Wikisource:Pedoman gambar

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pedoman gaya (Penduan penggunaan gambar)
Jalan pintas:
WS:IG
Pedoman ini memfokuskan pada penggunaan gambar di Wikisource bahasa Indonesia, mencakup kriteria yang diperbolehkan, pengunggahan ke Wikimedia Commons, dan konvensi penamaan dan pengorganisasian.

Informasi lain mengenai mendapatkan, mengkonversi, dan mengunggah gambar dapat dilihat pada Bantuan:Menambahkan gambar.

Kriteria yang diperbolehkan[sunting]

  • Gambar yang digunakan di Wikisource harus sesuai dengan Kebijakan hak cipta.
  • Gambar desain, foto, dan ilustrasi lain di dalam suatu karya:
    • gambar yang digunakan untuk menampilkan bagian dokumen: diagram, ilustrasi, foto, dan isi lain dari suatu karya asli;
    • pindaian yang digunakan untuk melakukan transkripsi, uji-baca, dan verifikasi karya asli.
  • Gambar lain yang dapat diperbolehkan:
    • Elemen dekorasi yang ada di karya asli, desain di sekitar huruf pertama, dingbat, dan ornamen lain.
    • foto pengarang di halaman pengarang yang relevan;
    • gambar yang terkait secara langsung dengan karya, seperti foto suasana ketika pidato sedang disampaikan.
  • Gambar yang tidak diperbolehkan adalah yang bukan merupakan bagian dari karya asli, yang terkait secara tidak langsung dengan karya, dan yang tidak seharusnya diletakkan di halaman. Gambar yang terkait dengan karya di Wikisource dapat ditemukan di Wikipedia, Commons, dan situs Wikimedia lainnya.

Pengunggahan[sunting]

Tempat mengunggah[sunting]

Gambar harus diunggah ke Wikimedia Commons (lihat halaman pengunggahan Commons), tempat penyimpanan gambar multibahasa yang dapat digunakan oleh seluruh proyek Wikimedia.

Penamaan gambar[sunting]

Gambar harus memiliki nama yang jelas dan informatif. Informasi yang paling spesifik harus diletakkan di awal nama, diikuti dengan informasi pembeda. Misalnya, "Page 002 (Punch, 17 July 1841).png" atau "I'd be a butterfly (Punch, 17 July 1841).png". Meletakkan informasi yang paling spesifik di awal nama membuat kategori menjadi lebih berguna, karena gambar akan dilabeli seperti "Page 002 (Punch, 17 ...".

Gambar yang mungkin memiliki edisi baru di masa yang akan datang (misalnya, gambar yang digunakan dalam karya yang diperbarui secara rutin seperti CIA Factbook) harus memasukkan versi atau tahunnya. Misalnya, "Page 057 (CIA Factbook, 2007).jpg".

Deskripsi[sunting]

Deskripsi gambar harus menggunakan templat {{informasi}} sebagaimana dijelaskan pada halaman pengunggahan Commons. Harap gunakan deskripsi gambar yang deskriptif untuk mencegah kesalahpahaman; gambar yang diunggah ke Wikimedia Commons tunduk kepada kebijakan Commons dan dapat disunting oleh pengguna yang tidak biasa dengan kebutuhan atau penggunaan di Wikisource.

Secara umum, lengkapi informasi berikut apabila diketahui:

  • jenis gambar (pindaian, potret, dll.);
  • pencipta;
  • tanggal;
  • status lisensi;
  • nomor halaman, jika relevan;
  • informasi relevan lainnya.

Sebagai contoh, "Ini adalah pindaian dari The Book of the Damned (halaman 38–39) oleh Daniel Martin, dengan ilustrasi oleh Leonard DesRosiers. Buku ini aslinya dipublikasikan pada 1919, sehingga berada pada domain publik berdasarkan hukum hak cipta Amerika Serikat."

Tambahan, selalu tandai gambar pindaian atau asli dengan {{original}} sehingga pengguna Commons mengetahui bahwa gambar tersebut tidak untuk diubah.

Kategorisasi dan galeri[sunting]

Seluruh gambar harus dikategorikan dan (dalam beberapa kasus) ditempatkan dalam galeri. "Galeri" adalah halaman yang mengkategorikan gambar-gambar terkait, sehingga suatu karya hanya muncul sekali dalam sebuah kategori, tidak sekali untuk setiap gambar.

Apabila terdapat banyak ilustrasi dalam suatu karya, akan lebih nyaman untuk membuat sebuah kategori Commons dengan judul tersebut; sehingga dapat mengkategorikan menurut pencipta, pengarang, dan subjek.

Tabel berikut ini meringkas praktek yang umum berlaku dilengkapi dengan contoh. Ganti kata yang dicetak miring dengan informasi yang sesuai.

Jenis gambar Kategorisasi
Pindaian halaman individual Dikategorikan ke "Judul karya", dikategorikan ke "Nama pengarang texts (English)", yang dikategorikan ke "Scanned English texts" dan "Nama pengarang" (jika ada).
Sampul buku Dikategorikan ke "Book covers" dan "Nama pengarang texts (English)", yang dikategorikan ke "Scanned English texts" dan "Nama pengarang" (jika ada).
Potret pengarang Dikategorikan ke "Nama pengarang", yang dikategorikan ke "Writers" dan "People by alphabet".

Lihat pula[sunting]