Bantuan:Portal

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Portal

Halaman ini membantu penyunting dengan dasar-dasar dari pembuatan portal.

Panneau travaux.png Halaman ini belum selesai diterjemahkan. Anda dapat melihat terjemahannya dengan menggunakan Google Translate™.
Hanya karya dan terjemahan dalam bahasa Indonesia yang diperbolehkan di Wikisource. Bantulah untuk menerjemahkannya.

Portal hadir sebagai gerbang kepada area subjek di Wikisource. Dalam istilah perpustakaan asli, hal tersebut tersedia sebagai kombinasi katalog, koleksi istimewa, display area dan/atau rak buku.

Cara menautkan ke portal[sunting]

Pekerjaan dalam ruang nama utama bisa dikaitkan kepada portal dengan menggunakan parameter portal pada header halaman:

{{header 
...
|portal=nama portal
...
}}

Jika halaman akan ditautkan dengan parameter header lebih dari satu portal, maka gunakan garis miring ("/") sebagai delimeter seperti berikut:

|portal=nama portal/nama portal/ ... /nama portal

Satu karya bisa terpaut kepada beberapa portal (lihat {{Plain sister}} untuk informasi lebih lanjut). Tautan kepada portal akan muncul pada bagian catatan pada header di atas tautan saudari kepada proyek lain.

Portal akan memiliki beberapa tautan navigasi standar kepada parent portal di header (biasanya berdasarkan class dan subclass portal). Tautan lainnya, menuju portal saudari, portal anak atau sekadar portal sama bisa menjadi bagian dari tubuh utama portal atau bagian khusus (seperti bagian atau "lihat juga").

Halaman lain pada Wikisource bisa dikaitkan kepada portal relevan berdasar penggunaan parameter portal pada header, menggunakan wikilink standar.

Cara menemukan portal[sunting]

Ruang nama portal[1] bisa diakses dalam beberapa cara.

Ada dua portal utama yang dipakai sebagai titik masuk terhadap ruang Portal. Ada yang paling tinggi Portal:Portal dan Portal:Indeks

  1. Ruang nama Portal adalah apapun dengan judul halaman diawali prefiks "Portal:", berisi semua portal dan subhalaman portal di Wikisource.

Lihat juga[sunting]