Halaman:Tenun Tradisional Minangkabau.pdf/4

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


KATA PENGANTAR.


Berdasarkan Surat Keputusan Pemimpin Proyek Pengembangan Permuseuman Sumatera Barat No. XII. P. 020. IV. 81 tanggal 22 April 1981, telah dibentuk suatu Team, yang bertugas untuk menerbitkan suatu penulisan yang berhubungan dengan Koleksi yang ada di Museum Negeri Adhityawarman Sumatera Barat. Kami sebagai salah seorang anggota Team telah memilih suatu topik penulisan tentang “TENUN TRADISIONAL MINANGKABAU”. Dalam penulisan ini selain didasarkan kepada koleksi yang ada, juga kami telah mengadakan serangkaian penelitian ke lokasi tempat terdapatnya pengerjaan tenun tradisional yang masih ada dan berproduksi sampai sekarang ini. Disamping itu, juga kami telah melakukan sistem wawancara dengan orang-orang yang dianggap mengetahui tentang masalah tenun tradisional Minangkabau ini.

Syukur alhamdulillah, tugas yang diberikan kepada kami oleh Pemimpin Proyek Pengembangan Permuseuman Sumatera Barat ini, telah dapat kami selesaikan dengan baik, dan dengan demikian akan bertambah satu lagi buku yang membicarakan tentang masalah tenun tradisional ini.

Akhirnya, kepada pihak-pihak yang telah membantu dan yang telah memberikan sumbangan pikiran kepada kami dalam menyelesaikan tugas ini, terutama kepada bapak BOESTAMI, Kepala Museum Negeri Adhityawarman Sumatera Barat, kami ucapkan banyak terima kasih.

Semoga akan ada manfaatnya.-

Padang, akhir Januari 1982
AN. Team Penulis,



-Drs. ERMAN MAKMUR-

iii