Halaman:PDIKM 692-03 Majalah Aboean Goeroe-Goeroe Maret 1928.pdf/10: Perbedaan antara revisi

Dari Wikisumber bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Fexpr (bicara | kontrib)
 
Status halamanStatus halaman
-
Telah diuji baca
+
Tervalidasi

Revisi per 9 Februari 2020 07.13

Halaman ini tervalidasi

52

A.G.G.


Oedjian masoek oentoek Jongens Normaalschool

di Padang Pandjang jang sekarang bertempat di Fort de Kock.




Waktoe examen masoek oentoek Jongens Normaalschool, kota Fort de Kock dikoendjoengi olèh moerid-moerid dari 99 boeah sekolah klas II di Sumatra's Westkust dan moerid jang datang ± 379 orang.

Moerid jang datang itoe tentoe ada poela pengiringnja, jaitoe familienja akan mendjaga selama dia examen itoe, rata-rata 2 moerid 1 orang pengiringnja, djoemlah ± 600 orang.

Belandja makan tempat tinggal dan ongkos poelang balik dengan pembelian oentoek dibawa poelang, rata2 1 orang moerid f5.—

Djoemlah oeang jang dikeloearkan olèh orang toeanja oentoek examen itoe 600 X f 5= f 3000 (tiga riboe roepiah), banjak benar ini, boekan?

Moerid jang diterima hanja 17 orang, djadi 362 orang; moerid jang akan kembali kenegerinja, bersama-sama dengan pengiringnja. Berapa sedih hati dan keroegian jang ditanggoeng meréka itoe, engkoe-engkoelah jang akan menimbangnja.

Sesoedah dioedji dengan permoelaan berhitoeng kepala, dioesirlah 263 orang, karena jang didapatnja koerang dari 5 boeah dan berpoeloeh-poeloeh poela jang mendapat 0 (artinja tidak tahoe seboeah djoega); roegi benar anak jang seperti ini dikirim oentoek examen sedjaoeh itoe.

Boléh djadi diantara moerid jang 263 orang itoe, ada jang pandai betoel tentang berhitoeng soâlan dan bahasa Melajoe; sehingga kalau dia ditahan dahoeloe, boleh djadi madjoe examen itoe.

Tetapi atoeran jang diatas terpaksa dilakoekan seperti itoe, karena moerid-moerid beratoes-ratoes jang datang:

Akan mengoerangi ongkos jang sebesar itoe dan akan mendjaga soepaja anak jang teroesir moela-moela itoe djangan teraniaja sadja, maka kami telah memadjoekan voorstel soepaja. <nodent|1e. Tiap2 engkoe Schoolopziener akan mengadakan VOOR examen dalam ressortnja masing2 pada soeatoe tempat jang ditentoekan. Jang akan dioedjikan itoe diminta kepada toean Directeur Normaalschool di Padang Pandjang, soepaja sama semoeanja.

Barang siapa jang loeloes dalam oedjian voor examen, itoelah sadja jang akan dikirim nanti ke Padang Pandjang, disitoelah dioedji sekali lagi dengan segala vak pengadjaran, dihindang ditampi tarèh, dipilih atah tjièk-tjièk, diambil beberapa jang perloe sadja. Dengan hal jang demikian tentoelah ongkos tidak berapa lagi, karena jang datang tidak banjak dan segala moerid poen bersenang hati; kalau ia tidak madjoe, dapatlah dia berkata „tidak bahagian", apa boléh boeat.