Halaman:Amerta - Berkala Arkeologi 2.pdf/6

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi
AMERTA, 2, 19851

LAPORAN SINGKAT DINAS PURBAKALA
TAHUN 1952



Pekerjaan Dinas Purbakala ialah terutama sekali menyelidiki peninggalan-peninggalan purbakala secara ilmu pengetahuan, yang dilakukan di kantor di mana hasil-hasil penyelidikan diolah lebih lanjut, dan di luar, di mana para ahli dan pegawai-pegawai Seksi Bangunan mengadakan penyelidikan-penyelidikan.

A. KANTOR PUSAT DI JAKARTA

Di kantor pusat telah disiapkan beberapa penerbitan, di antaranya telah dikeluarkan buku "Peninggalan-peninggalan Purbakala di Gunung Penanggungan", dengan pengantar dalam bahasa Indonesia, sebagai hasil penyelidikan yang dilakukan sebelum perang di Gunung Penanggungan dan di Gunung Arjuno.

Bertepatan dengan Pekan P.P.K. di Makasar (sekarang: Ujung Pandang) di mana Dinas Purbakala diwakili dengan sebuah stand, diterbitkan sebuah majalah, yang memuat karangan-karangan kepurbakalaan, dan yang selanjutnya akan terbit pada waktu-waktu yang tak tertentu. Majalah ini diberi nama Amerta, dan isi dari "Sekitar Penyelidikan Purbakala" yang telah dikeluarkan lebih dahulu, dimasukkan pula di dalam no. 1. Nomor yang ke dua sedang dalam persiapan. Beberapa penerbitan yang bersahaja sedang disiapkan, seperti tentang peninggalan-peninggalan purbakala di Bali, dan tentang candi Kalasan dan Sari.

Pekerjaan ahli epigrafi selama tahun 1952 terutama mengenai persiapan-persiapan untuk menerbitkan jilid ke-2 dari rangkaian “Prasasti Indonesia". Dalam jilid ini antara lain diterbitkan sejumlah piagam-piagam kerajaan Çriwijaya dari akhir abad ke VI, sebuah piagam agama Budha yang tertulis di atas kepingan-kepingan emas dan berasal dari waktu yang kira-kira bersamaan, dan selanjutnya pertulisan-pertulisan yang ditemukan di Jawa dari abad ke IX. Di antara golongan yang terakhir ini terdapat piagam-piagam dari dataran tinggi Ratuboko, Dieng, dan C. Polengan, dan di samping itu juga pertulisan-pertulisan pada candi-candi Perwara Plaosan. Prasasti-prasasti itu, yang penyelidikannya erat sekali berhubungan dengan penyelidikan candi-candinya sehingga tak dapat dipisah-pisahkan, sudah selesai pada awal tahun 1952. Kemudian naskah ini atas perintah Kem. P.P.K. diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, untuk mana Tn. L.A. Hill, lektor pada Universitas Indonesia di Jakarta, memberikan bantuannya yang berharga. Buku ini, yang mudah-mudahan dalam tahun 1953 sekarang ini dapat terbit, akan dibubuhi sebuah ringkasan dalam bahasa Indonesia di belakangnya.

Oleh ahli prasejarah, sebagian besar dari tahun pelaporan digunakan untuk penyusunan ikhtisar dari hasil-hasil yang telah dicapai selama penyelidikan dalam lapangannya. Ini pun disusun dalam bahasa Inggris, dengan bantuan dari "Wenner Gren Foundation” di New York. Kemudian ringkasan karangan itu akan terbit pula dalam bahasa Indonesia.

1