Halaman:Seri Pahlawan, Abdul Moeis; 1980.pdf/35

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


kepada Kerajaan Belanda.

Usul Abdul Moeis mendapat sambutan baik. Pemerintah Belanda berjanji akan mendirikan sekolah teknik. Beberapa tahun kemudian berdirilah Technische Hooge School (Sekolah Tinggi Teknik) di Bandung. Sekarang sekolah itu bernama Institut Teknologi Bandung (I T B). Itulah salah satu hasil perjalanan Abdul Moeis ke Negeri Belanda.

Selama berada di Negeri Belanda ia seringkali bertukar pikiran dengan pemimpin-pemimpin Belanda. Ia pernah berpidato dalam salah satu pertemuan. Orang-orang Belanda kagum melibat kemahiran Abdul Moeis berpidato dalam babasa Belanda. Mereka tidak menyangka bahwa pemuda Indonesia itu begitu pandainya. Sebenarnya, tugas Indie Weerbaar tidak berhasil. Kerajaan Belanda tidak mau membuat undang-undang wajib militer di Indonesia. Di bidang itu mereka gagal, tetapi di bidang lain ada juga hasilnya. Abdul Moeis dan kawan-kawannya mendesak agar Pemerintah Belanda membahas soal pembentukan dewan perwakilan rakyat (parlemen). Pemerintah Belanda berjanji akan membahasnya.

Tibalah saatnya Abdul Moeis harus kembali ke tanah air. Perjalanan yang diambilnya tidak seperti biasanya. Ia mengambil jalan ke arah barat. Perjalanan itu ditempuhnya dengan menggunakan kapal. Ia tiba di Amerika Serikat.

Daratan Amerika dijelajahinya dengan menggunakan kereta api. Dalam perjalanan itu ia bertemu

33