Deklarasi Bersama Indonesia, Go Open Source! (IGOS)

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Lompat ke: navigasi, cari
  1. Mengingat pentingya peran teknologi informasi dalam kehidupan masyarakat terkait dengan pertumbuhan perekonomian, maka perlu peningkatan kemandirian, daya saing, kreativitas serta inovasi bangsa sebagai kunci utama keberhasilan pembangunan Bangsa Indonesia
  2. Pemerintah bersama masyarakat bersepakat melakukan upaya yang sungguh-sungguh dalam menguasai, mendayagunakan dan memanfaatkan teknologi informasi
  3. Dalam rangka mendukung keberhasilan upaya tersebut, pengembangan dan pemanfaatan Open Source Software merupakan salah satu langkah strategis dalam mempercepat penguasaan teknologi informasi di Indonesia.
  4. Untuk mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari upaya tersebut, perlu dilakukan langkah-langkah aksi sebagai berikut:
    1. Menggunakan perangkat lunak legal di setiap instansi pemerintah.
    2. Menyebarluaskan pemanfaatan Open Source Software di Indonesia.
    3. Menyiapkan panduan (guideline) dalam pengembangan dan pemanfaatan Open Source Software di Indonesia.
    4. Mendorong terbentuknya pusat-pusat pelatihan, competency center, dan pusat-pusat inkubator bisnis berbasis open source di Indonesia.
    5. Mendorong dan meningkatkan koordinasi, kemampuan, kreativitas, kemauan dan partisipasi di kalangan pemerintah dan masyarakat dalam pemanfaatan Open Source Software secara maksimal.

Jakarta, 30 Juni 2004

Menteri Riset dan Teknologi M. Hatta Rajasa

Menteri Komunikasi dan Informasi H. Syamsul Mu'arif

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara H. M. Feisal Tamin

Menteri Kehakiman dan HAM Yusril Ihza Mahendra

Menteri Pendidikan Nasional Abdul Malik Fadjar