Halaman:Cerita Rakyat Daerah Irian Jaya.pdf/6

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi

KATA SAMBUTAN

Bagi suatu daerah yang tengah berkecimpung dalam kancah pembangunan nasional, data dan dokumentasi dari segala aspek kebudayaan daerah perlu mendapat perhatian dan diperhitungkan sebagai salah satu unsur yang dapat diikut sertakan dalam menentukan corak pembangunan daerah.

Salah satu aspek kebudayaan yang umumnya banyak mengandung unsur-unsur kehidupan kebudayaan, dan dapat merupakan sebagai pencerminan aspirasi masyarakat, adalah Cerita Rakyat.

Cerita rakyat yang kehidupannya banyak berkembang dari mulut ke mulut secara turun temurun, biasanya banyak mengandung hal-hal yang melatar-belakangi pola kehidupan adat dan peradapan masyarakat, dari mana cerita rakyat timbul.

Dalam buku Cerita Rakyat ini akan diungkapkan berbagai aspek kehidupan adat dan kepercayaan masyarakat di sementara daerah dalam kawasan Irian Jaya, sebagai hasil usaha inventarisasi dan dokumentasi kebudayaan daerah yang telah dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Dep P dan K Prop. Irian Jaya melalui dana Proyek Inventarisasi dan dokumentasi Kebudayaan Daerah Irian Jaya.

Meskipun masih terdapat kekurangan disana-sini, namun apa yang telah diungkapkan dalam buku ini, kiranya cukup dapat memberikan data dan informasi bahwa Irian Jaya juga memiliki potensi budaya sebagaimana halnya daerah lain di Negara kita. Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam isi cerita ini, diharapkan akan dapat dikembangkan dan diambil hikmahnya untuk kepentingan pembinaan dan pengembangan kebudayaan daerah pada umumnya.

Usaha penerbitan buku cerita rakyat ini, disamping untuk mendokumentasikan juga dimaksudkan untuk merangsang kegairahan berkarya atau menggali lebih jauh aspek-aspek kebudayaan yang bernilai luhur untuk diteruskan kepada generasi yang akan datang.