Wikisource:Apakah Wikisource itu?

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Apakah Wikisource itu?
Jalan pintas:
WS:WIW
Halaman ini menyediakan garis besar mengenai apakah Wikisource itu, memperkenalkan kebijakannya, dan lain-lain. Halaman ini dapat digunakan sebagai acuan awal, tetapi tidak seharusnya digunakan untuk mendapatkan informasi spesifik; lihatlah Indeks.

WikisourcePerpustakaan Bebas – adalah sebuah proyek Wikimedia Foundation yang bertujuan untuk membangun suatu perpustakaan naskah sumber dengan isi bebas, serta terjemahan naskah sumber dalam berbagai bahasa.

Halaman ini menjelaskan apakah Wikisource itu, apa yang tidak termasuk lingkupnya, dan apa yang membedakannya dengan proyek Wikimedia lainnya. Deskripsi pada halaman ini relatif ringkas, tetapi tersedia pranala ke halaman kebijakan yang lebih rinci. Diskusi mengenai kebijakan harus dilakukan pada halaman pembicaraan kebijakan yang relevan.

Sejarah[sunting]

Wikisource – awalnya disebut Proyek Sourceberg sebagai sebuah pelesetan terhadap Proyek Gutenberg – dimulai pada 24 November 2003 di domain sources.wikipedia.org, sebagai suatu koleksi naskah penunjang untuk artikel di Wikipedia. Namanya berganti menjadi Wikisource pada 6 Desember 2003. Alamatnya resmi dipindahkan ke wikisource.org pada 23 Juli 2004. Wikisource berkembang cepat, mencapai jumlah 20.000 naskah dalam berbagai bahasa pada 18 Mei 2005.

Pada Agustus dan September 2005, Wikisource dipindahkan ke subdomain yang terpisah untuk berbagai bahasa. Wikisource bahasa Indonesia mulai memiliki subdomain sendiri yang diaktifkan pada 6 November 2005.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai sejarah Wikisource, silahkan lihat:

Apa yang termasuk dan tidak termasuk lingkup Wikisource?[sunting]

Beberapa jenis naskah yang termasuk dalam lingkup Wikisource adalah:

  1. Naskah sumber yang telah dipublikasikan oleh pengarangnya
  2. Terjemahan naskah asli
  3. Naskah bersejarah dalam lingkup nasional ataupun internasional
  4. Bibliografi pengarang yang karyanya dimuat di Wikisource

Kontribusi tentu saja tidak dibatasi hanya pada daftar ini.

Beberapa kriteria dasar pengecualian suatu naskah dari Wikisource adalah:

  1. Pelanggaran hak cipta
  2. Tulisan asli atau orisinil dari kontributor proyek
  3. Data, rumus, dan tabel matematika
  4. Kode sumber (untuk komputer)
  5. Data sumber statistik (seperti hasil pemilihan umum)

Ini hanyalah hal-hal yang paling dasar dan jelas yang dikecualikan dari Wikisource. Mungkin terdapat hal-hal lain yang dikecualikan oleh kebijakan atau konvensi.

Bahasa dan terjemahan[sunting]

Wikisource adalah proyek multibahasa. Naskah dan terjemahannya dalam berbagai bahasa dapat dimasukkan pada subdomain yang sesuai.

Wikisource bahasa Indonesia digunakan untuk:

  • Naskah sumber yang berasal dari bahasa Indonesia atau bahasa daerah di Indonesia.
  • Terjemahan bahasa Indonesia dari naskah sumber dari bahasa lain.

Wikisource dan proyek Wikimedia lain[sunting]

Wikisource dan Wikibooks[sunting]

Perbedaan kedua proyek ini relatif mudah dijelaskan. Wikisource mengumpulkan bahan-bahan yang dipublikasikan di tempat lain, sedangkan Wikibooks adalah materi instruksional yang dibuat sendiri oleh para kontributornya. Wikisource dapat dianggap sebagai perpustakaan karya domain umum.

Wikisource dan Wikipedia[sunting]

Jika Wikipedia adalah ensiklopedia, maka Wikisource adalah perpustakaan. Wikipedia mengandung artikel mengenai buku, sedangkan Wikisource memuat isi buku tersebut.