Halaman:Sorga Ka Toedjoe novelisation.pdf/10

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah divalidasi


njai saudara perempoean, dan bikin akoe djadi bertambah sengit. Akoe poenja oetjapan-oetjapan roepanja soedah bikin ia djadi goesar dan hilang sabarnja, karena achirnja ia tjoema berkata sadja :

„Kalau kau tidak maoe pertjaja omongankoe, akoe tentoe tidak bisa paksa kau akan pertjaja kebenarannja keterangankoe tadi. Akoe sekarang maoe berlaloe dari tempat ini, karena akoe tahoe kau tentoe tidak akan bisa mentjinta lagi padakoe sebagaimana biasa sehingga kau bisa boektikan kebenarannja perkataankoe. Sebeloemnja akoe berlaloe dari depanmoe, akoe tjoema maoe bilang sadja jang sampai achirnja djaman akoe poenja tjinta boeat kau tidak akan berobah. Meskipoen dimana djoega akoe berada, sebegitoe lama akoe masih bernapas, dalam kesenangan atau kesoesahan, saban hari pada waktoe seperti ini semangatkoe nanti datang mengoendjoengi kau akan menjitjipi lagi itoe sorga keberoentoengan jang selama 5 tahoen ini kita soedah rasakan bersama-sama. Sekarang selamat tinggal!”

Karena berada dalam kegoesaran dan hati terbakar oléh perasaan tjemboeroean, akoe soedah tidak perdoelikan padanja dan biarkan sadja ia berlaloe dari hadapankoe. Berhari-hari ia tidak poelang. Akoepoen bermoela tidak pikirkan, karena masih merasa marah padanja dan kirakan sadja jang ia lagi mengeram sama perempoean itoe. Satoe hari orang ramai tjeritakan jang dipinggir kali Noordwijk telah didapatkan satoe majat, jang karena soedah berada lama dalam air soesah dikenali roepanja, tapi potongannja ada banjak mirip sama Kasimin. Mendengar kabar itoe, kegoesarankoe djadi linjap dan akoe lantas boeroe-boeroe pergi akan melihat majat itoe. Apa maoe, ditengah djalan akoe telah ketoebtoek auto dan ketika kemoedian akoe sedar dari pangsankoe, akoe soedah berada diroemah sakit, sedang kedoea matakoe soedah tidak bisa melihat lagi. Sedari waktoe itoe, Ras, akoe telah

10