal 15 Maret 1957. dimana pasukan-pasukan Israel ditarik mundur dari daerah Mesir, dan pos El Tharief diadjukan lebih kurang 25 km. hingga dekat dengan perbatasan. Gaza-strip pada waktu itu telah diduduki oleh pasukan-pasukan UNEF pada tanggal 8 Maret 1957, djadi sepekan lebih dulu.

Pada hari itu pagi-pagi benar, Komandan Kompi El Themed area, mendapat perintah melalui radio. bahwa hari itu pos El Tharief harus telah diadjukan sampai dekat perbatasan. Udara waktu itu dingin, dan angin meng-

147