Halaman:PDIKM 699-05 Majalah Aboean Goeroe-Goeroe Mei 1931.pdf/7

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi
91

A.G.G.


TAMAN PERSOAL DJAWABAN.

Samboengan A. G. G. No. 4.

MENGOEKOER LÉBAR SOENGAI.

thumb

Oentoek mengoekoer lébar soengai, lebih dahoeloe kita sediakan kertas jang bersoedoet sikoe2, jang lebih baik kertas tebal. Sesampai kita ditepi soengai itoe, kita tentoekan soeatoe tempat diseberang soengai itoe, oempamanja sebatang kajoe (A). Diseberang soengai ditempat kita mengoekoer tadi, kita tentoekan poela soeatoe tempat, jang setentang betoel dengan pohon jang diseberang (B). Dari tempat jang bertentangan dengan pohon tadi, dioekoer kekiri kekanannja sama pandjang, oemp: 4,5 m kekiri-kekanan (C dan D).

Pada tempat jang sama djarak dengan pohon tadi, diletakkan kertas tebal tadi, jaitoe di C dan di D. Dari masing-masing soedoet kertas tebal tadi dipandang kepohon jang diseberang, dan digaris dengan potlod menoeroet pemandangan kita tadi, laloe digoenting menoeroet garis potlod kedoea soedoet jang soedah terdjadi tadi kita bawa poelang.

Diroemah kita ambil sehelai kertas, laloe kita gambarkan seperti diatas ini. Moela-moela kita boeat baris loeroes C D. Dari titik B kita oekoer 1½ cm ke C dan 1½ cm poela ke D. Djadi dari pada oekoeran kita ditepi soengai tadi, kita ketjilkan dengan 4½ m:1½ cm 300 . Ditempat C dan D kita letakkan soedoet jang kita boeat ditepi soengai tadi jaitoe soedoet dan soedoet . Kaki masing-masing soedoet itoe kita perpandjang hingga bertemoe di A. Sekarang A dan B dipertalikan, sesoedah A B kita oekoer, kemoedian dikalikan dengan 300 kali, itoelah lébar soengai itoe. Mengetjilkan oekoeran tadi, soepaja moedah, hendaklah kita ingat angka-angka jang moedah kita perbagikan. Lagi poela ditempat jang bartentangan dengan pohon kajoe itoe, mestilah garis tentangan itoe bersoedoet sikoe-sikoe dengan tepi soengai.

Sebab soedoet kertas sama dengan soedoet kertas , djadi titik pertemoean A betoel-betoel dipertengahan baris C D dan baris A B djadi bersoedoet sikoe-sikoe diatas C D.

Keterangan

soedoet soedoet .