Antiquitates Iudaicae/Volume XX

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Bab 1 - Bab 2 - Bab 3 - Bab 4 - Bab 5 - Bab 6 - Bab 7 - Bab 8 - Bab 9 - Bab 10 - Bab 11


VOLUME XX[sunting]

Memuat Rentang Waktu Dua Puluh Dua Tahun.

Dari Fadus, Prokurator, sampai Florus.

BAB 1[sunting]

BAB 2[sunting]

BAB 3[sunting]

BAB 4[sunting]

BAB 5[sunting]

Perihal Teudas dan Putra-putra Yudas Orang Galilea; Juga Bencana yang Menimpa Orang-orang Yahudi pada Hari Paskah.

1. Lalu terjadilah, ketika Fadus adalah prokurator Yudea, bahwa seorang tukang sihir tertentu, bernama Teudas, membujuk sejumlah besar orang untuk membawa serta harta mereka, dan mengikutinya ke sungai Yordan; karena ia mengatakan kepada mereka ia adalah seorang nabi, dan dengan perintahnya ia akan membagi sungai itu dan menyediakan jalan mudah untuk menyeberang; dan banyak orang terbius oleh perkataannya. Namun, Fadus tidak mengizinkan mereka untuk mengambil manfaat dari upaya liarnya, melainkan mengirimkan pasukan berkuda melawan mereka; yang tiba-tiba menyerang mereka tanpa diduga, membantai banyak dari mereka, dan menawan banyak dari mereka hidup-hidup. Mereka juga menangkap Teudas hidup-hidup, dan memenggal kepalanya, serta membawanya ke Yerusalem. Inilah yang menimpa orang-orang Yahudipada masa pemerintahan Cuspius Fadus.

...

BAB 6[sunting]

BAB 7[sunting]

Felix Dijadikan Prokurator Yudea; Juga Perihal Agripa, Junior dan Saudara-saudara Perempuannya.

1. Maka Claudius mengutus Felix, saudara laki-laki Pallas, untuk menangani urusan-urusan Yudea; dan ketika ia telah menyelesaikan tahun kedua belas pemerintahnya, ia menghadiahi Agripa wilayah tetrarki Filipus dan Batanea, dan masih menambahkan Trakhonitis, dengan Abila; yang terakhir ini pernah menjadi tetrarkhi Lisanias; tetapi ia mengambil darinya Khalkis, ketika telah menjadi gubernur di sama empat tahun.

BAB 8[sunting]

BAB 9[sunting]

Perihal Albinus yang di masa jabatan prokurator Yakobus dibunuh; juga apa bangunan-bangunan yang dibangun oleh Agripa.

1. Dan sekarang Caesar, setelah mendengar kematian Festus, mengirim Albinus ke Yudea, sebagai prokuratora. Tetapi raja memecat Yosef dari jabatan Imam Besar, dan memberikan penggantian jabatan kepada putra Ananus, yang juga menamakan dirinya Ananus. Maka laporan beredar bahwa Ananus yang paling tua ini adalah orang yang paling beruntung, karena ia mempunyai lima putra yang semua menjabat sebagai Imam Besar bagi Allah, dan ia sendiri menikmati jabatan itu dulu sekali, yang tidak pernah terjadi pada Imam-imam Besar kami yang lain. Tetapi Ananus yang lebih muda ini, yang telah kami beritahukan kepadamu, menjabat Imam Besar, adalah seorang yang bertemperamen berani, dan kurang ajar; ia juga dari sekte Saduki,[23] yang sangat kaku dalam menghakimi para pelanggar hukum, di atas semua orang Yahudi, seperti yang telah kami amati; karenanya, ketika Ananus pada jabatan ini, ia berpikir ia sekarang mempunyai kesempatan baik [untuk menjalankan otoritasnya]. Festus sekarang telah mati, dan Albinus masih di tengah jalan; maka ia mengumpulkan sanhedrim dari para hakim, dan menghadapkan kepada mereka saudara laki-laki Yesus, yang disebut Kristus, yang namanya Yakobus, dan sejumlah orang lain, [atau, sejumlah pengiringnya]; dan ketika ia telah membentuk tuduhan terhadap mereka sebagai pelanggar hukum, ia menyerangkan mereka untuk dirajam: tetapi bagi mereka yang namapaknya paling adil di antara penduduk, dan sedemikian merupakan paling tidak nyaman pada pelanggaran hukum, mereka tidak suka apa yang dilakukan; mereka juga memanggil raja [Agripa], menginginkannya untuk memanggil Ananus agar ia tidak bertindak begitu lagi, karena apa yang telah ia lakukan tidak dapat dipertanggungjawabkan; bahkan, sejumlah dari mereka juga pergi menemui Albinus, ketika ia dalam perjalanan dari Alexandria, dan menginformasikannya bahwa haram bagi Ananus untuk mengumpulkan sanhedrim tanpa seizinnya.[24] Di mana Albinus setuju dengan perkataan mereka, dan menulis dalam kemarahan kepada Ananus, dan mengancam bahwa ia akan menghukumnya untuk apa yang telah dilakukannya, atas dasar itu raja Agripa mencabut jabatan Imam Besar dari padanya, ketika ia telah memerintah hanya tiga bulan saja, dan menjadikan Yesus, putra Damneus, Imam Besar.

BAB 10[sunting]

BAB 11[sunting]

Perihal Florus, Prokurator, Yang Menyebabkan Orang Yahudi Mengangkat Senjata Melawan Romawi. Penutup.

1. MAKA Gessius Florus, yang dikirim sebagai penerus Albinus oleh Nero, mengisi Yudea dengan kesusahan yang berlimpah.

2. Maka, aku sekarang akan mengakhiri Antiquitates ini; setelah akhir peristiwa mana, aku mulai menulis kisah peperangan; dan Antiquitates ini memuat apa yang telah disampaikan kepada kita dari penciptaan asli manusia, sampai tahun ke-12 pemerintahan Nero, mengenai hal yang menimpa orang-orang Yahudi, serta Mesir baik di Siria dan di Palestina, dan apa yang kami alami dari Asyur dan Babel, dan kesusahan yang ditimpakan oleh orang Persia dan Makedonia, dan setelah mereka, orang Romawi; karena aku berpikir aku boleh berkata bahwa aku telah menyusun sejarah ini dengan akurasi yang cukup dalam segala hal.

3. Dan sekarang mungkin bukan hal yang tidak mengenakkan, jika aku membahas singkat keluargakku sendiri, dan tindakan-tindakan dalam hidupku sendiri, sementara masih ada orang hidup yang dapat membuktikan apa yang kukatakan salah, atau bersaksi bahwa itu benar; dengan kisah mana aku akan mengakhiri Antiquitates ini, yang termuat dalam dua puluh buku, dan enam puluh ribu ayat. Dan jika Allah mengizinkanku, aku akan dengan singkat menyampaikan mengenai perang ini, dan untuk menambahkan apa yang menimpa mereka lebih jauh sampai hari itu, tahun ke-13 Domitian, atau A.D. 03, bukannya, aku telah mengamati, mencatat keunikan oleh orang lain; dan kami tidak pernah demikian.

-- TAMAT --