Halaman:Tao Teh King.pdf/275

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi

BANTOEANNJA ROH-ROH.


roh-roh dan tenaga pikiran, jang seringkalih pengaroehin pada manoesia dan doenia poenja penghidoepan lahir. Zonder berdasar atas ini pengartian itoe oedjar-oedjar di atas djadi kaliatan seperti menjasar ka djoeroesan pri moedjidjat jang beräda di loear natuur dan soesah diboektiken kabenerannja.

Itoe andean hal memerentah negri besar haroes dilakoeken sabagi memasak saekor ikan ketjil inilah ada gampang dimengerti. Ikan ketjil tida perloe disertaken banjak boemboe, tida oesah dibersihken terlaloe rapih, dan kapan digoreng atawa dibakar tida boleh terlaloe lama soepaja tida djadi angoes. Pendeknja itoe masakan ada lebih saderhana dari-pada ikan jang besar. Djoestroe itoe kasaderhana'an ada sanget perloe dalem pamerentahan, biar poen jang dioeroes ada satoe negeri jang mempoenjai banjak rahajat. (Ajat 1).

Soeal ganggoengan dari rohnja orang-orang jang soedah mati boekan lantaran samoea orang jang mati ada bersifat djahat, hanja seperti soedah diterangken dalem boekoe Penghidoepan di sabelah sananja Koeboer, jang biasa menganggoe ada Badan Aloes kembaran (Kwie atawa Lingasharira) dan Badan Hawa Nafsoe (Kama-roepa, Phik) jaitoe bagian sabelah bawah jang bersifat rendah dari manoesia poenja badan-badan aloes, jang biasa ditinggalken di Kamaloka (Im Kan) kapan manoesia poenja Sien Hoen soedah bisa landjoetken perdjalanannja ka tingkatan atas aken bersatoe sama Bing. Itoe pamoedja'an pada aboe leloehoer, seperti djoega pada Thian dan machloek-machloek soetji, samoea ada ditoedjoeken pada itoe leloehoer poenja roh sabelah atas, jang lantaran menggenggem

259